Logo BeritaSatu

Dosen UNJ Lakukan Pengabdian Masyarakat di Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita Jakarta

Minggu, 19 September 2021 | 15:53 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.om - Pengenalan bahasa asing khususnya bahasa Inggris dan Prancis sejak dini kepada anak-anak usia sekolah sangat penting. Karena itu sejumlah dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prancis, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan pengabdikan masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi di Taman Bacaan (TBM) Bukit Duri Bercerita, di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

Ketika tiba di TBM Bukit Duri Bercerita, para dosen bahasa Inggris dan Prancis ini membagi kelompok pelajar yang selama ini aktif di TBM Bukit Duri Bercerita, untuk mengajarkan dasar-dasar bahasa Inggris untuk SD dan juga bahasa Prancis bagi yang sudah SMP. Agar efektif dalam proses pengenalan dan belajar, para dosen membagi dua kelompok bahasa Inggris dan bahasa Prancis.

Advertisement

“Kami sangat senang bekerja sama dengan TBM Bukit Duri Bercerita. Anak-anak yang mengukuti pelajaran dasar bahasa Inggris dan Prancis juga antusias. Pengenalan bahasa Inggris dan Prancis ini penting bagi anak-anak karena mereka akan ingat dan semoga terus mau mempelajar bahasa ini,” ujar Kooridnator Program Studi Bahasa Prancis, Subur Ismail, yang memimpin rombongan dosen dalam pengabdian masyarakat di TBM Bukit Duri Bercerita ini, akhir pekan lalu.

Selain Subur, para dosen program bahasa Prancis UNJ antara lain Yusi Asnidar dan Ratna. Sedangkan dari program bahasa Inggris yakni Ati Sumiati,Dian Safitri, dan Yunilis Andika.

Yusi Asnidar mengatakan, kegiatan yang berlangsung sejak siang hingga petang ini merupakan wujud pengabdian dosen pada masyarakat luas. “Ini bentuk pembinaan, pendidikan, dan transfer ilmu kepada masyarakat,” katanya.

Ati Sumiati merasa sangat terkesan dengan antusiasme anak-anak yang mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Mereka juga aktif dan berani menjawab pertanyaan serta mau bekerja sama dengan teman mereka.

“Ingin rasanya kembali ke TBM ini untuk berkumpul dan belajar bareng bersama anak-anak yang bersemangat. Kuncinya, ya semangat. Itu yang saya lihat dari anak-anak Bukit Duri ini,” ujar Yusi sambil berucap terima kasih kepada pendiri dan Pembina TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih dan Suradi.

Kesan serupa diungkapkan Ratna. Dia mengatakan, pengabdian masyarakat di TBM ini amat berkesan. Sebabnya, anak-anak sangatbersemangat untuk tahu dan mengerti bahasa asing. “Kami dari Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prancis, mendapatan kesempatan untuk melakukan kegiatan meningkatkan literasi pada anak-anak Bukit Duri,” kata Ratna.

Sinergi Positif
Sementara itu, pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih mengatakan, dirinya sangat menyambut baik menjalin kerja sama dengan UNJ mengingat kegiatan pengenalan bahasa asing khsususnya Inggris dan Prancis sangat penting.

“Anak-anak membutuhkan motivasi untuk mengembangkan diri. Salah satunya dari pengenalan bahasa asing ini. Buktinya ketika ditanya siapa yang ingin ke luar negeri, semua anak angkat tangan sambil menyebut negara yang mereka inginkan,” kata Kak Ning Nong, sapaan akrab Safrudiningsih.

Safruningsih lebih lanjut mengatakan, TBM yang didirikan, terbuka untuk bekerjasama dengan banyak pihak, baik perguruan tinggi, maupun TBM lain. Dengan bekerjasama, maka program literasi di daerah, seperti di kawasan Bukit Duri pasti akan lebih maju lagi.

“Kami juga sudah meningkatkan status TBM ini menjadi berbadan hukum yayasan sehingga memudahkan gerak kegiatan, terutama bila menjalin kerja sama dengan pihak lain. Tujuan kami, semua pihak yang peduli pada literasi dan upaya mencerdaskan anak bangsa, bisa berkolaborasi,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE