Logo BeritaSatu

Sektor Kesehatan, Manufaktur, dan Keuangan Rawan Serangan Siber

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 10:37 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Industri kesehatan, manufaktur, dan keuangan diprediksi akan menjadi tiga sektor industri yang berpotensi mengalami peningkatan serangan siber di era pandemi Covid-19. Seperti diketahui, ketika organisasi-organisasi berlomba untuk menawarkan lebih virtual, akses jarak jauh melalui penggunaan portal client, serangan terhadap aplikasi khusus dan aplikasi berbasis web melonjak. Terhitung 67% dari semua serangan, dan meningkat melebihi dua kali lipat dalam dua tahun terakhir ini. Layanan kesehatan menanggung 97% serangan jenis ini yang diakibatkan dari peralihan ke telehealth dan perawatan jarak jauh.

“Ke depan masih sama ketiga sektor tersebut masih rawan terkena serangan siber. Dalam masa pandemi, kesehatan hampir pasti masih jadi target. Selain itu yang terkait dengan ekosistem dalam penanganan Covid juga berisiko. Seperti manufaktur terutama yang berhubungan dengan produksi vaksin. Kalau finansial, dengan semakin banyak transaksi virtual juga semakin berpotensi meski pandemi sudah reda,” kata Chief Executive Officer NTT Ltd Indonesia Hendra Lesmana, Sabtu (21/8/2021).

Menurutnya, di satu sisi pelaku kejahatan mengambil keuntungan dari bencana global, dan di sisi lain penjahat dunia maya memanfaatkan ledakan pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kedua situasi ini memberi ketidakpastian dan risiko. Saat ini di kala kita memasuki fase pandemi yang lebih stabil, organisasi dan individu harus dapat memprioritaskan keamanan siber di semua industri, termasuk juga pada rantai pasokan.

Berdasarkan 2021 Global Threat Intelligence Report (GTIR) industri kesehatan, manufaktur, dan keuangan mengalami peningkatan serangan tertinggi (masing-masing 200%, 300%, dan 53%), dengan tiga sektor teratas ini menambahkan total gabungan 62% dari semua serangan pada tahun 2020, yang meningkat 11% dari 2019.

Disebutkan juga bahwa industri perawatan kesehatan dan manufaktur memiliki nilai kematangan yang relatif rendah, yakni masing-masing hanya berada di 1,02 dan 1,21. Nilai ini telah mengalami penurunan dari tahun 2019 dengan masing-masing sebesar 1,12 dan 1,32, sementara di sisi lain tingkat serangan telah meningkat secara signifikan. Industri manufaktur telah mengalami penurunan nilai selama tiga tahun, hal ini besar kemungkinan dikarenakan terjadinya perubahan dalam lingkungan operasional dan evolusi serangan. Selain itu, industri keuangan terus menunjukkan patokan nilai yang tertinggi untuk tahun ketiga berturut-turut, yakni berada di 1,84, turun 0,02 dari tahun lalu.

Secara garis besar dalam laporan GTIR 2021 disebutkan bahwa serangan terhadap manufaktur meningkat dari 7% menjadi 22% dari tahun lalu, serangan yang terjadi di sektor perawatan kesehatan meningkat dari 7% menjadi 17%, dan di sektor keuangan serangan naik dari 15% menjadi 23%. Bahkan, organisasi yang bergerak di berbagai sektor industri telah melihat adanya serangan yang terjadi terkait dengan vaksin Covid-19 dan rantai pasokannya.

Selain itu, peluang kejahatan yang terjadi di dunia maya selama Covid-19 semakin intensif, dengan adanya kelompok-kelompok seperti Tim Ozie, Agen Tesla dan TA505, terdapat juga aktor-aktor negara-bangsa seperti Vicious Panda, Mustang Panda dan Cozy Bear yang sangat aktif pada tahun 2020.

Bentuk malware yang paling sering muncul pada tahun 2020 adalah miners: 41%; trojan: 26%; worm: 10%, ransomware 6%. Penelitian NTT pun menunjukkan bahwa 50% organisasi di seluruh dunia memprioritaskan pengamanan layanan cloud mereka, serta menjadikannya fokus utama keamanan siber selama 18 bulan ke depan.

NTT Ltd adalah perusahaan layanan teknologi global yang terintegrasi memberikan penawaran unik untuk jaringan yang mendukung cloud, cloud hybrid, pusat data, transformasi digital, pengalaman pelanggan, tempat kerja, dan keamanan sib



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ajukan JR Aturan Upah, Apindo: PP Lebih Tinggi dari Permen

Ajukan JR Aturan Upah, Apindo: PP Lebih Tinggi dari Permen

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE