Logo BeritaSatu

Perempuan Diajak Jaga Kesehatan Reproduksi

Jumat, 1 Oktober 2021 | 23:15 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan merawat kebersihan area kewanitaan atau feminine hygiene. Hal ini merupakan salah satu yang harus diperhatikan oleh perempuan di Indonesia. Jika tidak ditangani dengan baik, area sensitif ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan reproduksi, termasuk keputihan, iritasi, dan infeksi saluran kemih (ISK).

Dokter Cynthia A Susanto, dalam webinar yang diselenggarakan Andalan Feminine Care menjelaskan, keputihan merupakan salah satu permasalahan kesehatan reproduksi yang paling sering dialami oleh perempuan.

“Ada dua macam keputihan, yaitu tipe fisiologis yang disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi dan juga tipe patologis, yaitu karena adanya infeksi seperti candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya," jelas Cynthia, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/10/2021).

Ditemui dalam acara yang sama, Sisilism, selaku Sexual Health Activist & Educator menjelaskan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi perempuan, yaitu On daily basis, pada saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah.

Kemudian, bersihkan sekresi cairan di bagian vulva dan menjaganya untuk tidak lembab serta mempertahankan pHnya agar seimbang. Apabila perlu, gunakan feminine wash khusus ketika dibutuhkan. Pilih yang tidak terlalu keras dan sudah teruji klinis. Keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi.

Bicara tentang kesehatan reproduksi, salah satu produk kesehatan reproduksi di Indonesia adalah Andalan Feminine Care. Tiga peran utama dari menjaga kesehatan reproduksi, adalah confidence yang dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan secara signifikan. Kemudian, happy, meningkatkan kebahagiaan bagi perempuan. Ketiga in control, dapat mengurangi dan mengontrol rasa takut dan cemas karena area kewanitaan selalu terjaga kebersihannya.

Kebutuhan
Menjawab akan kebutuhan produk Feminine Hygiene yang ideal, Cut Vellayati selaku Marketing Manager DKT Indonesia memperkenalkan prodak andalan Feminine Care Intimate Wash yang lebih segar.

“Kami menghadirkan rangkaian produk Andalan Feminine Care Intimate Wash dengan wajah baru yang lebih fresh dan modern, sebagai pembersih area kewanitaan bagi para perempuan aktif dan modern yang dapat membuat perempuan worryVree karena terbebas dari berbagai permasalahan kebersihan area kewanitaan," ujar Cut Vellayati.

Untuk membantu mengedukasi serta meningkatkan kualitas kebersihan area kewanitaan semua perempuan di Indonesia, Andalan Feminine Care ikut berperan serta dalam menyediakan sabun khusus area kewanitaan dengan kandungan berbagai bahan alami yang diformulasi secara khusus, antara lain prebiotics concept, natural active ingredients, dan clinically.

Selain itu, untuk mengajak perempuan Indonesia agar terlibat aktif terus bergerak dan menjalani aktivitas fisik yang sehat, Andalan Feminine Care menyelenggarakan kompetisi Melangkah Bersama Andalan. Dalam kompetisi ini, perempuan Indonesia ditantang untuk melakukan 10.000 langkah tiap hari untuk menjaga kesehatan fisiknya.

“Kompetisi yang yang kami buat sampai 30 September 2021 ini ternyata menuai respon positif dari perempuan Indonesia. Banyak sekali yang berpartisipasi, harapannya ini bisa menambah edukasi tentang kesehatan reproduksi di perempuan Indonesi,” kata Cut Vellayati.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE