Logo BeritaSatu

Ayobantu Galang Donasi untuk Pelestarian Hutan Bakau

Jumat, 6 Agustus 2021 | 22:24 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Ayobantu, platform donasi online di Indonesia mengambil bagian dalam sebuah kampanye yang digelar bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bertajuk Misi Lestari. Ayobantu menjadi partner resmi penggalangan donasi untuk pelestarian hutan mangrove atau hutan bakau di Indonesia.

Hingga saat ini diperkirakan 600.000 hektare mangrove Indonesia dalam keadaan rusak atau kritis, sehingga diperlukan rehabilitasi sebagai bentuk usaha pemulihan kembali.

Advertisement

Seperti yang disampaikan oleh CEO Ayobantu, Agnes Yuliavitriani, usaha pelestarian lingkungan tidak selalu melibatkan para pendukung untuk turun ke lapangan. Di tengah situasi yang mengharuskan kita untuk berdiam di rumah, kepedulian dan kontribusi usaha penyelamatan lingkungan tetap bisa dilakukan masyarakat. “Tentu saja dengan cara-cara yang lebih kreatif tanpa harus meninggalkan rumah,” kata Agnes, dalam keterangannya, Jumat (6/8/2021).

Misi Lestari merupakan sebuah aksi kolaboratif dalam usaha pelestarian lingkungan yang baru pertama kali dilakukan pada 2021. Mengusung tema konservasi lahan mangrove, Misi Lestari memungkinkan tiap partisipan turut terlibat dalam empat langkah mudah dan bisa dilakukan dari rumah, yaitu educate menyebarkan informasi edukatif seputar konservasi alam melalui media sosial.

Kemudian entertain, mendekatkan diri ke alam dan melakukan aktivitas yang menghibur sekaligus memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Penghijauan
Selanjutnya, environment, melakukan usaha penghijauan rumah dengan menanam bibit pohon. Peserta menanam bibit pohon di pot atau halaman rumah dan laporkan hasil pertumbuhannya di media sosial.
Terakhir, engage, mendukung upaya konservasi alam melalui penggalangan dana di platform Ayobantu.

Usaha penggalangan dana ini sendiri telah berlangsung sejak 19 Mei dan akan ditunggu hingga 31 Agustus mendatang. Dalam pelaksanaannya, Ayobantu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berpartisipasi, termasuk mendapatkan dukungan dari Fala Adinda (dokter dan tenaga medis di Satgas Nasional Subdit Mitigasi Covid-19), Rama Michael (aktor), Ligwina Hananto (perencana keuangan) dan berbagai komunitas olahraga dari beberapa kota di Indonesia.

Nantinya, hasil penggalangan dana Misi Lestari di Ayobantu akan disalurkan untuk mendukung program-program konservasi alam di beberapa lokasi di Indonesia seperti Suaka Margasatwa Muara Angke di Jakarta, Desa Tampara, Kecamatan Kaledupa Selatan, Kabupaten Wakatobi (Sulsel), Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang (Jateng), Kampung Teluk Semanting, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau (Kaltim).

“Mangrove memiliki peranan penting dalam lingkungan dan mendukung kehidupan makhluk hidup lain, seperti menjadi habitat dan tempat berkembang biak bagi biota laut, membantu untuk mencegah terjadinya abrasi,” katanya.

Mangrove, ujarnya, juga menghambat kekuatan destruktif dan gelombang besar laut, mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan, dan tempat persinggahan dari burung-burung migrasi.

“Sebagai makhluk hidup yang bertanggung jawab, sudah selayaknya manusia merajut tangan kebaikan untuk membantu kehidupan makhluk hidup lain.” tutup Agnes.

Penggalangan dana Misi Lestari dapat diakses langsung melalui official website Ayobantu.com. Sebagai sebuah platform donasi online, Ayobantu menyediakan akses mudah untuk berbagi donasi melalui gawai ataupun website dengan sistem penyaluran dana yang transparan dan aman.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

NEWS | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE