Logo BeritaSatu

Nadiem: Lewat Kampus Merdeka, Semua Usaha Industri Jadi Universitas

Jumat, 8 Oktober 2021 | 07:44 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Badung, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, melalui program Kampus Merdeka semua usaha industri berkesempatan menjadi universitas selama satu semester atau hingga satu tahun (dua semester) bagi mahasiswa untuk belajar langsung di industri.

“Pendidikan vokasi mungkin dari dulu sudah ada magang, tetapi ini mungkin industri belum menyadari, industri tourism misalnya ingin merekrut 100 anak untuk ikut program Kampus Merdeka di perusahaannya, bisa dari Politeknik Negeri Beli atau dari universitas lain, nanti biaya transportasi anak tersebut akan dibayar pemerintah, fasilitatornya juga. Tapi anak yang telah dilatih tersebut, bisa langsung direkrut oleh industri,” ujar Nadiem acara dialog bersama siswa, guru, mahasiswa, dosen serta dunia usaha dan dunia kerja (DUDI) di Politeknik Negeri Bali, Badung, Bali, Kamis (7/10/2021).

Nadiem menyebutkan, lewat program Kampus Merdeka, mahasiswa mendapat 20 sistem kredit semester (SKS). Selanjutnya, Nadiem menuturkan, sejauh ini ada 300 perusahan telah bergabung dalam program Kampus Merdeka yakni setiap semester menerima 100 anak magang dengan kredit 20 SKS.

“Ada 20.000 anak sekarang yang melalui magang bersertifikat. Nah industri tourism Bali saatnya untuk jemput bola di sini karena progres luar biasa. Kami yang bayarin fasilitator full timenya tapi top ten bisa direkrut langsung oleh industri,” ucapnya.

Untuk itu, Nadiem menyebutkan, dengan adanya Kampus Merdeka, maka tanggungjawab pimpinan perguruan tinggi hadir sebagai marketing terhadap industri agar berpartisipasi.

Pada kesempatan sama, Nadiem juga menyoroti pendidikan vokasi. Dalam hal ini, Nadiem menuturkan, untuk mengatasi sejumlah tantangan vokasi, pihaknya melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) menghadirkan program SMK-D2 Jalur Cepat yang berbasis kerja sama dengan dunia kerja menjadi salah satu program yang dirancang untuk mengatasi sejumlah tantangan dalam pendidikan vokasi.

Program yang menjadi bagian dari Merdeka Belajar Vokasi yang masuk dalam fokus pendanaan yang disebut matching fund atau dana padanan industri dapat memanfaatkan dana tersebut untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan.

“Kita ingin semua berlomba mendapat matching fund. Industri banyak yang belum tahu tentang dana ini,” katanya.

Nadiem menjelaskan, industri yang berinvestasi dalam peningkatan kualitas sumber daya lulusan SMK melalui program D2 jalur cepat bisa mendapat dana padanan ini sesuai dengan nilai investasi yang dikeluarkan.

“Misalnya industri berinvestasi untuk membeli mesin, mendatangkan fasilitator full-time untuk melatih siswa dalam program ini, bisa mengajukan dana ini,” paparnya.

Dalam memperluas jangkauan program ini, Nadiem meminta agar pemangku kepentingan vokasi untuk ikut mempromosikan SMK-D2 kepada industri.

“Dengan adanya kerja sama yang melibatkan industri dalam pendidikan, termasuk kurikulumnya, bisa mempermudah penyerapan tenaga kerja lulusan vokasi. Itu cara untuk menjamin perusahaan untuk peduli. Kita peduli kelulusan kita diserap industri,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) I Nyoman Abdi mengatakan, program SMK-D2 Jalur Cepat di Bali disambut dengan sangat luar biasa. PNB mengusulkan 8 program studi (prodi) baru untuk program SMK-D2 Jalur Cepat.

“Karena sambutan dari SMK Pusat Keunggulan sangat luar biasa, juga dari DUDI, maka kami segera merealisasikan program ini,” jelasnya.

Abdi mengungkapkan, meskipun kedelapan prodi tersebut baru dibuka tahun depan, namun komunikasi untuk persiapan telah dilakukan sejak saat ini. Ia berharap, dengan adanya program SMK-D2 Jalur Cepat dapat menurunkan angka statistik pengangguran lulusan SMK.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

SEMESTA BOLA 2022 | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE