Logo BeritaSatu

7 Fraksi DPRD DKI Tidak Akan Hadiri Paripurna Interpelasi Formula E

Senin, 27 September 2021 | 16:58 WIB
Oleh : Yustinus Paat / YUD

Jakarta, Beritasatu.com- Sebanyak tujuh fraksi DPRD DKI Jakarta memastikan tidak akan menghadiri rapat paripurna soal interpelasi Formula E yang rencananya akan digelar besok, Selasa (27/9/2021). Pasalnya, agenda rapat paripurna interpelasi Formula E tersebut dinilai merupakan agenda ilegal, yang diselipkan oleh Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dalam rapat Badan Musyawarah DPRD DKI hari ini.

“Tujuh fraksi dan empat Wakil Ketua DPRD DKI menyatakan rapat paripurna yang digelar Selasa (28/9), tidak layak dihadiri, baik eksekutif maupun anggota DPRD DKI. Kami tidak akan hadir karena itu, tindakan illegal,” ujar Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra Mohammad Taufik yang mewakili tujuh fraksi DPRD DKI, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (27/9/2021).

Taufik menjelaskan, interpelasi Formula E merupakan agenda illegal karena agenda ini tidak ada dalam undangan Bamus DPRD DKI, namun diselipkan dalam agenda Bamus kemudian disahkan oleh Prasetio. Taufik pun menuding Prasetio telah melanggar tata tertib DPRD.

"lni kan, namanva bentuk pelanggaran tatib sendiri. Masa, tatib yang disahkan dan Pras (sapaan akrab Prasetio) mengetuk palunya, dia sendiri yang melanggar," tandas Taufik.

Dalam Pasal 80 ayat (3) Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tatib DPRD DKI, kata Taufik, jelas tertera bahwa surat undangan yang keluar wajib ditandatangani oleh Ketua DPRD DKI Jakarta dan setidaknya mendapat paraf dua Wakil Ketua DPRD DKI. Sementara interpelasi Formula E tidak ada sama sekali dalam agenda Bamus dan undangan terkait itu juga tidak ada paraf minimal 2 wakil Ketua DPRD DKI.

“Jadi, Ketua DPRD DKI melanggar aturan yang dibuat sendiri. Interpelasi tidak ada dalam undangan agenda. Aneh aja, kok bisa senafsu itu," tambah dia.

Menurut dia, semua pimpinan DPRD seharusnya bijak dalam menjalankan organisasi lembaga negara ini sesuai dengan tatib dan peraturan perundang-undangan. Pimpinan DPRD, kata dia, tidak boleh memberikan contoh tidak baik terhadap warga Ibu Kota, bahwa melanggar aturan itu hal yang lumrah. “Mari jaga muruah lembaga ini dan sayangi lembaga ini,” pungkas Taufik.

Sementara Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak membantah jika jadwal rapat paripurna soal interpelasi Formula E adalah agenda illegal karena jadwal tersebut sudah sesuai dengan tata tertib DPRD DKI Jakarta. Sesuai Tatib, kata dia, anggota Bamus berhak mengajukan agenda dalam rapat, di luar agenda yang dijadwalkan pimpinan.

“Tadi diminta pendapat kepada yang hadir (ada 7 fraksi) dan tidak ada penolakan. Tentunya itu bukan agenda yang dari pimpinan DPRD, tapi atas usulan anggota Bamus yang hadir. Krn tdk ada penolakan, maka diputuskan utk dijadwalkan besok,” tandas Gilbert.

Menurut Gilbert, tidak ada hal yang semena-mena dalam penentuan jadwal paripurna interpelasi Formula E tersebut. Yang terjadi, kata dia, adalah anggota Bamus yang mewakili fraksinya tidak menolak dan sebagian tidak hadir di rapat Bamus hari ini.

“Sesuai Tatib, tidak ada yang istimewa tadi. Jadwal juga hal yang sesuai Tatib, dan kalau tidak setuju, jangan berbicara hanya di media tetapi menggunakan forum paripurna sebagai forum tertinggi DPRD. Hal tersebut disampaikan dalam pandangan umum sikap fraksi tersebut. Ini sesuai tujuan berdemokrasi,” pungkas Gilbert.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE