Logo BeritaSatu

Berbincang Dengan Jokowi, Megawati Cerita Soal New Normal Kerawanan Bencana Alam

Rabu, 4 Agustus 2021 | 22:31 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan sering bercerita dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan bencana. Bahkan, Megawati pernah meminta Jokowi agar status darurat tak hanya disematkan untuk situasi pandemi Covid-19, tapi juga terkait bencana alam.

Hal itu diungkapkan Megawati saat menyampaikan pidatonya di acara peluncuran Sistem Peringatan Dini Multibahaya Geo-Hidrometeorologi yang digelar DPP PDIP secara daring dari Kantor Pusat PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (4/8/2021).

Megawati mengaku kerap berbincang dan berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo mengenai kerawanan bencana di Indonesia. Dalam salah satu diskusinya, Megawati meminta Jokowi untuk menerapkan kenormalan baru atau new normal menyangkut bencana alam yang rawan terjadi di Indonesia.

"Saya bicara ke Presiden, bapak ngomong new normal akibat pandemi ini. Saya kira kita juga akan masuk ke dalam sebuah tatanan new normal, antara lain bidang apa? Ya mengikuti bencana-bencana ini," kata Megawati.

Megawati merasa harus semakin banyak elite dan pemimpin di Indonesia yang bicara soal pentingnya kesiapan menghadapi bencana di Indonesia. Bahkan karena merasa kerap sendiri, Megawati merasa dirinya sudah seperti konsultan yang selalu diminta menjadi pembicara soal bencana.

"Kayaknya yang mau ngomong bencana kok kayaknya susah banget. Ini pun saya ceritakan ke Pak Jokowi. Jadi beliau kalau sudah begitu, kepingkel-pingkel. 'Ibu ini ada-ada saja'. Lho benar lho Pak," kata Megawati.

Presiden kelima RI ini pun melihat peran semua pihak dalam menangani bencana itu penting. Dengan demikian akan tercipta satu sinergi dan koneksitas antara satu dengan yang lain, terlebih antara jajaran pemerintah dan kementerian.

"Saya sudah minta izin kepada Pak Presiden, ini semua harus bergerak bersama. Kita harus bergotong royong, tidak bisa memilah-milah. Oh ini bukan pekerjaan saya, tidak bisa saya lakukan. Sekali lagi, tidak bisa begitu. Karena yang ditolong jiwa manusia," ungkap Megawati.

Megawati menegaskan, banyak kejadian dalam penanganan bencana dimana para kepala daerah dan kementerian tidak saling terkoneksi. Karena itu, Megawati mengingatkan kepada Presiden Jokowi agar memegang komando kerja penanganan bencana.

"Saya bilang sama Bapak Presiden, Bapaklah yang namanya kepala negara Presiden RI yang harus langsung. Karena ini persoalannya adalah extraordinary (kejadian luar biasa, red)," kata Megawati.

Acara ini dihadiri jajaran DPP PDIP lainnya. Seperti Sekjen Hasto Kristiyanto, Djarot Saiful Hidayat, Komarudin Watubun, Ribka Tjiptaning, Sadarestuwati, dan Sukur Nababan. Secara virtual hadir Eriko Sotarduga, Mindo Sianipar, Sri Rahayu, Utut Adianto, Hamka Haq, Rudianto Tjen, Ahmad Basarah, Yanti Sukamdani, dan Yasonna Laoly. Turut hadir Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan Kepala BNPP Marsekal Madya Henri Alfiandi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Forensik Patahkan Teori Keluarga Tewas di Kalideres Akibat Mogok Makan

Tim forensik mematahkan teori yang menyebut satu keluarga tewas di Kalideres akibat mogok makan.

NEWS | 10 Desember 2022

Soal Hubungan dengan Jokowi, Ini Pengakuan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo mengaku menjalin hubungan baik dengan Presiden Joko Widodo sejak ia masih menjabat sebagai anggota DPR.

NEWS | 9 Desember 2022

Mengenal Taman Pracima yang Jadi Lokasi Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Taman Pracima, Solo, menjadi lokasi resepsi pernikahan Kaesang-Erina pada Minggu 11 Desember 2022.

NEWS | 9 Desember 2022

Panitia Siapkan Layar untuk Saksikan Akad Nikah Kaesang-Erina

Layar itu untuk masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi akad nikah Kaesang-Erina di Mal Plaza Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 9 Desember 2022

BNPT: Masyarakat Harus Cerdas Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus diberikan pemahaman ada oknum yang melakukan tindak kejahatan terorisme tapi dibalut dengan bahasa keagamaan.

NEWS | 9 Desember 2022

Cianjur Revisi Rencana Pembangunan Sesuai Analisis BMKG

Pemkab Cianjurmerevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sesuai hasil analisa BMKG terkait Patahan atau Sesar Cugenang.

NEWS | 10 Desember 2022

Korban Terakhir Ledakan Tambang di Sawahlunto Ditemukan, 10 Tewas

Korban meninggal terakhir ledakan tambang batu bara di Sawahlunto, Sumatera Barat, ditemukan, Jumat (9/12/2022). 10 orang tewas dalam kejadian itu.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, BMKG Dorong Relokasi Sembilan Desa

BMKG mendorong Pemkab Cianjur, Jawa Barat segera merelokasi permukiman warga sembilan desa di sepanjang zona patahan atau Sesar Cugenang.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Ungkap Strategi Megawati Kelola Dinamika PDIP

Ganjar Pranowo mengatakan kesuksesan PDIP tak lepas dari strategi Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum mengelola dinamika partai.

NEWS | 9 Desember 2022

Mangkunegara X: Pernikahan Kaesang Momen Kenalkan Budaya Solo

Momen pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan menggunakan Pura Mangkunegaran Solo media untuk memperkenalkan budaya Solo.

NEWS | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cianjur Revisi Rencana Pembangunan Sesuai Analisis BMKG

Cianjur Revisi Rencana Pembangunan Sesuai Analisis BMKG

NEWS | 13 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE