Logo BeritaSatu

Kemparekraf Dorong Kepulauan Seribu Jadi Etalase CHSE Wisata Selam Indonesia

Kamis, 9 September 2021 | 12:33 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) berharap Kepulauan Seribu menjadi etalase depan wisata bahari dan wisata selam Indonesia. Untuk itu pelaku usaha wisata selam di Kepulauan Seribu diharapkan mampu menerapkan pedoman Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) dengan baik.

Guna mewujudkan hal tersebut Kemparekraf menggelar kegiatan Bimbingan Teknis, Monitoring, dan Evaluasi CHSE Wisata Bahari (Wisata Selam)" di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pada Rabu (8/9/2021) kemarin.

Advertisement

“Kepulauan Seribu ini sangat dekat dengan Jakarta yang merupakan salah satu gerbang masuk utama wisatawan mancanegara. Jakarta juga punya potensi wisatawan nusantara paling besar. Jadi dengan kegiatan bimbingan teknis CHSE ini mudah-mudahan kita bisa mendorong Kepulauan Seribu menjadi etalase depan wisata bahari dan wisata selam Indonesia,” jelas Direktur Promosi Wisata Minat Khusus Kemparekraf Alexander Reyaan dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Ditambahkan Alex, kegiatan ini diharapkan akan mampu memberikan informasi dan pengetahuan pada pelaku usaha wisata bahari yang ada di Kepulauan Seribu.

"Industri wisata selam sudah punya panduan CHSE tersendiri yang dirilis Kemparekraf sejak tahun 2020, berisi panduan untuk pekerja, wisatawan, protokol beraktivitas di mobil, dermaga, kapal, sampai panduan desinfeksi peralatan selam, dan penanganan kasus darurat. Dalam penyusunannya kita juga bekerja sama dengan organisasi keselamatan selam internasional Divers Alert Network, yang diharapkan akan bisa membantu pelaku usaha wisata di Kepulauan seribu untuk mengenalkan potensi wisata baharinya kepada masyarakat," tutur Alexander.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Fadjar Churniawan menilai bimbingan CHSE ini sangat diperlukan supaya pelaku usaha wisata Kepulauan Seribu siap menerima kunjungan wisatawan dengan aman jika nanti PPKM sudah dilonggarkan.

"Sebagai destinasi wisata bertaraf nasional dan internasional, Kepulauan Seribu harus memenuhi standar CHSE, ini adalah modal utama bagi industri pariwisata sekarang," tandasnya.

Kegiatan itu diikuti oleh sekitar 30 peserta yang terdiri dari perwakilan instansi pemerintah daerah, pelaku usaha wisata selam, serta pelaku usaha terkait wisata bahari di Kepulauan Seribu dengan menghadirkan pembicara seperti Ketua Tim Penyusun CHSE Wisata Selam, Abi Carnadie dan Tim Auditor CHSE Wisata Selam, Arief Yudo Wibowo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

EKONOMI | 30 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE