Logo BeritaSatu

Konjen RRT Denpasar Serahkan Beasiswa kepada 196 Siswa dan Guru

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 11:31 WIB
Oleh : EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Denpasar Zhu Xinglong menyerahkan beasiswa ke-4 Konsulat Jenderal RRT (KJRRT) Denpasar kepada 196 guru dan siswa peraih beasiswa KJRRT 2021 dengan nilai Rp 368,5 juta dalam acara penyerahan secara virtual di Denpasar, Jumat (6/8/2021).

Acara penyerahan secara virtual itu dihadiri oleh Wakil Konsul Jenderal Mei Yuncai, Kepala Disdikpora Provinsi Bali yang diwakili Ida Ayu Nyoman Candrawati, Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB yang diwakili Eva, Direktur Tourism Confucius Institute Universitas Udayana (Unud) Made Sendra, Perwakilan guru/siswa di Distrik KJRRT.

Advertisement

Zhu Xinglong menyampaikan selamat kepada 196 guru dan siswa peraih beasiswa Konsul Jenderal 2021. Ia menegaskan sepenuhnya agar siswa terus tekun belajar selama pandemi Covid-19.

"Peraih beasiswa kategori guru teladan diharapkan lebih bersemangat dan mempertahankan pekerjaan sebagai tenaga Pengajar Bahasa Mandarin. Siswa juga diharapkan akan memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran dan beasiswa pemerintah Tiongkok dengan baik sambil terus meningkatkan kemampuan Bahasa Mandarin mereka," katanya.

Selain itu, juga memanfaatkan kesempatan berharga untuk memperdalam pemahaman tentang kondisi, sejarah, dan budaya nasional Tiongkok.

Di bawah kepemimpinan Presiden dari kedua negara, maka hubungan Kemitraan Strategis Komprehensif Tiongkok-Indonesia saat ini berada pada tahap terbaik dalam sejarah.

Apalagi saat ini, juga sedang bersama-sama memerangi pandemi Covid-19 dan yang terpenting adalah perkembangan prospek kerja sama yang lebih luas lagi ke depannya.

"Saya berharap para siswa akan terus bekerja keras untuk belajar bahasa Mandarin, menjadi saksi dan pembangun persahabatan Tiongkok-Indonesia sesegera mungkin, dan menyumbangkan kekuatan mereka untuk mempromosikan pertukaran persahabatan Tiongkok-Indonesia," katanya.

KJRRT Denpasar telah menyelenggarakan empat kegiatan Beasiswa Konsul Jenderal secara berturut-turut sejak tahun 2018.

Kegiatan ini mendapat bantuan dan dukungan yang kuat dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan NTB, dan tentu saja bertujuan untuk memacu semangat siswa untuk belajar bahasa Mandarin dan mencapai hasil yang positif.

Dalam sambutannya, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan NTB menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KJRRT Denpasar yang telah mendukung pengembangan pendidikan di wilayah konsuler, mereka menghargai persahabatan sejak dahulu antara Tiongkok dan Indonesia serta hubungan kerja sama di berbagai bidang.

Mereka menyatakan bersedia untuk terus memperkuat hubungan baik, bersama-sama mempromosikan pengembangan pendidikan Bahasa Mandarin di Bali dan NTB.

Sementara itu, perwakilan peraih beasiswa kategori Guru Teladan, Wu Mingzhu dari Sekolah Jembatan Budaya, saat pidatonya menyampaikan bahwa kehormatan ini tidak hanya merupakan penegasan dari kinerja para guru, tetapi juga memotivasi guru bahasa Mandarin di Sekolah Tiga Bahasa.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada KJRRT atas dukungan yang kuat terhadap Pendidikan Bahasa Tionghoa di bidang konsuler.

Pihaknya akan selalu mengingat prinsip "tidak melupakan niat awal" dengan sungguh-sungguh mengajar dan mendidik anak-anak, serta menumbuhkan bakat untuk warisan hubungan persahabatan Tiongkok-Indonesia.

Pidato selanjutnya dari Perwakilan Kadis Pendidikan Kepemudaan Provinsi Bali, Provinsi NTB, Direktur TCI Universitas Udayana, Sharina Tjual, Tiga siswa peraih beasiswa kategori urutan pertama. Juni Yanti, dari Universitas Udayana mengatakan bahwa selama belajar di Universitas Bahasa dan Beijing Language Culture Universitas, mengalami perkembangan pesan dalam pendalaman terhadap budaya Tiongkok, ilmu pengetahuan, teknologi dan Bahasa.

Sementara itu, Alyna dan Jeksen Zhang dari Sekolah Jembatan Budaya dan Sekolah Budi Luhur Lombok menyampaikan terima kasih kepada KJRRT dan guru mereka di sekolah atas penghargaan ini.

Mereka akan terus meningkatkan kemampuan dalam Bahasa Mandarin, belajar lebih banyak tentang Budaya Tionghoa, dan berusaha untuk mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke Tiongkok.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023

Warga Minta Petugas Keamanan di Skywalk Kebayoran Lama Ditambah

Petugas keamanan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO/Skywalk) Kebayoran Lama, Jakarta Selatan diminta ditambah guna memberikan rasa aman dan nyaman.

NEWS | 27 Januari 2023

Vaksinasi Booster ke-2 Gratis, Epidemiolog: Susun Regulasi Kesehatan

Pemerintah diminta terus memperkuat vaksinasi booster Covid-19 dosis kedua untuk meningkatkan imunitas pada masyarakat.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

NEWS | 52 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE