Logo BeritaSatu

ASDP dan Pemprov Papua Barat Sepakati Kerja Sama Operasional Bus Air Roro

Kamis, 9 September 2021 | 11:28 WIB
Oleh : Theresa Desfika / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjalin kerja sama operasional Bus Air Roro di wilayah Papua Barat dalam menunjang konektivitas transportasi di wilayah Timur Indonesia.

Kesepakatan ini dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi, dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan yang dilaksanakan pada Rabu (8/9/2021).

Advertisement

Ira Puspadewi menyambut positif dan mendukung penuh rencana kerja sama ASDP dengan Pempov Papua Barat dalam penyediaan sarana angkutan Bus Air Roro di wilayah Papua Barat. ASDP terus berupaya memperkuat konektivitas penyeberangan baik di kawasan Barat maupun Timur Indonesia sebagai penghubung antarpulau dan memacu pengembangan wilayah.

"Kerja sama ini salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan aksesibilitas masyarakat melalui angkutan Bus Air Roro yang aman, nyaman dan selamat di wilayah Timur Indonesia. Kami berharap dapat berkontribusi lebih maksimal lagi, memberikan layanan angkutan yang andal dan memadai agar kehadiran kami benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia," tutur dia dalam keterangan resmi, Kamis (9/9/2021).

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan apresiasi kepada ASDP yang telah merespon positif dan mendukung terjalinnya kerja sama operasional bus air roro di wilayah Papua Barat.

"Saya berterima kasih atas kesempatan dan dukungan ASDP dalam kerja sama operasional ini sehingga dapat mendukung tersedianya aksesibilitas yang memadai bagi masyarakat, dan tentunya akan membawa kemajuan transportasi di Papua Barat," ujar dia.

Rencananya, pada tahun anggaran 2022 akan dibangun tiga unit bus air roro sebagai bagian dari peningkatan konektivitas kawasan untuk pembangunan inklusif di wilayah Papua tahun 2022 dengan rencana pengoperasian Bus Air Roro I Pangkalan Kabupaten Manokwari, dengan trayek Manokwari (Kab.Manokwari) – Pulau Mansinam (Kab.Manokwari)-Oransbari (Kabupaten Manokwari Selatan) – Ransiki (Kabupaten Manokwari Selatan) - Momi/Momiwaren (Kabupaten Manokwari Selatan) - Mome/Mameh (Kab.ManokwariSelatan)-Yemberiki/Rumberpon (Kabupaten Teluk Wondama).

Selanjutnya, Bus Air Roro II pangkalan Kabupaten Teluk Wondama, dengan trayek Wasior (Kabupaten Teluk Wondama) - Pulau Yop (Kabupaten Teluk Wondama) - Pulau Roon (Kabupaten Teluk Wondama) - Windesi (Kabupaten Teluk Wondama) - Karuani/ Sabubar (Kabupaten Teluk Wondama) – Yende (Kabupaten Teluk Wondama) - Nordiwar/Rumberpon (Kabupatem Teluk Wondama) - Koprus/SoughWepu (Kabupaten Teluk Wondama) -Mome/Mameh (Kabupaten Manokwari Selatan).

Dan, Bus Air Roro III Pangkalan Kabupaten Raja Ampat,dengan trayek Waisai (Kabupaten Raja Ampat) - Arefi (Kabupaten Raja Ampat) – Pulau Senapan (Kabupaten Raja Ampat) - Waiwo (Kabupaten Raja Ampat) – Pulau Yefman (Kabupaten Raja Ampat) - Pulau SOP (Kota Sorong) – Pulau Doom (KotaSorong) – Sorong (Kota Sorong).

Adapun rencana perjanjian kerja sama pengelolaan ketiga kapal bus air tersebut dengan PT ASDP Indonesia Ferry tersebut selama masa waktu minimal tiga tahun dan dapat diperpanjang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Warga Bersenjata Tajam Menyerang Polres Malinau

Ratusan warga bersenjata tajam menyerang Polres Malinau, Kalimantan Utara lantaran tidak terima setelah ada warga yang tewas akibat tertembak peluru polisi.

NASIONAL | 6 Februari 2023

PPA Lakukan Pendampingan Psikologis terhadap Korban Pedofilia Ibu Muda

Pendampingan psikologis dan sosial terhadap anak-anak korban seks menyimpang (pedofilia) segera diberikan oleh PPA Provinsi Jambi.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Angin Kencang Sebabkan Atap Pusat Belanja di Serang Roboh, 2 Luka

Sebuah atap salah satu pusat perbelanjaan di Kota Serang, Minggu (5/2/2023) sore roboh lantaran angin kencang.

NASIONAL | 5 Februari 2023

PGIW Apresiasi Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Islam Toleran

Ketekunan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga dan merawat toleransi antar kerukunan umat beragama telah dirasakan oleh seluruh umat agama lai.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Polda Metro: Bripka Madih Tak Konsisten soal Laporan Sengketa Tanah

Polda Metro nilai Bripka Madih tak konsisten soal laporan sengketa tanah milik orang tuanya yang sempat dilaporkannya pada 2011 silam.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

Mahfud: Pernyataan Pejabat Soal OTT KPK Pengaruhi Indeks Persepsi Korupsi

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE