Logo BeritaSatu

Ganti Penyekatan dengan Ganjil Genap, Polisi: Untuk Efektivitas

Selasa, 10 Agustus 2021 | 23:02 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo mengatakan, salah satu alasan mengganti kegiatan penyekatan menjadi sistem ganjil genap terkait kebijakan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) adalah untuk efektivitas.

"Salah satu alasan kenapa kami melakukan ini adalah untuk efektivitas. Dengan menggunakan sistem ganjil genap ini, maka anggota dengan mudah untuk mengawasi bahwa yang lewat hanyalah yang sesuai dengan tanggal di mana dia melaksanakan mobilitas. Kalau tanggal ganjil ya, berarti pelat nomornya harus ganjil. Tanggal genap berarti pelat nomornya harus genap," ujar Sambodo, Selasa (10/8/2021).

Dikatakan Sambodo, sistem pembatasan kendaraan ganjil genap berlaku bagi kendaraan roda empat ke atas. Sementara, tidak berlaku bagi sepeda motor. "Ini berlaku untuk roda emoat ke atas, jadi untuk roda dua tidak berlaku," ungkapnya.

Menyoal apakah masih ada pengecekan surat tanda registrasi pekerja (STRP) bagi pengendara roda dua, Sambodo menyampaikan, STRP tetap menjadi persyaratan.

"STRP tetap jadi persyaratan, tapi kita tidak lagi melaksanakan penyekatan di 100 titik dan hanya di delapan titik (ganjil genap) ini kita melaksanakan pengendalian mobilitas. Dan tidak menutup kemungkinan kalau delapan titik ini kita anggap berhasil dan efektif, maka bisa saja selama PPKM level 4, kami akan menambah kawasan-kawasan lain untuk pengendalian mobilitas dengan sistem ganjil genap," katanya.

Diketahui, Polda Metro Jaya, memutuskan untuk menghentikan kegiatan penyekatan terkait kebijakan perpanjangan PPKM. Sebagai gantinya, polisi kembali memberlakukan kegiatan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap, pengendalian mobilitas kawasan dengan menggunakan sistem patroli dan rekayasa arus lalu lintas.

Pengendalian mobilitas dengan sistem ganjil genap akan dilaksanakan di delapan ruas jalan yaitu, di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Pintu Besar Selatan, dan Jalan Gatot Subroto, mulai Kamis (12/8/2021).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022

Sufmi Dasco Jadi Profesor, Prabowo: Guru Besar Penentu Peradaban Bangsa

Terkait pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai profesor, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan guru besar merupakan penentu peradaban bangsa.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE