Logo BeritaSatu

Hacker Bobol 10 Kementerian/Lembaga, Kominfo Diminta Serius Lindungi Data Rakyat

Rabu, 15 September 2021 | 22:33 WIB
Oleh : Yustinus Paat / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi I DPR RI meminta pemerintah serius melindungi data-data strategis milik negara menyusul kabar adanya 10 kementerian/lembaga Indonesia yang dibobol oleh hacker Tiongkok. Kepastian pengamanan di dunia siber harus dilakukan untuk melindungi data-data rakyat.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Badan Intelijen Negara (BIN) pun diharapkan segera menindaklanjuti laporan pembobolan data tersebut.

“Bobolnya data kementerian dan lembaga ini harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah khususnya BSSN, Kominfo, serta BIN untuk menjaga dan melindungi dunia siber kita karena bisa berdampak terhadap kesejahteraan dan keselamatan rakyat,” ungkap Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta di Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Dugaan pembobolan kementerian/lembaga Indonesia diberitakan The Record berdasarkan laporan dari Insikt Group yang merupakan divisi riset ancaman siber milik Recorded Future. Pelaku pembobolan disebut sebagai kelompok hacker bernama Mustang Panda.

Menurut laporan itu, pembobolan sudah terjadi sejak bulan Maret 2021. Sukamta menyatakan serangan siber terhadap website dan dan sistem informasi Indonesia menyebabkan rawannya data strategis milik negara.

“Sejak lama saya sudah khawatir, ketika data-data dunia bisnis dan kesehatan bocor, bukan berarti bidang politik tidak ada kebocoran. Ini hanya soal waktu saja, kapan akan terungkap kebocoran datanya,” tuturnya.

Sukamta meyakini serangan hacker di bidang politik lebih kuat daripada di bidang ekonomi, kesehatan dan sosial. Oleh karenanya, komisi DPR RI yang membidangi pertahanan dan informatika ini meminta adanya evaluasi, kemudian pembenahan tata kelola data dan dunia siber di Indonesia secara menyeluruh.

“Pengamanan situs dan data di Indon

esia harus diseriusi oleh pemerintah. Lakukan audit seluruh website dan sistem yang digunakan kementerian/lembaga, kemudian pembenahan sistem keamanan siber, dan vulnerability test (uji kerentanan) secara berkala,” tegas Sukamta.

Legislator Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu mengingatkan kasus pembobolan data di Indonesia telah berulang kali terjadi. Sukamta pun menyoroti peran Kominfo sebagai kementerian leading sector yang bertanggung jawab terhadap data dan informasi negara.

“Kominfo seperti macan ompong, aumannya kencang tapi tidak bisa menggigit. Kasus penipuan online, pembobolan jutaan data seperti angin lalu tak jelas arahnya,” ujarnya.

Sukamta menilai Kominfo harus lebih garang lagi dengan menunjukkan taringnya di bidang siber. Dia juga meminta Kominfo untuk tak hanya galak saat memblokir situs-situs porno, judi, penipuan dan SARA, tapi juga tegas menghalau serangan siber yang akan merugikan rakyat.

“Kominfo harus bisa memberikan bukti perlindungan data-data milik rakyat dari serangan hacker,” ucap Sukamta.

Doktor Chemical Engineering, Salford University Inggris itu juga memberi catatan mengenai maraknya serangan hacker asal Tiongkok. Menurutnya, serangan secara masif di berbagai negara yang menjalin kerja sama ekonomi seperti Indonesia saat ini penting untuk diperhatikan.

“Indonesia bekerja sama dengan Tiongkok di bidang ekonomi, namun menjadi aneh ketika data-data strategis di kementerian/lembaga disasar oleh hacker Tiongkok,” kata Sukamta.

“Jadi apakah ini murni peretasan untuk tujuan prestige dan ekonomis bagi nama kelompok hacker ataukah peretasan ini terjadi secara terstruktur dengan tujuan selain ekonomi,” lanjutnya.

Pemerintah juga diminta mewaspadai serangan Mustang Panda dilakukan dalam upaya spionase. Sebab ada kemungkinan tujuan lain para hacker selain upaya pembobolan data-data strategis yang pada akhirnya akan merugikan rakyat.

“Maka tugas BSSN ialah menangkal dan mengungkap setiap spionase data strategis Indonesia agar kasus-kasus pembobolan data bisa tuntas. BSSN harus diperkuat agar mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik,” sebut Sukamta.

Komisi I DPR pun mengingatkan perlunya upaya diplomasi dilakukan dalam kasus ini. Sukamta menegaskan pentingnya Indonesia menjaga harga diri negara dalam kasus-kasus serangan siber.

“Bila ditemukan ini spinonase yang direncanakan, Pemerintah Indonesia perlu melakukan protes kepada Pemerintah Tiongkok,” tutupnya.

.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE