Logo BeritaSatu

TWC Simulasi Pembukaan Candi Borobudur dengan Aplikasi PeduliLindungi

Jumat, 17 September 2021 | 16:46 WIB
Oleh : YUD

Magelang, Beritasatu.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) melakukan simulasi uji coba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

"Hari ini kami melakukan simulasi uji coba dan besok baru uji coba," kata Direktur Utama PT TWC (Persero) Edy Setijono di Magelang, Jumat (17/9/2021).

Advertisement

Pada simulasi uji coba penerapan aplikasi peduli lindungi tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Edy Setijono mengatakan nantinya ada evaluasi terkait uji coba tersebut sebelum adanya pembukaan objek wisata secara penuh mengikuti level kondisi daerah.

Ia menyampaikan tahapan uji coba ini bertujuan untuk mengukur kesiapan destinasi terkait dengan penerapan prosedur baru. Kali ini ada penambahan protokol baru, yaitu penerapan aplikasi PeduliLindungi.

Edy menjelaskan melalui penerapan aplikasi peduli lindungi ini akan ada proses tracing kepada seluruh wisatawan yang masuk ke kawasan, karena nanti dari aplikasi itu terlihat riwayat vaksinasi para wisatawan.

"Jadi ini salah satu bentuk pemeriksaan tambahan terkait prokes agar destinasi itu menjadi destinasi yang aman seperti yang sudah dideklarasikan bahwa Borobudur harus menjadi destinasi yang aman untuk pariwisata," katanya.

Ia berharap kepada satgas provinsi maupun kabupaten juga melakukan prosedur yang sama di tempat lain. Paling tidak harus ada hal-hal yang dipenuhi seperti sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, environment sustainability) oleh Kementerian Parekraf.

Kemudian, lanjut dia, pengelolanya sudah harus vaksin, jadi betul-betul menjaga bersama di seluruh destinasi, khususnya di Magelang raya ini.

"Jadi betul-betul bersinergi bersama, berkolaborasi bersama agar penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir," katanya.

Menurut dia, kebangkitan sektor pariwisata ini dibutuhkan oleh banyak pelaku pendukung pariwisata di kawasan Magelang raya. Mudah-mudahan Magelang bisa segera mencapai level yang normal untuk dibukanya destinasi pariwisata seperti sebelum pandemi.

Taj Yasin menilai tahapan uji coba simulasi di Borobudur berjalan dengan baik. Tahapan simulasi dimulai dari awal masuk pintu gerbang sebelum wisatawan turun dari mobil sudah diminta menunjukkan kartu vaksinasi atau aplikasi peduli lindungi.

Kemudian ada tempat-tempat untuk menurunkan wisatawan supaya tidak ada kerumunan, sehingga penguraian kerumunan sudah baik.

Ia menyampaikan daerah Jawa Tengah, khususnya Magelang, merupakan daerah yang saat ini sudah baik dalam penanganan Covid-19, sehingga melakukan simulasi membuka Taman Wisata Candi Borobudur.

"Hal ini menunjukkan bahwa koordinasi penanganan Covid-19 ini berjalan dengan baik. Dengan adanya simulai ini menunjukkan bahwa masih harus waspada, prokes harus ditaati, tidak semena-mena sehingga dengan harapan simulasi ini nantinya bisa menumbuhkan roda ekonomi," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eksekusi Penalti, Ronaldo Cetak Gol untuk Al Nassr di Liga Arab Saudi

Eksekusi Penalti, Ronaldo Cetak Gol untuk Al Nassr di Liga Arab Saudi

BOLA | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE