Logo BeritaSatu

Hampir 3 Minggu Surat PAW Viani Limardi Tak Kunjung Terbit, Ini Jawaban PSI

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:09 WIB
Oleh : Yustinus Paat / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Viani Limardi diberhentikan dari Partai Solidaritas Indonesia atau PSI sejak 25 September 2021 lalu. Meski demikian PSI tak kunjung menerbitkan surat pergantian antarwaktu atau PAW ke DPRD DKI Jakarta. Ada apa? Apakah pemberhentian Viani cacat hukum sehingga sulit bagi partai menerbitkan surat PAW?

Menurut Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, tidak ada masalah terkait PAW. Penerbitan surat PAW butuh waktu untuk menuntaskan proses administrasi.

“Ditunggu ya, saat ini masih diproses di internal partai untuk tanda tangan dan supaya proses administrasinya benar, secara redaksional dan administratif,” ujar Isyana kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Isyana memastikan, surat PAW tersebut tinggal menunggu tanda tangan Ketua Umum dan Sekjen PSI. Yang pasti, kata dia, pihaknya membuat surat PAW sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Tidak ada (masalah),” tandas dia.

Terkait calon pengganti Viani, kata Isyana, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada aturan yang berlaku. “Tinggal dilihat saja dari KPUD, tetapi yang jelas kalau untuk itu kita tunggu dan ikutin aturan saja,” kata Isyana.

Viani sendiri sebelumnya mengaku heran dan merasa aneh dengan sikap Dewan Pimpinan Pusat PSI karena surat PAW dirinya belum dikirim ke DPRD DKI hingga saat ini. Padahal, kata dia, PSI sudah memecatnya sejak tanggal 25 September 2021 lalu.

“Surat PAW, enggak tahulah dari partai (PSI) ke DPRD, kabarnya belum dikirim. Makanya saya juga bingung, hampir 3 minggu nggak dikirim-kirim, kenapa? Masih sayang kali sama saya,” ujar Viani saat dihubungi Beritasatu.com, Senin (11/10/2021).

Menurut Viani, dirinya sudah mendapatkan surat pemecatan dari PSI sehingga pihak sudah menyiapkan gugatan untuk melawan balik DPP PSI. Tak tanggung-tanggung, Viani menggugat PSI senilai Rp 1 triliun. “Sedang di proses, penyusunan berkas butuh waktu,” kata dia.

Secara terpisah, Plt Sekretaris DPRD DKI Augustinus juga mengatakan bahwa surat PAW terhadap Viani dari DPP PSI belum sampai ke DPRD DKI.

Jika surat PAW-nya sudah diterima, maka pihaknya akan meneruskan ke pimpinan DPRD untuk diteruskan ke Mendagri melalui Gubernur DKI Jakarta. Nanti, Mendagri yang memproses PAW-nya. “Iya, belum masuk surat PAW-nya,” tutur Augustinus saat dihubungi, Senin (11/10/2021).

Pengurus DPP PSI memberhentikan Viani Limardi sebagai anggota partai sejak 25 September 2021 lalu. Viani dinilai melakukan sejumlah pelanggaran. Ia dianggap tidak mematuhi Instruksi DPP PSI setelah melanggar peraturan sistem ganjil genap di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Kamis (12/8/2021).

Ia dinilai melanggar instruksi DPP PSI terkait keikutsertaan sekolah kader dan kelas bimbingan teknis PSI pada 16 Juli 2021.

Selain itu Viani juga dianggap tidak mematuhi instruksi pemotongan gaji untuk membantu penanganan Covid-19 dan dinyatakan telah menggelembungkan laporan anggaran reses.

"(Melanggar) Pasal 5 angka 3 Aturan Perilaku Anggota Legislatif PSI, karena adanya penggelembungan pelaporan penggunaan dana ABPD untuk kegiatan reses dan atau sosialisasi peraturan daerah yang tidak sesuai dengan riilnya yang telah dilakukan secara rutin atau setidak-tidaknya pada reses tanggal 2 Maret 2021 pada Jalan Papanggo 1 RT 01/RW02 Kelurahan Papanggo Kecamatan Tanjung Priok," tulis surat yang ditandatangani Ketua Umum PSI Grace Natalie Louisa dan Sekretaris Jenderal Raja Juli Antoni, pada 25 September 2021.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

UMP DKI Jakarta tahun 2023 naik sebesar 5,6 persen. Kenaikan itu menjadi Rp 4.900.798 dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.641.854.

NEWS | 28 November 2022

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022

Ini Pertimbangan Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Sejumlah organisasi profesi mempunyai beragam alasan untuk menolak penyusunan RUU Kesehatan Omnibus Law oleh Badan Legislasi DPR.

NEWS | 28 November 2022

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional.

NEWS | 28 November 2022

Diresmikan Jokowi Besok, BIN Persiapkan AMN Secara Optimal

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada besok Selasa, 29 November 2022.

NEWS | 28 November 2022

Fraksi PDIP: Draf RUU Kesehatan yang Beredar Bukan dari DPR

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR menerima para perwakilan organisasi kesehatan yang berdemontrasi di depan gedung DPR untuk menolak RUU Kesehatan.

NEWS | 28 November 2022

Agus Nurpatria Minta Peti Jenazah Terbaik Buat Brigadir J

Arif Rachman Arifin mengungkap soal permintaan Agus Nurpatria kepadanya. Agus meminta kepasa Arif agar dicarikan peti jenazah terbaik untuk Brigadir J.

NEWS | 28 November 2022

Saksi Ini Ungkap Momen Ferdy Sambo Menangis Lihat Foto Keluarga

Saksi Arif Rachman Arifin mengungkap momen saat Ferdy Sambo menangis ketika melihat foto keluarganya.

NEWS | 28 November 2022

Nelayan Dilibatkan dalam Pencarian 3 Kru Helikopter Polri yang Jatuh

Nelayan dilibatkan dalam pencarian 3 kru helikopter Polri yang jatuh di perairan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, Minggu (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Kasal Sematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR

Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR Puan Maharani di KRI Alugoro-405 saat berlayar ke Teluk Jakarta.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

NEWS | 42 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE