Logo BeritaSatu

Aparat Bekuk Ali Kalora Berdasar Hasil Pendalaman dan Pemetaan

Jumat, 24 September 2021 | 23:32 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Pentolan jaringan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora serta anak buahnya Jaka Ramadhan alias Ikrima, tewas dalam kontak tembak dengan Satgas Madago Raya, di Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Keduanya dapat dibekuk setelah aparat melakukan pendalaman dan pemetaan.

"Hasil pendalaman ditemukan bahwa Ali Kalora seringkali turun dan meminta untuk disediakan kebutuhan logistik kepada warga," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri Komisaris Besar Polisi Aswin Siregar, Jumat (24/9/2021).

Dikatakan Aswin, tim telah melakukan pendalaman terhadap keberadaan Ali Kalora dan kelompoknya, sejak awal September 2021. Termasuk, melakukan pemetaan di wilayah Poso Pesisir Selatan, Poso Pesisir Utara, hingga kawasan Parigi Moutong.

Tim kemudian berhasil mendeteksi keberadaan buronan Ali Kalora dan Ikrima, di kawasan Parigi Moutong, pada tanggal 18 September. Ketika itu keduanya disebut hendak mengambil barang yang telah dipesan.

"Pada tanggal 18 September 2021, Ali Kalora dan Ikrima menjumpai seseorang untuk menjemput barang yang telah dipesan. Tim melakukan penyergapan sehingga keduanya tertembak dan meninggal di tempat," ungkapnya.

Diketahui, pimpinan jaringan teroris MIT Ali Ahmad alias Ali Kalora dan Jaka Ramadhan alias Ikrima, tewas diterjang peluru aparat TNI-Polri dalam kontak tembak, di Desa Astina Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sekitar pukul 18.00 WITA, Sabtu (18/9/2021) lalu. Pada saat bersamaan, aparat turut menyita senjata api laras panjang M16, bom tarik dan barang bukti lainnya.

Pasca-menangkap Ali Kalora, Satgas Madago Raya, terus mengintensifkan perburuan terhadap empat anggota jaringan MIT yang masih buron atau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Mereka atas nama Askar alias Pak Guru, Mukhlas alias Nae, Ahmad Gazali alias Ahmad Panjang dan Suhardin alias Hasan Pranata.

Satgas juga mengimbau agar keempat buronan itu menyerahkan diri, karena tim akan terus melakukan pencarian hingga dapat.

"Kepada sisa DPO teroris Poso untuk sebaiknya segera menyerahkan diri secara baik-baik dan akan dijamin keamanan serta keselamatannya," kata Wakasatgas Humas Operasi Madago Raya AKBP Bronto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham utama PT Jakpro memutuskan merombak direksi Jakpro. Dirut Jakpro, Widi Amanasto dicopot dari jabatannya. 

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Kasal Yudo Margono

Mensesneg Pratikno mengungkapkan salah satu alasan Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI karena rotasi matra.

NEWS | 28 November 2022

Diguyur Hujan Deras, 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

BPBD DKI Jakarta menyatakan empat ruas jalan di Jakarta tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda pada Senin (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan total pengungsi akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Senin 28 November 2022 sebanyak 100.300 orang. 

NEWS | 28 November 2022

RSUD Sayang: Korban Gempa Cianjur Terserang ISPA di Pengungsian

Wakil Direktur RSUD Sayang, Neneng Efa Fatimah korban gempa Cianjur terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di posko pengungsian. 

NEWS | 28 November 2022

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022

Cegah Politik Uang, Bawaslu Kerja Sama dengan Gopay dan OVO

Bawaslu akan lakukan kerja sama dengan platform digital seperti Gopay dan OVO untuk mencegah terjadinya politik uang.

NEWS | 28 November 2022

Calon Panglima TNI Yudo Margono Punya Harta Rp 17,9 Miliar

Kasal Laksamana Yudo Margono yang diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI memiliki harta Rp 17,9 miliar.  

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

DPR akan menggali lima hal utama kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon Panglima TNI nanti. 

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE