Logo BeritaSatu

Amily Hijab Angkat Payet dan Bordir Manual Khas Tasikmalaya

Senin, 4 Oktober 2021 | 09:18 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Tasikmalaya, Beritasatu.com - Selain kuliner dan tempat wisata, kota Tasikmalaya juga terkenal akan seni kerajinannya. Bukan hanya kerajinan tangan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, Tasikmalaya pun memiliki beragam produk fashionyang tidak kalah menarik, seperti pakaian yang dibuat menggunakan hiasan payet dan border manual misalnya.

Banyak orang yang mungkin berpikir bahwa bordir adalah hiasan pada pakaian yang dibuat menggunakan mesin, namun ternyata ada juga bordir yang dibuat secara manual. Tasikmalaya jadi salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan produk bordir manual berkualitas terbaik.

Melalui tangan-tangan kreatif warga Tasikmalaya, bordir menjadi sebuah kebanggan dan memiliki ciri khas tersendiri. Itu juga yang dilakukan oleh Amily Hijab, sebuah brand fashion muslimah yang menawarkan produk syar’i dengan sentuhan tradisional. Utamanya menggunakan payet dan bordir manual khas Tasikmalaya.

Amily Hijab dikelola oleh pasangan muda Ilham Mauluddin dan Najmi Nurul Haq. Memiliki semangat menyebarkan syiar kebaikan lewat hijab syar’i, pasangan muda ini dengan segala keterbatasan yang dimiliki mampu membawa Amily Hijab hingga bisa tampil di eventnasional Indonesia Fashion Week dari tahun 2017-2020.

Keterbatasan biaya tidak menghalangi niat Ilham dan Najmi untuk memulai bisnis ini. Tinggal di daerah dan minimnya akses ke supplier, justru membuat mereka semakin bersemangat untuk dapat beradaptasi dan mengembangkan bisnisnya hingga saat ini.

“Bagi kami bisnis adalah wasilah kebaikan, salah satunya semangat menyebarkan syiar hijab syar’i. Selain itu, bisnis dengan tujuan baik haruslah dimulai dengan cara yang baik dan dilakukan dengan proses operasional yang baik.” ungkap Najmi.

Bahkan di masa pandemi ini Amily Hijab tetap memberanikan diri membuka official store pertamanya di kota Bandung. “Saya dan suami yakin setiap sesuatu pasti ada sisi positifnya. Kami mencoba untuk bisa dekat dengan loyal customer,” tutur Najmi.

Dikutip dari akun Instagram@amilyhijab , produk fashion muslimah yang diproduksi Amily Hijab memiliki keunikan tersendiri. Produk yang mereka tawarkan tidak hanya memiliki filosofi yang menarik, tapi juga menggunakan sentuhan tradisional pada penggunaan payet dan bordir manual yang dihasilkan tangan-tangan kreatif pengrajinnya.

Salah satunya bisa kita temukan pada Belle Coat yang menjadi andalah Amily Hijab. Bordir 3 dimensi motif bunga Daisy pada aksen utamanya, menjadi daya tarik sendiri bagi para pecinta kerajinan tradisional. Teknik bordir manual khas Tasikmalaya yang digunakan Belle Coat ini memiliki daya jual tinggi dan mampu bersaing di pasar Internasional.

Sebagai sebuah brand yang menawarkan berbagai produk busana muslimah, Amily Hijab melibatkan banyak perempuan dalam proses produksinya. Tercatat lebih dari 30 perempuan pengrajin bordir manual dan payet, 100 perempuan diproduksi jahit dan 200 perempuan di kemitraan Amily Hijab.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Kabur, Satu Tahanan Lapas Pangkalan Bun Bawa Senjata Petugas

Seorang tahanan kabur dan diduga mencuri senjata petugas yang berisi enam butir peluru dari Lapas Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

BNPB: 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Awan Panas Guguran Semeru

Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah adanya luncuran awan panas guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

PVMBG: Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Capai 13 Km

PVMBG menyatakan, luncuran awan panas guguran Gunung Semeru di Jawa Timur mencapai lebih dari 13 km.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Jakarta Diimbau Pantau Potensi Cuaca Ekstrem

Warga Jakarta diimbau memantau potensi cuaca ekstrem. Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

NEWS | 4 Desember 2022

Ganjar Pranowo Yakin Target Pengangkatan Sejuta Guru Tercapai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yakin target pengangkatan satu juta guru yang dicanangkan pemerintah akan tercapai.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Seto Minta Pemain PSS Tidak Gugup Hadapi Bhayangkara FC

Liga 1: Seto Minta Pemain PSS Tidak Gugup Hadapi Bhayangkara FC

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE