Logo BeritaSatu

Berkat Dosen dan Mahasiswa UNJ, Anak-anak Bukit Duri Makin Kenal Bahasa Prancis dan Inggris

Minggu, 3 Oktober 2021 | 12:17 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Anak-anak yang tinggal di kawasan padat penduduk di Bukit Duri Tanjakan, khususnya yang tak jauh dari bantaran Sungai Ciliwung, makin mengenal bahasa Inggris dan Prancis. Ini tak lain karena adanya program pengabdian masyarakat oleh sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dalam beberapa kali pertemuan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita, Jakarta Selatan.

“Pada pengabdian masyarakat kali ini, proses belajar dibagi dua bagian. Pelajaran pengenalan bahasa Inggris diberikan di dalam rumah yakni di TBM, sedangkan pengenalan bahasa Prancis dilakukan di luar ruang, tepatnya di sebuah saung di dekat tanggul Sungai Ciliwung,” ujar Koordinator Program Studi Bahasa Prancis, Subur Ismail, yang memimpin rombongan dosen dalam pengabdian masyarakat di TBM Bukit Duri Bercerita, akhir pekan ini.

Advertisement

Subur Ismail mengatakan, proses pengenalan bahasa Prancis di tengah masyarakat kelas menengah ke bawah punya arti sangat dalam. Sebab anak-anak sejak dini mengetahui bahasa ini, bahkan saat pembelajaran berlangsung, memancing masyarakat sekitar yang menyaksikan ingin tahu soal bahasa Prancis yang merupakan bahasa dunia.

“Kami berharap, kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dan anak-anak semakin bersemangat membaca dan belajar bahasa asing, khususnya bahasa Prancis, juga Inggris,” ujar Subur melalui keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Minggu (3/9/2021).

Peran yang penting juga dilakukan pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih. Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, dia menjelaskan kepada anak-anak dan masyarakat sekitar tempat belajar bahwa menguasa bahasa asing, khusunya bahasa Prancis dan Inggris memberi manfaat berlimpah di kemudian hari.

Dosen Bahasa Prancis, Ratna, juga punya kesan yang mendalam atas pelaksanaan pengabdian masyarakat di Bukit Duri, khususnya di TBM yang didirikan pasangan Safrudingsih dan Suradi .“Apa yang saya ikuti di TBM ini, juga sebelumnya, membuktikan bahwa pengabdian masyarakat benar-benar bermanfaat baik bagi perguruan tinggi maupun masyarakat. Buktinya, mengenal dasar-dasar bahasa Inggris dan Prancis di perkampungan padat, cukup menyenangkan,” ujar Ratna.

Ratna juga menangkap semangat dan keinginan anak-anak Bukit Duri untuk memahami dan menguasai bahasa asing ini. "Semoga saja kelak mereka mau belajar bahasa Prancis dan juga Inggris dengan serius sebagai modal untuk meraih kemajuan," katanya.

Begitu juga dosen bahasa Prancis lainnya yang datang ke TBM, Yusi Asnidar. Mengenal dan berinteraksi dengan masyarakat Bukit Duri tempat kami melakukan pengabdian masyarakat merupakan hal yang menarik. Apalagi antusiasme anak-anak dalam belajar bahasa asing sangat tinggi.

“Kami berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini terus berlangsung. Kami pun memberikan apresiasi pada Ibu Safrudiningsih dan Pak Suradi yang selama ini membina anak-anak di TBM Bukit Duri Bercerita,” kata Yusi.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, yang memberi materi pengenalan bahasa ini kepada anak-anak Bukit Duri, Sekar Damarati mengatakan, respons anak-anak di luar dugaan, sangat senang dan bersemangat belajar bahasa Prancis, meski masih sebatas dasar.

“Mereka juga cepat mengerti, dan ingat pelajaran sebelumnya. Ini yang membesarkan kami sebagai pengajar. Bukan tidak mungkin jika mereka tekun mempelajarinya, suatu ketika akan maju,” kata Sekar.

Begitu juga kesan pengajar lain, Rina Wulandari. Mahasiswa tingkat IV UNJ ini amat terkesan dengan respons anak-anak Bukit Duri. “Elemen pelajaran yang kami berikan seperti mengenal nama, mengucapkan salam, menyebut umur, tempat tinggal dan hobi. Mereka pun bersemangat mengucap salam dalam bahasa Prancis, bonjour,” ucap Rina.

Proses pembelajaran yang di luar kebiasaan yakni di luar ruang dan di tengah masyarakat, makin mengasyikkan karena diselingi dengan banyakpermainan (games). “Ingin rasanya kami terus mengajar mereka agar pandai bahasa Prancis. Semoga ini masih berlanjut terus,” tambah Rina.

Sungguh Luar Biasa
Suasana riuh, menyenangkan juga muncul di dalam TBM saat dosen bahasa Inggris UNJ, Ati Sumiati memberikan pelajaran. Dengan metode yang atraktif dan komunikatif, anak-anak bersemangat mengenal dasar bahasa Inggris, sesekali dengan menyanyi.

“Ketika kami mengajarkan, respons mereka sangat cepat untuk menirukan dan menjawab beberapa pertanyaan. Apalagi ketika diminta untuk bernyanyi dengan bahasa Inggris dari bahan ajar, semangat untuk maju dan mencoba muncul. Meski lelah, kami sangat puas,” ucap Ati Sumiati.

Menurut Ati, model pengabdian masyarakat ini sangat tepat sasaran. Meski tingkat sosial ekonomi di bawah rata-rata, tapi anak-anak punya semangat dan cita-cita tinggi. “Ini modal bagi mereka. Kami pun banyak belajar dari semangat mereka untuk maju,”tambahnya.

Sementara itu pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih mengatakan, TBM yang dikelolanya terbuka untuk menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, demi tercapainya tujuan gerakan literasi. Utamanya anak-anak dan remaja, juga orang tua mereka makin sadar pentingnya membaca, menulis, dan belajar berbagai keterampilan

Di TBM, kami kenalkan, kami ajarkan, dan terus kami sosialisakan soal ini,” kata Safrudiningsih.

Usai acara pengabdian masyarakat, atas nama dosen UNJ, mereka memberikan sumbangan bantuan untuk pembelian buku, yang secara simbolis diserahkan ubur Ismail kepada pendiri TBM Bukit Duri Bercerita Safrudiningsih.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahasiswa UI Hasya Tewas Ditabrak Malah Tersangka, Polda Metro: Kelalaian Korban Sendiri

Polda Metro Jaya menjelaskan alasan ditetapkannya tersangka mahasiswa UI M Hasya Athalah yang tewas diduga ditabrak oleh pensiunan polisi.

NEWS | 27 Januari 2023

Lakukan Ini untuk Jaga Keamanan Rekening Bank

OJK mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi demi keamanan rekening bank.

NEWS | 27 Januari 2023

Pengurus Soksi Siap Menangkan Partai Golkar di Pemilu 2024

Ketua Umum Soksi Ali Wongso Sinaga menegaskan komitmen Soksi untuk memenangkan Partai Golkar di Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 27 Januari 2023

Tuntut Agus Nurpatria 3 Tahun Penjara, Jaksa: Coreng Institusi Polri

JPU menuntut Agus Nurpatria dijatuhi hukuman tiga tahun penjara karena merintangi penyidikan pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Dituntut 2 Tahun Penjara, Ini Hal yang Memberatkan Chuck Putranto

JPU menuntut Chuck Putranto dipenjara dua tahun karena terlibat dalam perintangan penyidikan tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Agus Nurpatria Dituntut 3 Tahun Penjara

JPU hukuman 3 tahun pidana penjara terhadap Agus Nurpatria kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Pipa Gas Negara di Tangerang Meledak, 4 Rumah Warga Rusak

Empat rumah rusak akibat pipa Gas Negara (PGN) di Perumahan Wisma Harapan, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang meledak.

NEWS | 27 Januari 2023

Rumah Kos di Otista Hangus Terbakar

Satu unit rumah berlantai dua yang dijadikan tempat indekos di Jalan Otista Raya 78 terbakar pada Jumat (27/1/2023).

NEWS | 27 Januari 2023

Zona Nyaman Bikin AHLAK PNS Rendah, Menpan RB: Kultur Ini Harus Diubah!

Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas menyinggung perilaku ASN yang berada di zona nyaman dan tidak mau berubah.

NEWS | 27 Januari 2023

Kebakaran Toko Agen Gas Elpiji di Duren Sawit, Kerugian Rp 1 Miliar

Gatot menjelaskan, sempat terjadi suara ledakan, saat toko agen gas elpiji dan briket batu bara itu terbakar pada Jumat pagi sekitar pukul 07.24 WIB.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengurus Soksi Siap Menangkan Partai Golkar di Pemilu 2024

Pengurus Soksi Siap Menangkan Partai Golkar di Pemilu 2024

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE