Logo BeritaSatu

Pulihkan Desa Wisata, Kemparekraf Siapkan Langkah Strategis

Senin, 13 September 2021 | 19:52 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) tengah menyiapkan langkah strategis dan cepat untuk membantu pemulihan desa wisata yang terdampak pandemi Covid-19.

"Desa wisata harus bisa menjadi kontributor dalam pemulihan ekonomi dan kita berlomba terus dengan waktu," kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemparekraf, Vinsensius Jemadu, dalam Panja Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X DPR terkait Desa Wisata yang dipantau secara daring, Senin (13/9/2021).

Advertisement

Desa wisata merupakan kawasan yang memiliki potensi dan keunikan daya tarik wisata yang khas yaitu merasakan pengalaman keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya.

Menurutnya, pengembangan desa wisata terbagi lima, pertama perwilayahan optimalisasi pemanfaatan ruang kawasan desa wisata dan sekitarnya. Kedua produk, peningkatan kualitas 3A (atraksi, aksesibilitas, dan amenitas).

Ketiga, pelayanan, layanan yang berkualitas melalui penyiapan SDM yang kompeten. Keempat, pengelolaan, desa wisata yang kolaboratif. Kelima pemasaran, yang terpadu (branding, advertising dan selling).

Pengembangan desa wisata diestimasi dapat menciptakan tambahan 0,06% produk domestik bruto (PDB) nasional akibat pengeluaran wisatawan nusantara maupun mancanegara. menambah pendapatan rumah tangga (0,03%) terhadap konsumsi RT dalam PDB dan kesempatan kerja (0,26% dari tenaga kerja nasional).

Capaian Kemparekraf tahun 2020 telah melakukan 3.428 orang pendampingan pengembangan SDM pariwisata di desa wisata yang tersebar di 27 provinsi. 16 lokasi desa wisata telah sertifikasi desa wisata berkelanjutan.

Sementara target dan program tahun 2021 adalah 1.300 orang pendampingan SDM pariwisata di desa wisata, pengembangan SDM parekraf mandiri melalui wirausaha dan 67 lokasi.

Program tahun ini adalah pengembangan Jejaring Desa Wisata (Jadesta), sertifikasi desa wisata berkelanjutan dengan target 16 desa, Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021, pelatihan atau workshop inovasi dan kewirausahaan di 50 desa wisata.

Selain itu juga fasilitasi pembuatan website desa wisata di 13 desa wisata di Danau Toba, dukungan homestay kepada 8 homestay percontohan di Kawasan Borobudur serta penyusunan profil dan pemetaan awal dewa wisata Danau Maninjau.

Kemparekraf akan menjadikan data desa wisata yang ada di laman www.jadesta.com sebagai wadah sekaligus arah dalam penyusunan rencana pengembangan semua desa wisata di Indonesia.

"Bersama kita wujudkan desa wisata yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan. Sehingga desa wisata bisa menjadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia Bangkit," jelas dia.

Demi mewujudkan itu semua Kemparekraf telah bersinergi dengan beberapa kementerian/lembaga, perguruan tinggi dan organisasi kepariwisataan dalam pengembangan desa wisata.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE