Logo BeritaSatu

Kerusuhan di Yahukimo, Polisi Tahan 24 Tersangka

Senin, 11 Oktober 2021 | 17:50 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi menahan 24 tersangka terkait kasus kerusuhan atau penyerangan antarsuku yang mengakibatkan enam orang meninggal dunia di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

"Sampai saat ini masih 24 tersangka yang dilakukan penahanan," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Senin (11/10/2021).

Dikatakan Ramadhan, Polres Yahukimo dan Polda Papua terus melakukan kegiatan pengamanan untuk memastikan situasi dan kondisi aman di wilayah Yahukimo dan sekitarnya.

"Saat ini situasi di sana aman terkendali, terus kita melakukan kegiatan-kegiatan rutin seperti patroli yang tujuannya memastikan situasi kamtibmas aman dan terkendali," ungkapnya.

Ramadhan menyampaikan, masih ada warga yang mengungsi pascakerusuhan tersebut. Warga mengungsi di kantor polisi, gereja, dan markas Koramil.

"Untuk yang mengungsi masih ada dan kami masih mengamankan. Kami memahami mungkin masyarakat yang mengungsi belum kembali karena masih ada perasaan trauma. Tapi kami pastikan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Yahukimo dalam keadaan stabil dan aman. Saat ini kami termasuk mengamankan para pengungsi. Iya sama (jumlah pengungsinya)," katanya.

Diketahui, terjadi peristiwa penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali yang diduga dilakukan oleh kelompok masyarakat dari Suku Kimyal, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, sekitar pukul 12.45 WIT, Minggu (3/10/2021). Enam orang meninggal dunia dan 41 orang mengalami luka-luka dalam peristiwa itu.

Sempat tersiar kabar, peristiwa kerusuhan atau penyerangan itu diduga terkait dengan meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup, di salah satu hotel di Jakarta. Namun, polisi hingga saat ini belum memastikan apa motif atau latar belakang dari peristiwa itu.

Sebelumnya, polisi telah menangkap 22 tersangka dalam kasus kerusuhan atau penyerangan ini. Ditambah dua orang Mourome Busup (pelaku utama) dan Beto Ordias yang ditangkap Sabtu (9/10/2021), sehingga jumlah tersangka menjadi 24 orang.

Sementara itu, Polri menyatakan situasi keamanan sudah kondusif pascaperistiwa kerusuhan atau penyerangan antarsuku itu. Namun, sebanyak 3.609 orang masih mengungsi untuk berlindung di kantor polisi, gereja dan markas Koramil setempat sejak Rabu (6/10/2021) lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

Erick Thohir: Pariwisata Lokal Perlu Ditingkatkan

EKONOMI | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE