Logo BeritaSatu

Wagub DKI Sebut Hoax Hambat Kebijakan Pemerintah Tangani Covid-19

Sabtu, 31 Juli 2021 | 16:12 WIB
Oleh : Yustinus Paat / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan berita-berita atau informasi hoax menghambat kebijakan pemerintah dan aksi kolaborasi bersama elemen masyarakat dalam menangani dan mengendalikan penyebaran Covid-19. Karena itu, kata Riza, kegiatan edukasi, penyuluhan dan sosialisasi tentang kesehatan dan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi menjadi sangat penting.

Hal ini disampaikan oleh Riza saat menghadiri webinar BKOW Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu (31/07/2021). Dalam webinar tersebut, hadir pula Ketua Umum BKOW DKI Jakarta, Ellisa Sumarlin beserta jajaran, para Pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, SKPD atau Dinas terkait serta para pakar di bidang terkait sebagai narasumber.

"Saya mengapresiasi diadakannya webinar BKOW Peduli Kesehatan dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi kesehatan di era pandemi Covid-19. Tujuannya, selain untuk meningkatkan daya survial dan pengetahuan kita dalam menghadapi pandemi, juga untuk menangkal berita-berita hoax yang sering kali membuat berbagai kebijakan yang sudah ditetapkan berjalan tidak lancar sebagaimana mestinya,” ujar Riza saat memberikan sambutan di acara tersebut.

Saat ini, kata Riza, sebenarnya yang dihadapi bukan hanya pandemi tetapi juga infodemik, yaitu banyaknya informasi bohong atau hoax yang bertebaran di masa pandemi Covid-19. Menurut Riza, infodemik yang dihadapi saat ini adalah terkait informasi yang mengisi ruang publik, namun isinya adalah kebohongan serta tidak mendukung kerja kolaboratif bangsa dalam melawan pandemi, khususnya di Ibu Kota Jakarta.

"Sosialisasi kesehatan mengenai cara pencegahan Covid-19 hingga pengurusan jenazah seperti yang akan diberikan di seminar kali ini, sangatlah penting diberikan kepada masyarakat. Meski dengan keterbatasan, harus tetap dilakukan. Dan salah satu caranya, adalah memanfaatkan kemajuan teknologi, misalnya dengan diskusi online ataupun kreativitas di media sosial," tegas Riza.

Riza menjelaskan, penyuluhan dan sosialisasi kesehatan memegang peran penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Mengingat pandemi adalah kejadian yang belum pernah dialami sebelumnya, setidaknya dalam 100 tahun terakhir. Karena itu, seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Ibu Kota Jakarta, sangat membutuhkan banyak edukasi dari para pakar kesehatan dan epidemologi. Sehingga berbagai dampak buruk dari wabah pandemi ini bisa diminimalisir.

"Selama pandemi ini, secara sadar maupun tidak, sebenarnya telah mendapatkan berbagai penyuluhan kesehatan dari para ahli, antara lain seperti menerapkan 3M, sebagai cara yang ampuh dalam memutus rantai penularan virus Corona di tengah masyarakat, yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sekarang, bahkan berkembang menjadi 5 M dengan menambah seruan untuk menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi," terang Wagub Ariza.

Wagub Riza juga tak lupa kembali mengingatkan mengenai arti penting penerapan protokol kesehatan secara disiplin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Kemudian, dia berharap organisasi-organisasi maupun komunitas-komunitas lain yang ada di Ibu Kota Jakarta dapat melakukan berbagai kegiatan positif, berkolaborasi dalam pengendalian wabah, antara lain dengan turut serta menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan sosialisai kesehatan dan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19.

"Saya berharap organisasi-organisasi, (juga yang berada) di bawah payung BKOW ini terus menggalakkan penyebaran informasi yang valid dan positif terhadap kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Teruslah bergerak dengan semua potensi yang ada. Semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi ujian ini. Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kita bisa beraktivitas seperti sediakala," jelas Riza.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum BKOW Provinsi DKI Jakarta, Ellisa Sumarlin menyampaikan, baik pemerintah maupun masyarakat tentunya tidak boleh hanya diam berpangku tangan di masa pandemi Covid-19. Menurut dia, semua pihak harus melakukan sesuatu sesuai dengan bidang dan kompetensi kita masing-masing, berkolaborasi dengan pemerintah dan elemen masyarakat lainnya. Penanggulangan pandemi Covid-19 menuntut kesadaran, kekompakan dan tanggung jawab semua pihak, baik itu masyarakat maupun pemerintah.

"Covid-19 ini masih berlangsung tanpa kita tahu secara persis kapan pandemi ini selesai. Belum lagi kalau kita bicara perihal dampak pandemi Covid-19 dari sudut pandang sosial, ekonomi dan lingkungan. Maka masih akan banyak lagi PR yang harus dikerjakan. Secanggih apapun aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah, kalau tidak diikuti oleh kesadaran, kekompakan dan disiplin prokes dari masyarakat, maka selesainya pandemi ini akan semakin lama," tutur Ellisa.

Karena itu, kata Ellisa, BKOW DKI Jakarta juga menggelar berbagai kegiatan untuk membantu proses penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kesehatan, serta kegiatan vaksinasi untuk anggota organisasi BKOW dan masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Pencetak Gol Terbanyak Timnas Prancis, Ini Respons Olivier Giroud

Jadi Pencetak Gol Terbanyak Timnas Prancis, Ini Respons Olivier Giroud

SEMESTA BOLA 2022 | 30 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE