Logo BeritaSatu

McAfee Enterprise: Ancaman Baru Keamanan Siber Berdatangan Lewat Email Bisnis

Selasa, 28 September 2021 | 09:44 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Akhir-akhir ini, pengguna Internet di seluruh dunia mulai banyak menerima email phishing maupun scam yang masuk ke dalam email pribadi maupun bisnis dalam berbagai bahasa, yang sering kali berbahasa Rusia, dan memiliki setidaknya satu lampiran atau tautan berbahaya di dalamnya. Jenis serangan awal ini dikenal sebagai serangan lewat email bisnis (Business Email Compromises/BEC).

Riset keamanan siber Intel 471 bersama dengan McAfee pun menemukan angka-angka mengkhawatirkan. Pasalnya, sepanjang 2020 hingga tahun ini, scam dan email phishing sejenis sudah menyebabkan kerugian sebesar US$ 1,8 miliar akibat dari peretasan, ransomware, maupun penyalahgunaan data pribadi, dan mewakili setidaknya 43% dari jumlah kerugian total akibat kejahatan siber.

Advertisement

Selain itu, studi lain menunjukkan bahwa di Kuartal III dan memasuki Kuartal IV-2021 ada peningkatan jumlah email phishing dan scam sejenis sebanyak 80% di seluruh dunia, dibandingkan dengan akhir tahun lalu. Alih-alih menyerang langsung kerentanan perangkat lunak perusahaan, kini pelaku kejahatan siber memilih untuk memasuki email para karyawan dari bisnis dan menggunakan jalur alternatif itu untuk melancarkan aksinya.

Dalam catatan McAfee Enterprise, sampai hari ini terdapat lebih dari 18.000 perusahaan global terkena dampak dari kerentanan perangkat lunak SolarWinds yang pertama kali ditemukan pada akhir 2020. Jumlah kerugian yang diderita perusahaan SolarWinds sendiri mencapai US$ 23 juta. Ada pun kerentanan pada SolarWinds terkait dengan sebuah sistem manajemen IT Orion dari SolarWinds yang memiliki celah keamanan (backdoor) sehingga peretas dapat mengambil alih sistem IT seluruhnya.

Di Indonesia, dampak kerentanan tersebut tidak banyak terlihat pada perusahaan lokal maupun multinasional. Salah satu hal yang membantu kesiapan dan ketahanan IT lokal adalah peran serta lembaga pemerintahan, yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang mengumumkan mengenai kerentanan ini terhadap 12 sektor industri dan bisnis Indonesia dalam laporan Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas) pada Kuartal I-2021.

Peningkatan Keamanan

Perlindungan pertama yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis adalah perlindungan taktis, dengan memonitor dan menyaring semua email yang masuk, dan memberi akses dokumen atau data hanya kepada pengguna yang berhak dan berada dalam perusahaan yang sama. Setelah itu, pelaku bisnis harus menerapkan berbagai kebijakan keamanan data dalam perusahaannya masing-masing dan meninjau ulang setiap titik hubungan antara sistem IT dengan dengan vendor-vendor yang digunakan.

“Pelaku kejahatan siber tidak hanya menyasar perusahaan besar, tapi juga perusahaan rintisan dan rumahan. Mereka menjebol perusahaan kecil untuk meretas perusahaan besar, karena bisnis masa kini saling terhubung lewat rantai komunikasi digital, email, cloud, dan lain sebagainya. Inilah mengapa ancaman ini disebut peretasan rantai pasokan (supply chain),” ujar Managing Director Asia McAfee, Jonathan Tan dalam siaran pers, Senin (27/9).

Dia menambahkan, di ruang lingkup yang lebih luas, setelah pelaku bisnis meningkatkan postur keamanan perusahaan mereka maka masih diperlukan campur tangan dari pemerintah, juga dalam rupa berbagai kebijakan terkait infrastruktur data dan informasi, contohnya menggunakan filosofi Zero Trust. Ancaman keamanan rantai pasokan ini tidak bisa hanya ditangani dari satu pihak saja, tapi harus diwaspadai oleh seluruh pelaku yang terlibat dalam rantai pasokan itu, dari hulu ke hilir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Menteri Luhut Tegaskan Bakal Tindak Pelaku Penimbunan MinyaKita

Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bakal menindak tegas oknum yang berani menimbun MinyaKita melalui Satgas Pangan Polri.

NASIONAL | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

Bersaing di Pasar Roda Dua, Tangkas Motor Listrik Buka 5 Showroom

EKONOMI | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE