Logo BeritaSatu

Menko Luhut: Kasus Konfirmasi Harian Jawa dan Bali Turun hingga 98,9%

Senin, 11 Oktober 2021 | 17:16 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus konfirmasi Covid-19 harian di Pulau Jawa dan Bali terus menurun, hingga saat ini mencapai 98,9% dari puncaknya pada 15 Juli 2021.

Hal ini berdampak pada penurunan kasus konfirmasi harian secara nasional, yakni mencapai 98,4%. "Jumlah kematian terus alami penurunan, per 10 Oktober 39 kasus kematian nasional dan 17 kasus kematian di Jawa dan Bali,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers secara virtual, Senin (11/10/2021).

Advertisement

Untuk recovery rate Covid-19, Luhut mengungkapkan Indonesia berada di tingkat pertama di kawasan Asean. Recovery rate Indonesia jauh lebih baik dari Singapura, Malaysia dan Thailand.

Sementara itu, lanjut Luhut, tingkat vaksinasi lansia di Indonesia juga terus meningkat. Khusus untuk di Jawa-Bali, angka vaksinasi lansia sudah mencapai 40%.

“Syarat minimum cakupan vaksinasi lansia untuk penurunan level PPKM, mampu mendongkrak kecepatan vaksinasi lansia secara signifikan. Tingkat vaksinasi Jawa dan Bali sudah 40% pada 10 Oktober,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

Terjadinya lonjakan angka vaksinasi, maka sejak 13 September 2021 terjadi penurunan level PPKM hampir merata di wilayah Jawa dan Bali, dari level 3 ke level 2.

"Follow up hasil minggu ini syarat minimum penurunan level PPKM dari 3 ke 2 sejak 13 September mampu mendongkrak vaksinasi lansia secara signifikan, vaksinasi dosis satu sampai 40% per 10 Oktober, itu baik 8% sejak 13 September," terang Luhut Binsar Pandjaitan.

Lebih lanjut, Luhut menerangkan tidak ada peningkatan kasus konfirmasi signifikan di Jawa dan Bali seiring terjadinya mobilitas perhelatan PON XX di Papua. Kondisi baik ini, menurut Luhut, bisa dijadikan pengalaman atau pembelajaran untuk penyelenggaraan kegiatan olahraga nasional.

"Dalam penyelenggaraan PON XX tidak terjadi lonjakan kasus signifikan selama acara digelar. Pelaksanaan PON XX akan menjadi pembelajaran," papar Luhut Binsar Pandjaitan.

Ditegaskan Luhut, penanganan pandemi Covid-19 dalam PON XX Papua sudah dilakukan dengan cara terintegrasi. Sehingga tidak ada ledakan kasus yang terjadi. Seperti diketahui, sampai hari ini tercatat 80 orang yang terkena Covid-19 selama perhelatan PON XX.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE