Logo BeritaSatu

Gunung Berapi Pulau Canary Meletus, 5.000 Orang Dievakuasi

Senin, 20 September 2021 | 08:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Madrid, Beritasatu.com- Gunung berapi Pulau Canary, Spanyol meletus, mengirimkan aliran lahar ke desa-desa. Seperti dilaporkan theguardian, Minggu (19/9/2021), sekitar 5.000 orang telah dievakuasi dari dekat gunung berapi di Pulau La Palma.

Letusan mengirimkan lahar ke udara dan mengalir di sungai menuju rumah-rumah di dua desa dari taman nasional Cumbre Vieja di selatan pulau.

Advertisement

Pihak berwenang telah mulai mengevakuasi warga yang lemah dan beberapa hewan ternak dari desa-desa terdekat sebelum letusan pada pukul 15.15 waktu setempat padai Minggu di lereng berhutan di daerah Cabeza de Vaca yang jarang penduduknya.

Beberapa jam kemudian, pemerintah kota memerintahkan evakuasi empat desa, termasuk El Paso dan Los Llanos de Aridane. Saat itu, lahar merayap menuruni lereng bukit dari lima celah yang robek ke lereng bukit.

Setelah malam tiba, rekaman video menunjukkan air mancur lava meletus ratusan meter ke langit. Setidaknya tiga sungai oranye pijar dari batuan cair mengalir menuruni bukit, merobek luka ke hutan dan lahan pertanian, dan menyebar saat mencapai tempat yang lebih rendah.

Satu aliran, panjang beberapa ratus meter dan lebar puluhan meter, melintasi jalan dan mulai menelan rumah-rumah yang tersebar di El Paso. Rekaman video yang dibagikan di media sosial menunjukkan lahar masuk ke sebuah rumah.

“Ketika gunung berapi meletus hari ini, saya takut. Bagi jurnalis itu adalah sesuatu yang spektakuler, tapi bagi kami itu adalah tragedi. Saya pikir lahar telah mencapai beberapa rumah kerabat, ” kata penduduk setempat Isabel Fuentes, 55 tahun, kepada televisi Spanyol TVE.

“Saya berusia 5 tahun ketika gunung berapi terakhir meletus [tahun 1971]. Anda tidak akan pernah bisa melupakan letusan gunung berapi,” tambah Fuentes, yang mengaku telah pindah ke rumah lain pada hari Minggu untuk keselamatannya.

Presiden Kepulauan Canary, Angel Victor Torres, mengatakan pada konferensi pers pada Minggu malam bahwa 5.000 orang telah dievakuasi dan sejauh ini tidak ada cedera yang dilaporkan.

“Tidak dapat diperkirakan bahwa orang lain harus dievakuasi. Lava bergerak menuju pantai dan kerusakannya akan material. Menurut para ahli ada sekitar 17-20 juta meter kubik lahar,” katanya.

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, tiba di La Palma, pulau paling barat laut di kepulauan itu, pada Minggu malam untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah pulau-pulau itu mengenai penanganan letusan.

“Kami memiliki semua sumber daya [untuk menghadapi letusan] dan semua pasukan, warga dapat tenang,” katanya.

Stavros Meletlidis, seorang pakar vulkanologi di Spanish Geographical Institute, mengatakan letusan itu telah merobek lima lubang di lereng bukit dan dia tidak bisa memastikan berapa lama itu akan berlangsung.

“Kami harus mengukur lahar setiap hari dan itu akan membantu kami mengatasinya,” katanya.

Menurut keluarga kerajaan, Raja Felipe juga sempat berbicara dengan Torres dan mengikuti perkembangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE