Logo BeritaSatu

Ini Aneka Fitur WhatsApp Web yang Memudahkan Penggunanya

Jumat, 27 Agustus 2021 | 09:13 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Hampir semua pengguna smartphone telah menggunakan aplikasi Whatsapp (WA). Kini, akun Whatsapp Anda masih bisa diakses melalui platform lainnya yaitu web, yang bisa dibuka di komputer atau laptop. Aplikasi WA web ini melengkapi pemakaian WA mobile di smartphone.

Anda bisa melakukan chatting di aplikasi Whatsapp melalui web dengan tampilan yang lebih lebar, karena ukuran layarnya lebih besar. Fungsinya kurang lebih sama dengan WA mobile, walaupun terdapat beberapa hal yang berbeda di antara keduanya.

Fitur yang terdapat pada WA web
Seperti dikutip dari suratkabar.id sama halnya dengan WA mobile, Anda juga bisa mengirim pesan atau chat di Whatsapp web. Selain itu hampir semua fitur di WA mobile juga sama dengan fitur yang terdapat pada Whatsapp web. Namun pada Whatsapp web ini tidak ada fitur suara/video.

Fitur yang terdapat pada Whatsapp web yaitu sebagai berikut:
1. Pintasan emoji
Ikon emoji berada tepat di sebelah kolom teks untuk chatting di Whatsapp web. Namun ada pintasan atau shortcut yang memudahkan Anda, sehingga Anda tidak perlu membuka emoji melalui tabnya.

Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengetikkan 2 huruf pertama dari jenis emoji yang Anda ingin gunakan pada kolom pencarian. Kemudian teksnya akan diganti oleh emoji yang Anda maksud. Baki dari emoji itu sendiri juga akan muncul di bagian atas untuk kemudian Anda pilih.

2. Emoticon ke emoji
Shortcut lainnya yang bisa Anda gunakan di Whatsapp web adalah dengan mengetikkan emoticon-nya. Pengguna Whatsapp yang sudah menjadi pengguna setia sejak dahulu tentu sudah tidak asing dengan jenis emoticon yang ada dan representasinya.
Emoticon pilihan ini apabila diketikkan maka akan berubah dengan otomatis menjadi emoji yang dimaksud. Contohnya ketik (y) maka akan berubah menjadi emoji jempol ke atas, ikon (n) untuk emoji jempol ke bawah, :* untuk emoji cium, dan sebagainya.

3. Menggunakan 2 Akun Web Whatsapp
Apabila Anda memiliki dua akun Whatsapp maka Anda juga bisa membuka keduanya di WA web. Anda bisa menggunakan beberapa jenis browser atau peramban untuk membuka akun Whatsapp tersebut. Misalnya gunakan Chrome untuk akun Whatsapp yang satu dan gunakan Mozilla untuk akun Whatsapp lainnya.

4. Adanya mode gambar di dalam gambar atau PiP
Whatsapp web juga telah didukung oleh mode Picture-in-Picture untuk video di platform lainnya seperti di YouTube, Facebook, dan juga Instagram.

Fitur yang satu ini akan memungkinkan Anda untuk menonton video secara langsung, tanpa harus keluar dari aplikasi. Namun jika fitur ini dipakai di Whatsapp web memang agak rumit, karena diperlukan waktu untuk membuka tautan tersebut.
Apabila kotak videonya tidak muncul di sana maka tunggu saja dalam waktu beberapa detik, nanti akan muncul video yang dimaksud.

Tips aman menggunakan Whatsapp web
Pada saat Anda menginstall aplikasi Whatsapp web di komputer dekstop atau laptop maka siapapun yang membuka PC/laptop Anda akan bisa mengakses akun Whatsapp di sana. Kecuali jika Anda menerapkan password atau kata sandi di komputer Anda.

Namun jangan sampai Whatsapp web yang Anda gunakan menjadi konsumsi publik. Disarankan setelah selesai menggunakan aplikasi Whatsapp web sebaiknya langsung log out akun Anda. Caranya yaitu dengan mengklik menu yang bentuknya titik tiga pada bagian kanan atas kemudian pilih menu log outdi sana.

Hal ini akan meminimalisir penggunaan Whatsapp web di PC/laptop Anda, yang bisa saja disalahgunakan oleh orang lain.
Untuk itu, pemakaian WA web di komputer atau laptop tetap aman dan Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun secara keseluruhan, Whatsapp web ini memberi banyak manfaat untuk para pengguna Whatsapp.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

EKONOMI | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE