Logo BeritaSatu

Soal Daerah Enggan Gelar PTM Terbatas, Kemdikbudristek: Masih Perlu Persiapan

Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:59 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah mengizinkan sekolah yang berada di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1- 3 untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Namun, tidak semua daerah sudah berada di level tersebut bersedia menjalankan PTM terbatas.

Merespons hal tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Jumeri mengatakan, dalam pelaksanaan PTM terbatas, maka pemerintah daerah (pemda), orang tua, guru dan siswa harus satu frekuensi.

Jumeri menegaskan, sejauh ini daerah tidak menolak menggelar PTM terbatas, tetapi ada beberapa dengan kondisi berbeda sehingga meski berada di level 1 dan 2 masih memerlukan waktu untuk menerapkan PTM terbatas.

“PTM terbatas harus dilaksanakan segera dilaksanakan. Daerah tidak menolak tetapi memang kondisi tiap daerah berbeda. Beberapa daerah yang tidak langsung buka PTM terbatas setelah masuk level 1-2 mungkin masih memerlukan waktu untuk menyiapkan PTM dengan aman dan baik,” kata Jumeri saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (27/8/2021).

Jumeri menuturkan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) tidak mengharuskan pemda membuka PTM serentak, namun bagi yang sudah siap untuk segera melaksanakan PTM.

Selanjutnya, terkait dengan aturan untuk menjaga keamanan dan keselamatan siswa dan guru, Jumeri mengatakan, PTM terbatas dapat digelar sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Dikatakan dia, SKB 4 Menteri tersebut mengatur secara rinci terkait pelaksanaan PTM terbatas untuk mencegah sekolah menjadi klaster penyebaran Covid-19. Mulai dari siswa berangkat ke sekolah, berada di sekolah dan kembali ke rumah masing-masing.

“Semua sudah diatur pada Lampiran SKB 4 Menteri yang 30 April 2021 dan juga ada buku Panduan PTM jenjang PAUD Dikdasmen yang diterbitkan oleh Kemdikbudristek,” ucapnya.

Sebelumnya, kepada Beritasatu.com, Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim mengatakan, aturan terperinci terkait pelaksanaan PTM terbatas ini telah diatur secara detail pada SKB 4 Menteri dan buku panduan penyelenggaraan pembelajaran PAUD Dikdasmen di masa pandemi Covid-19.

Dikatakan Satriwan, dalam buku panduan yang dibuat Kemdikbudristek dijelaskan secara rinci syarat-syarat, simulasi PTM terbatas. Bahkan, mencantumkan praktik baik dari sekolah tertentu.

“Sebenarnya dalam Buku Panduan Kemdikbudristek semua sudah diuraikan secara detail bahkan sangat detail, ditambah simulasi best practice dari sekolah-sekolah selama ini yang sukses PTM terbatas. Tapi saya masih ragu apakah buku panduan Kemdikbudristek ini sudah diperoleh dan dipahami dengan saksama oleh sekolah, guru, orang tua, siswa termasuk pemda di Indonesia. Saya masih meragukannya,” terangnya



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemetaan demi Pembenahan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Guru SDN 1 Kuta Febri Nirmala menjadikan ruang kelas sebagai rumah kedua demi mendorong kemampuan belajar para siswanya.

NEWS | 29 November 2022

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

Gunung berapi aktif terbesar di dunia Mauna Loa, meletus untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, memuntahkan lahar dan abu panas pada Senin di Hawaii.

NEWS | 29 November 2022

Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

Winarsih ditetapkan sebagai tersangka karena menghina dan mencemarkan nama baik pedangdut Dewi Perssik.

NEWS | 29 November 2022

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

NEWS | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE