Logo BeritaSatu

Apa yang Terjadi Pada 11 September 2001?

Senin, 6 September 2021 | 13:44 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – Pada hari Selasa, 11 September 2001, para pelaku serangan bunuh diri membajak sejumlah pesawat penumpang Amerika Serikat yang kemudian ditabrakkan ke dua gedung pencakar langit di New York, menewaskan ribuan orang.

Serangan itu merupakan peristiwa paling traumatik abad ini, bukan hanya bagi warga Amerika tetapi juga bagi warga dunia.

Advertisement

Apa saja targetnya?
Empat pesawat yang terbang di wilayah timur Amerika dibajak secara simultan oleh beberapa tim kecil yang menjadi penumpang.

Pesawat-pesawat itu kemudian dipakai sebagai rudal raksasa yang diarahkan ke gedung-gedung penting di New York dan Washington.

Dua pesawat menghantam Menara Kembar gedung World Trade Center di New York.

Menara utara yang pertama diserang, pada pukul 08:46 waktu setempat atau pukul 20:46 WIB. Pesawat kedua menabrak menara selatan pukul 09:03.

Apa yang Terjadi Pada 11 September 2001?

Warga New York lari menyelamatkan diri setelah menara World Trade Center runtuh akibat ditabrak pesawat yang dibajak pada 11 Sept. 2001. (AFP)

Dua gedung itu terbakar, menjebak orang-orang di lantai lebih atas, dan memenuhi kota dengan asap tebal. Kurang dari dua jam kemudian, dua gedung yang masing-masing setinggi 110 lantai ambruk dan mengakibatkan awan debu yang sangat tebal dan masif.

Pukul 09:37, pesawat ketiga merusak sayap barat gedung Pentagon – markas besar militer Amerika Serikat yang berdekatan dengan ibu kota negara, Washington DC.

Pesawat keempat jatuh di sebuah ladang di Pennsylvania pukul 10:03 setelah para penumpang yang lain melakukan perlawanan. Diduga para pembajak bermaksud menyerang Gedung Capitol di Washington DC.

Berapa korbannya?
Secara keseluruhan, 2.977 orang terbunuh (tidak termasuk 19 pembajak pesawat), sebagian besar di New York.

Empat pesawat itu mengangkut total 246 penumpang dan awak pesawat, semuanya tewas.

Di Menara Kembar, korban jiwa mencapai 2.606 orang -- meninggal seketika atau kemudian akibat luka yang diderita.

Apa yang Terjadi Pada 11 September 2001?

Menara selatan Gedung World Trade Center ditabrak pesawat penumpang yang dibajak teroris menyusul serangan serupa di menara utara beberapa menit sebelumnya pada 11 September 2001. (AFP)

Di Pentagon, 125 orang tewas.

Korban paling muda bernama Christine Lee Hanson, 2, yang meninggal di salah satu pesawat bersama orang tuanya, Peter dan Sue.

Korban paling tua adalah Robert Norton, 82, yang tewas di pesawat lainnya bersama pasangannya Jacqueline. Mereka dalam perjalanan untuk menikah.

Ketika pesawat pertama menghantam gedung, diperkirakan ada 17.400 orang di Menara Kembar. Tidak ada orang selamat di semua lantai di atas lokasi hantaman pesawat di menara utara, tetapi 18 orang bisa menyelamatkan diri dari atas lokasi hantaman di menara selatan.

Korban jiwa berasal dari 77 negara berbeda. New York City kehilangan 441 petugas penyelamat yang datang pertama kali.

Ribuan orang lagi cedera atau kemudian menjadi sakit akibat serangan itu, termasuk para petugas pemadam kebakaran yang bekerja di reruntuhan penuh debu dan asap beracun.

Apa yang Terjadi Pada 11 September 2001?

Foto tertanggal 18 September 2001 menunjukkan para petugas pemadam kebakaran dan tim SAR masih berusaha mencari korban selamat satu pekan setelah serangan yang meruntuhkan gedung World Trade Center di New York. (AFP)

Siapa para pelaku serangan?
Jaringan ekstremis yang disebut al Qaeda merencanakan serangan tersebut dari Afghanistan.

Dipimpin oleh Osama Bin Laden, al Qaeda menyalahkan Amerika Serikat dan para sekutunya sebagai penyebab berbagai konflik di dunia Muslim.

Pelaku serangan sebanyak 19 orang, terdiri dari tiga tim beranggotakan lima orang dan satu tim dengan empat anggota -- yang beroperasi di pesawat yang jatuh di Pennsylvania.

Masing-masing kelompok memiliki anggota yang sudah dilatih sebagai pilot. Ironisnya, mereka dilatih di sekolah penerbangan di Amerika sendiri.

Seperti Bin Laden, 15 pembajak adalah warga negara Arab Saudi. Dua berasal dari Uni Emirat Arab, satu dari Mesir, dan satu lagi dari Lebanon.

Bagaimana respon Amerika?
Kurang dari sebulan setelah serangan itu, Presiden George W Bush memerintahkan invasi di Afghanistan dengan dukungan koalisi internasional untuk membasmi al Qaeda dan memburu Bin Laden.

Namun, baru pada 2011 pasukan AS akhirnya menemukan dan membunuh Bin Laden di Pakistan.

Terduga perencana serangan, Khalid Sheikh Mohammad, ditangkap di Pakistan pada 2003. Sejak itu dia diambil oleh AS dan ditahan di Guantanamo Bay, masih menunggu persidangan hingga sekarang.

Al Qaeda juga masih eksis. Kekuatan utamanya berada di wilayah sub-Sahara Afrika, tetapi sampai sekarang juga masih punya anggota di wilayah Afghanistan.

Pasukan AS meninggalkan Afghanistan tahun ini setelah bercokol di sana selama hampir 20 tahun, sehingga muncul kekhawatiran jaringan ekstremis akan kembali terbentuk.

Dampak 11 September
Keselamatan penerbangan diperketat di seluruh dunia sejak peristiwa 11 September.

Di AS didirikan Badan Keamanan Transportasi untuk meningkatkan keamanan di bandara dan di dalam pesawat.

Butuh waktu lebih dari delapan bulan untuk membersihkan "Ground Zero" - lokasi runtuhnya Menara Kembar.

Apa yang Terjadi Pada 11 September 2001?

Lokasi runtuhnya menara kembar World Trade Center di Manhattan, New York, yang sekarang sudah dibangun kembali untuk gedung pengganti bernama One World Trade Center, sebuah museum dan sebuah bangunan memorial. (AFP)

Di lokasi tersebut sekarang muncul gedung-gedung baru dengan rancangan berbeda, ditambah sebuah gedung memorial dan museum untuk mengenang peristiwa tersebut.

Di sana sudah tegak berdiri gedung One World Trade Center, atau "Freedom Tower" setinggi 1.776 kaki (541 meter), melampaui ketinggian menara sebelumnya yang sudah runtuh yaitu 1.368 kaki.

Rekonstruksi di Pentagon selesai kurang dari satu tahun dan para staf sudah kembali bekerja di sana pada Agustus 2002.

Apa yang Terjadi Pada 11 September 2001?

Gedung One World Trade Center atau lebih dikenal sebagai "Freedom Tower" menjulang ke langit Manhattan di New York, dalam foto tertanggal 10 Juni 2021. (AFP)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

NEWS | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE