Logo BeritaSatu

Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri Bisa Gunakan PeduliLindungi

Selasa, 14 September 2021 | 22:20 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Kesehatan (Kemkes) akhirnya meluncurkan fitur baru aplikasi PeduliLindungi untuk pemegang kartu vaksin luar negeri. Dengan demikian warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang menerima vaksinasi Covid-19 di luar negeri bisa memperoleh Kartu Verifikasi Vaksinasi Non Indonesia (VNI).

“Kami akan memperkenalkan bagaimana para WNI, WNA bisa mengakses PeduliLindungi walau sertifikat vaksin bukan diperoleh di Indonesia,” kata Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemkes, Setiaji dalam konferensi pers secara daring, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya ada sejumlah prosedur yang harus dipenuhi warga Indonesia maupun warga asing yang memperoleh vaksinasi di luar negeri untuk bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Pertama, melakukan pendaftaran dan mengajukan verifikasi melalui laman vaksinln.dto.kemkes.go.id. Kemudian mengisi data, seperti nama, tanggal lahir, email, dan memasukan jenis vaksin yang diperoleh di luar negeri.

Setelah itu, Kemkes akan melakukan verifikasi selama tiga hari kerja. Khusus WNA, kata Setiaji, kementeriannya akan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk berkoordinasi dengan kedutaan besar masing-masing untuk memverifikasi sertifikat vaksin yang didaftarkan.

Hasil verifikasi akan dikonfirmasi melalui email. Setelah itu, Setiaji mengatakan, pengguna login di aplikasi PeduliLindungi dan mengklaim sertifikat vaksin yang sudah diverifikasi.

“Setelah itu bisa menggunakan PeduliLindungi dan bisa menggunakan scan QR code di berbagai tempat aktivitas masyarakat, seperti mal, penerbangan dan sebagainya,” kata dia.

Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri Bisa Gunakan PeduliLindungi

Menurut Setiaji, warna, layout, dan visual sertifikat vaksin yang divaksinasi di luar negeri akan berbeda dengan yang divaksinasi di Indonesia.

Dalam contoh yang dipaparkan, sertifikat berisi nama Kartu Verifikasi Vaksinasi Non-Indonesia. Kemudian data personal berupa nama, nomor paspor atau NIK, lalu informasi dosis satu atau dua, tanpa info jenis dan batch vaksin. Di bagian bawahnya terdapat keterangan deklarasi bahwa data yang di-submit benar sesuai input peserta.

WNA dan WNI yang bersangkutan dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan scan QR code di berbagai tempat aktivitas masyarakat, seperti mal, penerbangan, dan lain-lain.

Setiaji mengharapkan keberadaan fitur ini para penerima vaksinasi di luar negeri dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk mengakses fasilitas publik.

“Dengan adanya layanan semoga bisa memudahkan akomodasi fasilitas publik dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” tutup dia.

Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri Bisa Gunakan PeduliLindungi



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Arif Rachman Ungkap Momen Dimarahi Ferdy Sambo, Dituding Apatis

Arif Rachman Arifin mengungkapkan momen saat dirinya dimarahi oleh Ferdy Sambo. Dia mengaku dituding apatis oleh Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

UMP DKI Jakarta tahun 2023 naik sebesar 5,6 persen. Kenaikan itu menjadi Rp 4.900.798 dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.641.854.

NEWS | 28 November 2022

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022

Ini Pertimbangan Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Sejumlah organisasi profesi mempunyai beragam alasan untuk menolak penyusunan RUU Kesehatan Omnibus Law oleh Badan Legislasi DPR.

NEWS | 28 November 2022

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional.

NEWS | 28 November 2022

Diresmikan Jokowi Besok, AMN Libatkan BIN untuk Persiapan

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Selasa, 29 November 2022.

NEWS | 28 November 2022

Fraksi PDIP: Draf RUU Kesehatan yang Beredar Bukan dari DPR

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR menerima para perwakilan organisasi kesehatan yang berdemontrasi di depan gedung DPR untuk menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Agus Nurpatria Minta Peti Jenazah Terbaik Buat Brigadir J

Arif Rachman Arifin mengungkap soal permintaan Agus Nurpatria kepadanya. Agus meminta kepasa Arif agar dicarikan peti jenazah terbaik untuk Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

Saksi Ini Ungkap Momen Ferdy Sambo Menangis Lihat Foto Keluarga

Saksi Arif Rachman Arifin mengungkap momen saat Ferdy Sambo menangis ketika melihat foto keluarganya.

NEWS | 28 November 2022

Nelayan Dilibatkan dalam Pencarian 3 Kru Helikopter Polri yang Jatuh

Nelayan dilibatkan dalam pencarian 3 kru helikopter Polri yang jatuh di perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, Minggu (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cetak Rekor Baru, Laba Pradiksi Gunatama Melesat 74%

Cetak Rekor Baru, Laba Pradiksi Gunatama Melesat 74%

EKONOMI | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE