Logo BeritaSatu

Revitalisasi TIM Hampir Rampung

Rabu, 25 Agustus 2021 | 10:51 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Progres proyek revitalisasi pusat kesenian, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat hingga saat ini mencapai 96,25% pada tahap satu atau penyelesaian bangunan (finishing).

Informasi yang dihimpun, Rabu (25/8/2021), menyebutkan, hal itu terungkap saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah video kemajuan proyek itu pada akun pribadinya di Instagram @aniesbaswedan, Selasa (24/8/2021).

Manajer Komunikasi Proyek Revitalisasi TIM Yeni Kurnaen menjelaskan gedung tersebut hingga kini memang belum diberi nama resmi dan hanya disebut sebagai Gedung Panjang karena bentuk bangunan tersebut yang memanjang hingga ke bagian belakang kawasan TIM.

"Gedung Panjang memang kita belum menamakannya gedung apa, masih akan dicari karena saat ini kita masih fokus di pembangunannya," kata Yeni.

Dilihat dari bentuk bangunannya yang berundak-undak, Yeni menjelaskan, desain bangunan gedung panjang pada bagian atap menyerupai sawah bertingkat atau terasering.

Pengerjaan proyek yang dikelola oleh BUMD DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu mengusung desain konsep sawah bertingkat pada bagian atap.

Bentuknya yang seperti sawah seakan mengingatkan pada kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sebagai negara agraris dengan sawah dan ladang sebagai penghasil pangan.

"Salah satu bagian yang menarik adalah pada atap gedung panjang, desainnya seperti sawah bertingkat atau terasering, yang memang ada di Nusantara," kata Yeni.

Ruang Terbuka Hijau
Selain itu, gedung panjang juga akan memiliki ruang terbuka hijau. Luasan ruang terbuka hijau pada revitalisasi TIM ini juga akan meningkat menjadi 27 persen, dari sebelumnya hanya 11 persen.

Gedung Panjang akan memiliki fasilitas yang dapat diakses oleh masyarakat umum, seperti perpustakaan, pusat dokumentasi sastra HB Jassin, galeri seni, wisma seni dan perkantoran.

Selain itu, pengelola TIM, unit pelaksana kesenian Jakarta, serta Dewan Kesenian Jakarta juga akan menempati lantai perkantoran di Gedung Panjang.

Di bagian selasar Gedung Panjang, kafetaria akan disiapkan yang nantinya diisi oleh sejumlah gerai ritel dari UMKM maupun perusahaan rintisan (start up company).

"Melihat dari sisi gedung panjang dan area lanskap sekelilingnya memang sudah mayoritas banyak taman juga. Kita akan mengembalikan fungsi TIM selain sebagai pusat kesenian, etalase, dan laboratorium seni, juga sebagai taman dan ruang terbuka hijau," kata Yeni.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemetaan demi Pembenahan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Guru SDN 1 Kuta Febri Nirmala menjadikan ruang kelas sebagai rumah kedua demi mendorong kemampuan belajar para siswanya.

NEWS | 29 November 2022

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

Gunung berapi aktif terbesar di dunia Mauna Loa, meletus untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, memuntahkan lahar dan abu panas pada Senin di Hawaii.

NEWS | 29 November 2022

Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

Winarsih ditetapkan sebagai tersangka karena menghina dan mencemarkan nama baik pedangdut Dewi Perssik.

NEWS | 29 November 2022

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

NEWS | 35 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE