Logo BeritaSatu

PSBB, Cara Unik Bernard Huang Bantu Pedagang Kecil Terdampak PPKM

Selasa, 21 September 2021 | 16:30 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Batam membuat banyak sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terdampak cukup dalam. Demi membantu UMKM untuk bangkit kembali, influencer Bernard Huang membuat gerakan yang diberi nama PSBB (Peduli Sesama Bareng Bernard).

“Kami membantu UMKM bertahan dengan membeli habis jualannya, lalu membagikannya ke warga yang membutuhkan,” ujar Bernard dalam keterangannya, Selasa (21/9/2021).

Sejak PPKM diberlakukan sekitar dua bulan lalu, Bernard mengaku prihatin memikirkan bagaimana nasib para pedagang kecil, seperti pedagang es keliling, pedagang kuih-muih, tukang sol sepatu, tukang parkir, ojek online, dan lain-lainya.

“Saya sampai sakit kepala memikirkannya. Pekerjaan saya juga terdampak, tapi tak sampai mempengaruhi kebutuhan sehari-hari. Lalu bagaimana mereka yang bekerja hari ini untuk dapat makan hari ini? Saya terpikir, akan bantu UMKM di masa pandemi ini,” ungkapya.

Kegiatan itu pun dia jalankan sejak pertengahan Agustus lalu secara mandiri. Dimulai dengan membeli nasi bakar dari pelaku UMKM, lalu nasi bakar tersebut dibagikan kepada para tukang ojek online, supir taksi, dan juga kepada pemulung yang lewat di daerah Batam.

“Saya bagi kepada orang yang membutuhkan. Bukan karena saya bergelimang harta, tapi ketika memberi di tengah kekurangan, di situ letak sukacitanya,” ungkap influencer yang dikenal lewat akun IG @bernard_huangg ini.

Aksi Bernard ini kini mendapatkan dukungan dari teman-temannya. Kalau sebelumnya ia beraksi sendiri dengan biaya sendiri, kini dia mendapatkan dukungan moral dan finansial bagi sesama yang peduli supaya bisa membantu UMKM di Batam lebih banyak lagi.

Bahkan mobilnya kini ia tempel baliho kecil bertuliskan PSBB: Peduli Sesama Bareng Bernard. “Kalau lapar, sedang sulit dan sangat butuh makan. Boleh ambil makanan gratis. Sehati sejiwa gotong royong melalui pandemi ini bersama,” paparnya.

Dalam menjalankan misinya ini, Bernard berkeliling Kota Batam. Dimulai dari kawasan Nagoya, Seipanas, Batam Center, dan kawasan lainnya.

“Bisa memberi manfaat bagi mereka yang membutuhkan, itu sangat berarti. Jadi selebgram itu harus bermanfaat. Jangan cuma pamer kekayaan dan harta di media sosial, tapi pamerlah kebaikan,” ungkapnya.

“Banyak yang bilang ini pencitraan. Ya ini pencitraan. Tapi buatlah pencitraan yang baik, yang bagus untuk sesama mahluk, yang bisa menguntungkan pedagang kecil tanpa memandang latar belakang dan siapa mereka karena sebetulnya kita sama, sesama mahluk ciptaan Tuhan dengan struggle masing-masing. Mari membantu sekecil apa pun itu,” tambahnya.

Salah seorang pedagang, Ratna menyebutkan sangat terbantu dengan apa yang dilakukan Bernard menjalankan PSBB ini.

“Jualan saya habis. Terimakasih kepada koko Bernard. Semoga makin banyak yang berpartisipasi membantu UMKM, melancarkan kembali usaha kami ini supaya bisa tetap makan setiap harinya. Sangat menginspirasi dari ko Bernard. Saya sangat berterima kasih,” ucap Ratna haru.

Demikian juga Heri, penjual tebu menyebutkan pandemi ini membuatnya suliy bernafas bahkan berpikir bagaimana untuk bertahan hidup sehari-hari karena pembeli yang mendadak sepi.

“Semoga dengan kegiatan ini, semua pedagang kecil seperti kami bisa terbantu. Murah rezeki ko Bernard, Allah yang balas. Kepeduliaannya kepada kami ini,” ujar Heri.

Seperti diketahui, banyak UMKM di Indonesia khususnya di Batam yang menghadapi masa sulit dalam mempertahankan usaha mereka di tengah pandemi ini. Memanfaatkan platform digital untuk menyebar kebaikan, membantu mempromosikan usaha-usaha kecil pun juga dilakukan Bernard.

“Pandemi itu mengganggu sendi-sendi kehidupan UMKM, padahal UMKM itu salah satu pilar penopang ekonomi kebangsaan kita kan? Itu yang mendorong saya peduli juga. Membangkitkan kembali UMKM sambil memberi edukasi kepada para pedagang supaya jangan putus asa, tetap bertahan, masih ada harapan di depan,” tutup Bernard.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kramarij Cetak Gol Kedua, Kroasia Ungguli Kanada 3-1

Kramarij Cetak Gol Kedua, Kroasia Ungguli Kanada 3-1

SEMESTA BOLA 2022 | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE