Logo BeritaSatu

Survei: 34% Orang Indonesia Tak Bersedia Divaksin Covid-19

Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:00 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Survei yang dilakukan oleh Johns Hopkins Center for Communication Programs memaparkan terdapat 34% masyarakat Indonesia yang tak bersedia divaksinasi Covid-19. Sementara itu jumlah yang lebih besar bersedia untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

Perwakilan Communication Science & Research, Johns Hopkins Center for Communication Programs Douglas Storey mengatakan, hasil survei dilakukan sejak Mei hingga September 2021 melalui Facebook dan telah mencapai 14 juta responden dari seluruh dunia dan data ini diperbaharui selama 2 minggu terakhir.

Menurut Douglas, dari hasil survei tersebut 67% bersedia divaksinasi, namun 34% tak bersedia. Data ini berdasarkan jenis kelamin, terlihat pria sedikit lebih bersikap negatif terhadap vaksin dibandingkan wanita dan kelompok lansia di atas 55 tahun masih terdapat 40% yang melaporkan kemungkinan tidak akan divaksin.

“Penyampaian pesan perlu difokuskan pada kelompok lansia ini dengan memperlihatkan hambatan mereka yaitu 44% takut akan efek samping dan 19% yakin mereka tidak memerlukan vaksin. Jadi program komunikasi harus ditekankan pada hal-hal hambatan atau keraguan mereka,” ucapnya saat diskusi daring tentang “Urgensi Percepatan Vaksinasi Kelompok Rentan, Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19”, Rabu (13/10/2021).

Sebagai informasi, dashboard survei vaksin dan perilaku Covid-19 ini merupakan kolaborasi John Hopkins Center for Communication Programs dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Global Outbreak Alert and Response Network (GOARN), University of Maryland dan Carnegie Mellon University Delphi Group.

Douglas menyebutkan, alasan keraguan responden yakni 49% beralasan cemas tentang efek samping dan 37% menunggu untuk melihat apakah vaksin aman. Untuk itu, ia mendorong agar penyampaian pesan perlu difokuskan pada keamanan vaksin yang telah terbukti dengan efek samping dari vaksin.

Douglas menambahkan, dalam 5 bulan terakhir ini semakin bertambah persentase responden yang belum divaksin ingin mendapatkan vaksin. Tercatat sebesar 33% responden menjawab berusaha mendapatkan vaksin.

Dikatakannya, responden yang mencoba mendapatkan vaksin ini melaporkan ada beberapa hambatan diantaranya; tidak bisa mendapat janji untuk waktu vaksin 19%, kesulitan meninggalkan pekerjaan 19%, tidak memenuhi syarat 17%, kesulitan pergi ke tempat vaksin 14%, dan tidak dapat vaksin yang diinginkan 9%.

“Penting untuk mengatasi hal tersebut dengan pesan -pesan atau mungkin perubahan aturan/ kebijakan yang menghubungkan akses dan supply,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE