Logo BeritaSatu

PKB Terbuka Jalin Koalisi dengan Parpol Lain Hadapi Pilpres 2024

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:48 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, pihaknya terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai politik manapun untuk nantinya membicarakan kemungkinan berkoalisi menjelang Pileg dan Pilpres 2024. Hal ini lantaran nama-nama yang mencuat saat ini, ataupun partai politik pasti akan melakukan koalisi untuk mengusung capres atau cawapres.

"PKB tetap menjadi parpol terbuka, baik di pileg kita mengajak bersama-sama maju lewat PKB, juga untuk pilpres kami terbuka untuk mendapatkan saran, berkoalisi, untuk membangun agenda dengan partai lain,” kata Gus Jazil, sapaan Jazilul Fawaid dalam keterangannya, Selasa (12/10/2021).

Advertisement

Diakui Gus Jazil, usulan dari seluruh DPW PKB se-Indonesia dan sejumlah kiai menginginkan agar PKB mengusung ketua umum, Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 nanti. Usulan tersebut, kata Gus Jazil akan dibicarkan dengan parpol lainnya yang berkomunikasi dengan PKB.

”Kami tidak menutup diri PKB berkoalisi sampai hari ini. Arahnya ingin sekali dan menjadi keputusan usulan semua DPW bahwa Pak Muhaimin menjadi capres, tetapi itu nanti dibicarakan dengan parpol lain,” tutur Wakil Ketua MPR ini.

Pernyataan Gus Jazil ini menanggapi hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang memotret nama-nama yang potensial untuk dipilih sebagai capres.

Dalam simulasi pilihan semi terbuka, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapatkan dukungan 18,1%, disusul Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo 15,8%, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11,1%. Sementara Menparekraf Sandiaga Uno mendapatkan 4,8%, dan nama-nama lain di bawah 4%. Ada 16,3% yang tidak menjawab atau tidak tahu.

Gus Jazil menilai hal yang wajar jika elektabilitas Prabowo saat ini masih yang tertinggi, meskipun cenderung mengalami tren penurunan dari sebelumnya pada Maret 2020 sebesar 19,5%, turun menjadi 18,1% pada September 2021.

”2024 itu semua capres pasti wajah baru, tidak ada incumbent. Seandainya ada yang ikut lagi, itu orang yang berulang kali ikut, Pak Prabowo. Selebihnya belum pernah mencalonkan. Maklum saja Prabowo tertinggi tingkat popularitasnya karena sudah dua kali nyalon presiden,” katanya.

Dikatakan, Pemilu 2024 adalah rezim pemilu serentak. Dengan demikian, semua partai pasti berkeinginan untuk mengusung calon presiden atau calon wakil presiden. Sejauh ini, selain Prabowo, nama-nama ketua umum parpol lain belum ada yang menonjol sebagai capres.

Sebut saja nama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Golkar (Airlangga Hartarto), Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), PKB (Muhaimin Iskandar), PAN (Zulkifli Hasan), PKS (Ahmad Syaikhu), dan PPP (Suharso Monoarfa).

Atas kondisi itu, Gus Jazil menilai dalam 2,5 tahun ke depan akan terjadi banyak dinamika politik yang bakal berpengaruh terhadap elektabilitas calon maupun parpol. Untuk itu, Gus Jazil mengaku tak mempersoalkan elektabilitas Gus Muhaimin yang saat ini belum terlalu menonjol

”Saat ini ketum parpol yang sudah sangat serius berkampanye baru Airlangga. Pak Muhaimin pun belum terlalu serius. Kalau nanti kami sudah dapat instruksi yang serius, ya kita serius,” tuturnya.

.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Liga Premier Singapura Gunakan Teknologi VAR untuk Pertama Kalinya

Wasit di Liga Premier Singapura (SPL) akan mendapat bantuan ekstra di musim mendatang, dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

NEWS | 29 Januari 2023

Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

Hakim di pengadilan tinggi Nepal memutuskan mencopot jabatan wakil PM Nepal Rabi Lamichhana karena memiliki surat kewarganegaraan yang tidak sah.

NEWS | 29 Januari 2023

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 melanda Maluku, Sabtu (28/1/2023) malam pukul 22.47 WIB, menurut BMKG, gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

NEWS | 28 Januari 2023

Legislator Minta BPKH Susun Peta Jalan Pola Pembiayaan Haji

Legislator meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menyusun peta jalan atau roadmap pola pembiayaan haji.

NEWS | 28 Januari 2023

Soal Kemungkinan Biaya Haji Turun, Ini Respons Komnas

Komnas Haji mengatakan bahwa masih ada kemungkinan biaya haji tahun ini turun dari angka yang diusulkan oleh Kementerian Agama.

NEWS | 28 Januari 2023

Panel DPR AS Bakal Pemungutan Suara untuk Blokir Aplikasi TikTok

Sebuah panel DPR AS Komite Urusan Luar Negeri berencana untuk mengadakan pemungutan suara bulan depan yang bertujuan memblokir penggunaan TikTok

NEWS | 29 Januari 2023

Pernikahan Dini Penyumbang Angka Stunting di NTB

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  melakukan pencegahan stunting pada aspek pernikahan dini atau muda.

NEWS | 28 Januari 2023

Banjir Manado dan Tanah Longsor Menewaskan 5 Warga

Banjir Manado dan tanah longsor mengakibatkan 3.866 keluarga yang terdampak dan lima orang meninggal dunia.

NEWS | 28 Januari 2023

Malaysia Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Bandang

Peringatan potensi banjir bandang di tiga negara bagian dalam tempo 12 jam untuk tiga negara bagian di Malaysia.

NEWS | 28 Januari 2023

Komnas Harapkan Masalah Biaya Haji Tidak Dipolitisasi

Ketua Komisi Nasional Haji dan Umrah (Komnas Haji) Mustolih Siradj berharap isu biaya haji 2023 tidak dipolitisasi.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE