Logo BeritaSatu

Sandiaga Ajak Mahasiswa UPH Putuskan Pilihan Terbaik untuk Hidup

Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:31 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH) memutuskan pilihan yang terbaik untuk hidup seusai menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah. Di kehidupan nyata harus bisa menampilkan diri menunjukkan semua kemampuan dan pengalaman.

Advertisement

"Sebagai alumni UPH, sungguh kehormatan bagi saya kembali ke almamater ini yang menjadi sensasi dan flashback akan memori yang indah selama di UPH," katanya dalam webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) yang diselenggarakan oleh UPH dalam menyambut para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Jumat (27/8/2021).

Sandiaga sendiri dapat membuktikan bahwa ketika melangkah dan memasuki universitas kelas dunia, mahasiswa akan disuguhkan dengan berbagai kesempatan. Sebuah wadah yang akan membantu untuk memahami dunia, menambah keyakinan dan yang terpenting memahami diri sendiri. Ini menjadi kesempatan bagi untuk selalu mencoba proses trial and error.

Pada akhirnya di dunia yang serba tidak pasti ini, lanjut Sandi, menjadi benar dan sukses tidak selalu menjadi tujuan akhir, melainkan sebagai hasil dari proses mencoba gagal, bangkit dan istiqomah.

Dan setelah nantinya rekan-rekan UPH menyelesaikan pendidikan, inilah saatnya untuk menampilkan diri bagi semua kemampuan dan pengalaman dan memutuskan pilihan mana yang terbaik untuk hidup.

Banyak mahasiswa baru di sini yang galau dan menilai keadaan dunia kacau. Tetapi bagaimana pun hidup ini adalah mengambil sikap dan keputusan.

"Pekerjaan saya sebagai menteri (Menparekraf) memiliki tanggung jawab etika moral yang besar untuk pastikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita dapat dikembangkan dan dapat kontribusi pada perekonomian nasional," jelas alumni mahasiswa S3 angkatan 2016 yang menempuh pendidikan ilmu manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPH.

Oleh karena itu, ia sangat menganjurkan kepada mahasiswa untuk berani ambil keputusan. Tentunya yang berisiko itu dikalkulasi karena tanggung jawab semua bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar.

"Bagi saya sendiri sebagai menteri tanggung jawab saya adalah 34 juta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya melihat dengan pandemi Covid-19 ini kita dipaksa untuk meningkatkan keterampilan kita," jelasnya.

"Kita dipaksa untuk lebih berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Konten digital adalah superstar dalam pandemi ini. Saya ingin garisbawahi sprint time naik, hampir 200% mulai dari big screen hingga small screen," tambah Sandi.

Ia memberikan contoh seperti melihat atau mendengarkan dari serial lagu-lagu Rich Brian, drama Spanyol atau bermain games Mobile Legend dan lainnya. Dalam data terbaru subsektor seperti tv radio dan pengembangan aplikasi dan games telah menggeliat di tahun 2020.

"Nah gaes jadikan peluang ini sebagai periode kita untuk menjadi kemenangan. Porsi kalian selain mengonsumsi digital, kita juga harus produksi. Jangan salah paham dulu. Kalian adalah generasi yang selalu terkoneksi," bujuk Sandi.

Namun hal itu tidak akan bermanfaat kalau tidak memikirkan bagaimana bisa menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Generasi Z dan generasi milenial tidak terlepas dari dunia digital.

"Kalian sudah mengambil suatu peran dan kalian bukanlah generasi rebahan, tetapi agen perubahan. Terakhir adalah masa depan bangsa ini. Coba pahami dengan kreativitas, rasa hormat, respek kemampuan untuk mencoba. Gagal berkali-kali tidak masalah karena itu adalah proses," saran Menparekraf.

"Kalian akan bangkit sebagai generasi paling berwawasan, terkoneksi, dan generasi yang tangguh yang pernah ada. Dan ketahanan ini yang dibutuhkan oleh Indonesia tangguh dan tumbuh. Saya tunggu kalian di puncak kesuksesan," tutup Sandi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Praxion Sempat Dinyatakan Aman, Pengawasan BPOM Dipertanyakan

Ditemukan kembali dua korban gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) setelah mengonsumsi obat Praxion.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Ratusan Warga Bersenjata Tajam Menyerang Polres Malinau

Ratusan warga bersenjata tajam menyerang Polres Malinau, Kalimantan Utara lantaran tidak terima setelah ada warga yang tewas akibat tertembak peluru polisi.

NASIONAL | 6 Februari 2023

PPA Lakukan Pendampingan Psikologis terhadap Korban Pedofilia Ibu Muda

Pendampingan psikologis dan sosial terhadap anak-anak korban seks menyimpang (pedofilia) segera diberikan oleh PPA Provinsi Jambi.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Angin Kencang Sebabkan Atap Pusat Belanja di Serang Roboh, 2 Luka

Sebuah atap salah satu pusat perbelanjaan di Kota Serang, Minggu (5/2/2023) sore roboh lantaran angin kencang.

NASIONAL | 5 Februari 2023

PGIW Apresiasi Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Islam Toleran

Ketekunan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga dan merawat toleransi antar kerukunan umat beragama telah dirasakan oleh seluruh umat agama lai.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Polda Metro: Bripka Madih Tak Konsisten soal Laporan Sengketa Tanah

Polda Metro nilai Bripka Madih tak konsisten soal laporan sengketa tanah milik orang tuanya yang sempat dilaporkannya pada 2011 silam.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pakai AI, Google Ciptakan Musik dari Rangkaian Teks

Pakai AI, Google Ciptakan Musik dari Rangkaian Teks

OTOTEKNO | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE