Logo BeritaSatu

Pemakaian Alat Kontrasepsi Pascapersalinan Harus Digencarkan

Minggu, 26 September 2021 | 15:07 WIB
Oleh : JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menegaskan pemakaian alat kontrasepsi pascapersalinan harus terus digencarkan untuk menciptakan generasi bangsa yang berkualitas.

“Mari, pemakaian alat kontrasepsi harus kita gencarkan setelah persalinan, masa interval, persiapan sebelum hamil supaya cukup kondisi (ibu) sehat dulu, maka pakailah kontrasepsi,” kata Hasto dalam acara “Ber-B Secara Mudah dan Berkualitas Hanya dalam Satu Genggaman” yang diikuti secara daring di Youtube BKKBN Official di Jakarta, Minggu (26/9/2021).

Hasto menyebut Indonesia memiliki kurang lebih 4,8 juta hingga lima juta persalinan setiap tahun. Namun, kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang tidak direncanakan akibat banyaknya ibu yang belum menggunakan alat kontrasepsi.

Kehamilan yang tidak direncanakan tersebut, kata dia, tidak memberikan jarak kehamilan antara anak pertama dan kedua (birth to birth interval), sehingga dapat menciptakan permasalahan yang cukup serius bagi tumbuh kembang bayi, baik secara fisik maupun mental.

Secara mental, kata Hasto, dapat terjadi kecemburuan antaranak, karena perhatian ibu yang terbagi, baik kepada bayi yang baru lahir, juga kesehatan mental ibu sendiri. Kecemburuan tersebut membuat anak pertama menjadi tidak bahagia dan akan berpengaruh pada 1.000 hari kehidupan pertama (HPK).

Tidak adanya jarak kehamilan antaranak itu, juga dapat memunculkan kemungkinan anak menderita masalah mental (mental emotional disorder), terkena autisme serta terdampak stunting (anak lahir kerdil).

“Dari situ, segala gangguan di dalam kehidupan 1000 HPK sebelum usia dua tahun sangat mempengaruhi kualitas masa depan anak ini. Ingat! kalau tidak KB, tidak menjarangkan anak, tentu sangat serius dampaknya,” ujar dia.

Sedangkan untuk permasalahan fisik, akibat bayi mengalami kondisi kesehatan yang tidak optimal (sub optimal health) dan kondisi gizi yang tidak optimal (sub optimal nutritional), bayi tidak dapat tumbuh tinggi secara maksimal, kecerdasan anak terganggu dan rentan terkena penyakit.

Ia mengatakan ibu tidak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada berbagai jenis alat kontrasepsi, baik yang bersifat hormonal atau tidak, yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi ibu.

“Ada yang punya efek samping, yang justru mengenakkan. Karena, memakai kontrasepsi ada yang haidnya menjadi tidak sakit, ada yang jadi langsing, ada juga karena pakai kontrasepsi kulitnya bisa jadi halu,” kata dia menjelaskan berbagai manfaat yang dapat diberikan alat kontrasepsi saat ini.

Ia berharap setelah mengetahui pentingnya pemakaian alat kontrasepsi dan manfaat yang diberikan, ibu dapat menggunakan alat kontrasepsi yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan kualitas bayi yang lahir sebagai generasi masa depan.

“Itulah manfaat kontrasepsi yang saya kira perlu selalu disosialisasikan di masa-masa interval. Masa- masa kita harus memakai alat kontrasepsi,” kata Hasto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE