Logo BeritaSatu

Kapolda Papua Minta Masyarakat Patuhi Prokes Selama PON XX

Jumat, 1 Oktober 2021 | 18:54 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jayapura, Beritasatu.com - Aparat kepolisian terus mengingatkan masyarakat maupun peserta PON XX Papua 2021 untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) agar Papua tidak menjadi klaster penularan Covid-19.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengakui antusiasme masyarakat Papua menyaksikan pertandingan harus dibarengi dengan penerapan prokes.

Advertisement

"Perlu dijelaskan kepada publik dan masyarakat Papua bahwa saat ini masyarakat Papua amat antusias dalam menonton pertandingan PON. Mereka bersyukur dapat menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON," jelas Kapolda saat memberikan keterangan pers di Media Center Kominfo PON Papua Kluster Kabupaten Jayapura di Grand Allison, Jayapura, Jumat (1/10/2021).

Beberapa kasus beberapa venue seperti cabang futsal dan sepak takraw yang penontonnya membludak juga sudah dibenahi oleh kepolisian dan PB PON.

Kapolda menerangkan, tugas pengendalian Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan bukan semata tanggung jawab Polda namun termasuk bagi masyarakat yang datang ke tanah Papua maupun bagi masyarakat Papua sendiri.

"Saya bersyukur kondisi sampai saat ini di Tanah Papua aman dan kondusif. Saya kebetulan ditugaskan oleh negara melalui PB PON untuk melaksanakan pengamanan di seluruh kegiatan PON XX Papua 2021," jelas mantan Wakapolda Papua tersebut.

Ia juga menegaskan pihaknya bersama jajaran TNI telah siap mengamankan acara pembukaan (opening ceremony) PON XX Papua. Diharapkan semua masyarakat bisa menyukseskan acara dan mematuhi segala peraturan yang sudah ditetapkan. "Kita
harus menunjukkan kepada masyarakat di belahan luar Papua bahkan luar (negeri) bahwa bisa melaksanakan acara PON dengan baik dan sukses," jelasnya.

Oleh karena itu, Polda Papua telah menggelar kekuatan pengamanan sejumlah 9.371 personel di seluruh klaster pertandingan PON Papua, baik di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Termasuk satu daerah
penyangga di Kabupatan Keerom.

Rinciannya sebanyak 3.000-an di Kota dan Kabupaten Jayapura. Sedangkan di Kabupaten Merauke dan Mimika masing-masing sekitar seribu lebih personil. Jumlah ini masih ditambah dukungan dari personil TNI.

Di samping itu, Polda Papua juga mendapatkan tambahan kekuatan dari pasukan Brimob se-Nusantara dan pengamanan daerah rawan oleh kesatuan TNI. Totalnya berjumlah sekitar 22.000 personel.

"Gelar pasukan tersebut demi terciptanya rasa aman, nyaman, dan damai selama berlangsungnya PON Papua," Mathius.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

Jasad dari tiga penyanyi rap yang hilang pada akhir Januari lalu telah ditemukan di ruang bawah tanah sebuah gedung apartemen.

NEWS | 4 Februari 2023

Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Ganjar Pranowo akan keliling enam eks kerasidenan di Jateng untuk menampung usulan masyarakat secara detail.

NEWS | 4 Februari 2023

Kuasa Hukum Tetap Yakin Sugeng Bukan Penabrak Mahasiswi di Cianjur

Yunyun Taraga, kuasa hukum Sugeng Guruh Gautama, tersangka kasus tabrak lari mahasiswi di Cianjur Selvi Amelia Nuraini, tetap yakin kliennya tidak bersalah.

NEWS | 4 Februari 2023

Suami Kapak Istri Gara Gara Sering Main Handphone

Seorang suami berinisial SRN (42), tega menganiaya dan kapak istrinya berinisial NH (33). Itu gara gara korban sering kepergok main handphone.

NEWS | 3 Februari 2023

Kementerian Perhubungan Bakal Bangun Dry Port di Bener Meriah

Kementerian Perhubungan menyatakan bakal membangun dry port di Kabupaten Bener Meriah, Aceh guna mendekatkan proses ekspor kepada pelaku usaha.

NEWS | 4 Februari 2023

99% Penduduk Punya Antibodi, Vaksinasi Covid-19 Tetap Penting

Vaksinasi Covid-19 booster kedua tetap penting dipenuhi, meski 99 persen penduduk telah memiliki kadar kekebalan tubuh terhadap risiko infeksi SARS-CoV-2.

NEWS | 4 Februari 2023

Geram, Warga Bogor Bubarkan Tawuran Pelajar yang Terjadi Tiap Jumat

Warga geram karena tawuran pelajar bandel seringkali terulang, khususnya tiap Jumat seusai bubaran sekolah.

NEWS | 3 Februari 2023

Bawa Sabu 1,9 Kilogram, Dua Kurir Narkoba Dibekuk Polisi

Dua orang kurir narkoba dibekuk lantaran kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu seberat 1,9 kilogram, yang disembunyikan di dalam kamar hotel.

NEWS | 3 Februari 2023

Mobil Pengiring Pengantin Terguling di Jombang, Belasan Penumpang Luka-luka

Sebuah mobil pengiring pengantin terguling di Jombang. Dalam kecelakaan tunggal itu, belasan penumpang mengalami luka-luka.

NEWS | 3 Februari 2023

BMKG: Waspadai Peluang Gelombang Tinggi, 4-5 Februari 2023

Masyarakat pesisir diminta untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 4-5 Februari 2023.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

Jasad 3 Penyanyi Rap yang Hilang Ditemukan di Ruang Bawah Tanah Detroit

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE