Logo BeritaSatu

Bersama Almamater, Alumni IPB Dorong Keberhasilan Pertanian, Peternakan dan Perikanan di NTT

Selasa, 28 September 2021 | 10:30 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Kupang - Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) diharapkan bisa menopang keberhasilan pembangunan pertanian, peternakan, dan perikanan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu bisa dilakukan dengan mengoptimalkan kolaborasi bersama almamater dan seluruh jajaran IPB, jaringan alumni dari berbagai profesi, dan para pihak terkait lainnya.

Advertisement

Demikian disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Alumni (HA) IPB Fathan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/9/2021) yang merujuk pada diskusi terkait “Peluang dan Tantangan Industri Jatung di NTT”.

Diskusi digelar dalam rangka pengukuhan DPD HA IPB yang dipandu Sekjen Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) Heri Soba, dan menghadirkan Const Joel Tukan (Founder NTT Cerdas), Audy Joinaldi (Ketua Alumni Fakultas Peternakan IPB yang juga Wagub Sumatera Barat), Midzon Johannis dan Fauzi Tubat mewakili Syngenta Indonesia. Sedangkan Sekretaris Dewan Jagung Nasional Maxdeyul Sola juga hadir memberikan tanggapan dalam diskusi tersebut.

Menurut Fathan potensi alumni IPB dari berbagai profesi sangat bisa dioptimalkan untuk kesuksesan program pemerintah dari tingkat nasional hingga daerah.

Di tingkat daerah, seperti NTT, alumni IPB bisa mendorong suksesnya pembangunan pertanian, peternakan, dan perikanan. Hal itu bisa dilakukan dengan memperkuat jejaring komunikasi dan koordinasi sehingga ragam profesi dan bidang karya alumni IPB bisa disenergikan.

“Perlahan tapi pasti, konsolidasi alumni IPB ini diperkuat, bahkan hingga tingkat internasional. Kontribusi alumni IPB dari berbagai profesi bisa dioptimalkan melalui HA IPB hingga ke tingkat daerah, termasuk NTT,” ujar Fathan.

Ketua DPD HA IPB NTT Petrus M Bulu mengatakan pihaknya terus meningkatkan konsolidasi dan memperkuat jejaring agar NTT mandiri dalam pakan ternak bisa tercapai.

Sekalipun tersebar di berbagai bidang profesi, alumni IPB bisa menjadi fasilitator agar berbagai program di daerah bisa berhasil.

Ditambahkan pada April lalu, DPD HA-IPB NTT menyalurkan bantuan bagi korban bencana ke sejumlah wilayah di NTT yang difasilitasi juga oleh DPP HA IPB dan Dewan Guru Besar IPB.

“DPD HA IPB bisa menjadi simpul agar berbagai potensi alumni IPB secara nasional hingga seluruh NTT bisa dioptimalkan. Bahkan tidak saja melalui alumni, DPD dan DPP juga bisa memfasilitasi institusi kampus IPB serta para pelaku usaha,” ujar jebolan Murdoch University, Australia ini.

Sejumlah kegiatan, kata Petrus, khususnya pendidikan dan penelitian dari IPB sudah banyak dilakukan di NTT. Untuk itu, berbagai kajian yang ada perlu diimplementasikan.

Midzon yang juga alumni IPB sangat mendorong agar pengembangan pertanian, terutama jagung di NTT bisa berhasil dengan baik. Jagung merupakan salah satu komoditas yang bisa memenuhi kebutuhan konsumsi sekaligus menopang industri pakan ternak.

“Ini baru satu dari sejumlah komoditas yang bisa dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat NTT,” ujar Midzon.

Hal senada disampaikan Maxdeyul bahwa potensi pertanian lahan kering, khususnya jagung di NTT, sangat besar. Ketersediaan lahan dan pasar sebenarnya sudah ada, tinggal komitmen yang kuat dari semua pihak sehingga bisa diimplementasikan.

“Program-program yang sudah ada perlu diakselerasi lagi. Alumni IPB secara nasional dan khususnya di NTT bisa menjadi solusi untuk NTT, bisa dimulai dari gerakan tanam jagung panen sapi,” jelas Maxdeyul.

Dari laman http://nttprov.go.id disebutkan Tanam Jagung Panen Sapi menjadi salah satu program Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. Program ini adalah salah satu program di bidang pertanian lahan kering dan sangat sejalan dengan misi dari Gebernur NTT yakni NTT Bangkit, NTT Sejahtera.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

WNA kini sudah dapat mengajukan permohonan Visa Kunjungan Wisata dan Visa Kunjungan Pra-Investasi di website molina.imigrasi.go.id mulai Kamis, 26 Januari 2023

NEWS | 28 Januari 2023

Buaya Muara di Wisata Akar Seribu Jepara Kembali Lepas

Seekor buaya muara di objek wisata Akar Seribu, Kabupaten Jepara kembali lepas pada Jumat sore kemarin.

NEWS | 28 Januari 2023

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak Jumat siang hingga Jumat malam sudah empat kali mengalami erupsi.

NEWS | 28 Januari 2023

Firli Minta Dukungan Publik dalam Memburu Harun Masiku Cs

Ketua KPK Firli Bahuri meminta dukungan publik dalam memburu keberadaan para buronan, termasuk Harun Masiku.

NEWS | 28 Januari 2023

Polda Belum Pastikan Mobil yang Tabrak Mahasiswi hingga Tewas di Cianjur

Polda Jabar belum memastikan mobil yang tabrak lari mahasiswi bernama Selvi Amelia Nuraeni hingga tewas di Cianjur.

NEWS | 28 Januari 2023

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

Cukup Lewat Molina, WNA Bisa Langsung Ajukan Visa Kunjungan dan Perpanjangan

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE