Logo BeritaSatu

Penyerangan KKB di Kiwirok, Kemkes Ungkap 8 Nakes Lolos dari Maut

Jumat, 17 September 2021 | 14:12 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam penyerangan yang diduga dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, saat itu ada 10 tenaga kesehatan (nakes) yang ikut terdampak. Namun, delapan dari 10 nakes tersebut berhasil mengamankan diri ke pos TNI. Sementara dua nakes lainnya sempat ditahan oleh KKB, namun satu di antaranya yakni Gabriella Meilani (22 tahun) tewas karena terjatuh ke dalam jurang dan seorang lainnya berhasil diselamatkan aparat TNI-Polri.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemkes) Widyawati menyampaikan pihaknya menerima informasi tentang hal ini dari Polda Papua, terkait dengan tindakan kekerasan oleh KKB yang dialami tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang.

Dijelaskan, Dari 10 tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 8 orang sudah mengamankan diri di pos TNI. "Setelah dilakukan pencarian oleh TNI-Polri, satu orang dari dua nakes tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan hidup, dan satu lagi dalam kondisi meninggal dunia dan saat ini jenazahnya masih menunggu proses evakuasi," kata Widyawati, Kamis (16/9/2021).

"Kami menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya saudari Gabriella Meilani yang gugur dalam melaksanakan tugas,” ucap Widyawati.

Peristiwa penyerangan itu sendiri terjadi 13 September 2021 lalu. Adapun kedua nakes yang sempat ditahan KKB tersebut adalah Gabriella Meilani (22 tahun) dan Krstina Sampe. Namun Kristina Sampe berhasil diselamatkan aparat TNI-Polri, sedangkan Gabriella yang jatuh ke dalam jurang, tidak berhasil ditolong. Proses evakuasi jenazah Gabriella dilanjutkan hari ini, karena pada Kamis kemarin tak bisa dilakukan akibat terkendala cuaca.

Widyawati mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas tindakan cepat dari pihak TNI-Polri. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan TNI-Polri dalam menemukan kedua korban dan berharap pihak TNI-Polri dapat menindak tegas para KKB," katanya.

Widyawati juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi tersebut, sehingga merengut nyawa Gabriela Meilan sebagai tenaga kesehatan di wilayah tersebut.

"Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga keselamatan mereka menjadi hal yang utama. Terlebih lagi Indonesia masih berperang melawan pandemi Covid-19 dimana peran tenaga kesehatan sangat krusial," ucapnya.

Selanjutnya, Widyawati akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan informasi perkembangan dari kasus tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kasal Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

NEWS | 28 November 2022

Solidaritas Guru, Alumni UPI Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

56 guru tewas akibat gempa Cianjur, Alumni UPI serentak bergerak menggalang bantuan untuk para korban.

NEWS | 28 November 2022

Tilang Manual Masih Diberlakukan terhadap Sejumlah Pelanggaran

Polda Metro Jaya masih melakukan tilang manual terhadap sejumlah pelanggaran di jalan raya, seperti kendaraan tanpa pelat nomor.

NEWS | 28 November 2022

Menangis, Ferdy Sambo Sebut Sia-sia Pangkat Jenderal jika Tak Bisa Jaga Istri

Ferdy Sambo menangis karena menilai sia-sia bagi dirinya sudah berpangkat jenderal jika tidak mampu menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

NEWS | 28 November 2022

Putri Terus Menangis Saat Beberkan Skenario Ferdy Sambo

Putri Candrawathi terus menangis saat membeberkan skenario Ferdy Sambo terkait peristiwa tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

UMP DKI Naik 5,6% Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Penjelasan Disnaker

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan upah minimum provinsi (UMP) naik 5,6% menjadi sebesar Rp 4,9 juta pada 2023.

NEWS | 28 November 2022

Beda Pandangan, PDSI Dukung RUU Kesehatan Omnibus Law

PDSI memiliki pandangan berbeda dengan organisasi profesi kesehatan lainnya terkait RUU Kesehatan Omnibus Law.

NEWS | 28 November 2022

Jokowi Usulkan Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan, Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. 

NEWS | 28 November 2022

Respons Jokowi soal Pemimpin Pro Rakyat, Prabowo Tunjuk Rambut Putihnya

Prabowo Subianto merespons ciri-ciri pemimpin pro rakyat yang disampaikan Jokowi. Prabowo pun menunjuk bahwa dia memiliki rambut berwarna putih.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022; Ini Susunan Pemain Korsel vs Ghana

Piala Dunia 2022; Ini Susunan Pemain Korsel vs Ghana

SEMESTA BOLA 2022 | 47 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE