Logo BeritaSatu

Ransomware Menyasar Perusahaan Jasa, Manufaktur, dan Lembaga Pemerintahan

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:15 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – McAfee Enterprise merilis laporan mengenai ancaman siber terbaru “Advanced Threat Research Report: October 2021,” yang mengulas aktivitas kriminal siber terkait ransomware dan ancaman keamanan cloud di Kuartal II-2021.

Seiring dengan semakin fleksibelnya pola kerja kantoran dan terungkapnya metode serangan terhadap perusahaan Colonial Pipeline di Amerika Serikat (AS), kini penjahat siber menciptakan jenis ancaman dan taktik baru untuk menyerang berbagai lembaga vital meliputi pemerintahan, jasa keuangan dan juga hiburan. Bahkan, serangan terhadap Colonial Pipeline ini sempat menyebabkan terjadinya kelangkaan suplai bahan bakar fosil di AS.

Advertisement

Setiap kuartal, McAfee mengamati lansekap ancaman siber di dunia menggunakan riset dan analisa mendalam berdasarkan data yang dikelola oleh McAfee Global Threat Intelligence cloud yang didapatkan dari miliaran sensor yang ditempatkan di berbagai vektor ancaman di dunia.

Ransomware sudah berkembang jauh melampaui pendahulunya, dan para penjahat siber sudah semakin pintar dan lincah dalam mengubah taktik mereka, selain itu juga muncul para aktor jahat baru di balik serangan-serangan ini. Nama-nama seperti REvil, Ryuk, Babuk dan DarkSide sudah mulai terdengar di publik, dan dikaitkan dengan gangguan keamanan siber yang terjadi di berbagai belahan dunia. Dampaknya, para penjahat siber ini berhasil mendapatkan jutaan dolar dari korbannya,” ujar Raj Samani, McAfee Enterprise fellow dan chief scientist, dalam siaran pers Jumat (15/10).

Sumber dari kemunculan jenis serangan dan ransomware baru itu pun telah terungkap, yaitu forum underground yang terkenal di internet, antara lain XSS dan Exploit, dan berbagai grup ransomware yang tergabung dalam forum ini, seperti DarkSide dan BlackMatter.

Dalam catatan serangan siber Kuartal II-2021 terlihat:

  • Ransomware Mendominasi – Sektor yang menjadi sasaran utama ransomware adalah lembaga pemerintahan, diikuti berbagai badan usaha milik negara seperti telekomunikasi, energi, serta media dan komunikasi. Ransomware yang paling sering terdeteksi berasal dari keluarga REvil/Sodinokibi, dengan 73% dari seluruh serangan ransomware di Kuartal II-2021.
  • Vektor Serangan – Teknik yang paling sering digunakan adalah malware. Spam menunjukkan peningkatan paling besar yaitu 250% dibanding kuartal sebelumya, terutama lewat email, diikuti dengan Script Jahat (125%) dan Malware (47%)
  • Sektor Yang Diserang – McAfee Enterprise mendeteksi peningkatan serangan paling besar (64%) terhadap sektor publik, diikuti dengan hiburan (60%). Terlihat juga bahwa serangan terhadap sektor informasi/komunikasi menurun 50%, dan manufaktur menurun 26% dibanding kuartal sebelumnya
  • Wilayah Serangan – AS dan Eropa menderita serangan terbanyak, dengan peningkatan terbesar di Eropa sebesar 52% dibanding kuartal sebelumnya.

Dampak Covid-19 terhadap Dunia Kerja

Pada Kuartal II-2021, semakin banyak kantor yang menyesuaikan sistem keamanan layanan cloud mereka dengan pola kerja fleksibel para karyawannya, dan hal ini membuka celah baru bagi para penjahat siber.

“Pelaku bisnis harus mulai mengadopsi sistem keamanan baru yang bisa mengimbangi pola kerja fleksibel dan terpencar-pencar, semisal menggunakan pendekatan zero-trust, atau mulai dari langkah mudah misalnya memberikan pemahaman akan ancaman keamanan siber kepada para karyawannya yang sehari-hari menggunakan layanan cloud untuk bekerja,” kata Managing Director Asia di McAfee Enterprise, Jonathan Tan.

Menurut data McAfee Enterprise Research, di kuartal lalu, bidang-bidang paling terdampak di 10 negara – AS, India, Australia, Kanada, Brasil, Jepang, Meksiko, Inggris, Singapura dan Jerman – yang dalam pengamatan:

  • Layanan jasa keuangan/finansial, merupakan sektor yang paling sering mengalami serangan cloud, diikuti sektor kesehatan, manufaktur, ritel dan jasa profesional
  • Layanan jasa keuangan ini menjadi sasaran lebih dari 50% serangan cloud yang terjadi, terutama di negara AS, Singapura, Tiongkok, Perancis, Kanada dan Australia
  • Di AS, serangan cloud terhadap berbagai sektor vital mencapai 34% dari keseluruhan serangan keamanan siber, sedangkan di Inggris menurun 19%.
  • Serangan siber terbanyak dilaporkan di AS, mencapai 52% dari seluruh serangan di dunia, diikuti negara lainnya yaitu India, Australia, Kanada dan Brasil.
  • Dunia teknologi kesehatan juga terdampak, ketika McAfee Enterprise berhasil mengungkap adanya celah keamanan di perangkat medis jenis pompa infus Infusomat Space Large Pump, dan SpaceStation merek B.Braun.


Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibunya Tewas, Bayi Baru Lahir Selamat dari Puing-puing Gempa Dahsyat

Keajaiban setelah bayi baru lahir ditemukan dalam kondisi selamat dari puing-puing akibat gempa dahsyat di sebuah rumah di Suriah utara.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Keren! Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera

Qoala Plus sebagai unit bisnis insurtech Qoala mencatat pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah Sumatera.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Catat Kredit Macet 21 Fintech Lending di Atas 5 Persen

Sebanyak 21 penyelenggara fintech lending mencatat pembiayaan bermasalah atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP 90) di atas 5%.

EKONOMI | 7 Februari 2023

Alasan Ekonomi Jadi Motif Anggota Densus 88 Bunuh Sopir Taksi Online

Polisi tidak menjelaskan lebih rinci ada kesulitan apa sehingga HS, oknum anggota Densus 88 itu gelap mata melakukan pembunuhan terhadap sopir taksi online.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Mardiono Sowan ke Ponpes Sukahideng, PPP Diminta Dekati Kiai dan Masyarakat

Muhamad Mardiono mengatakan dengan mendekatkan diri kepada masyarakat dan kiai maka PPP diharapkan bisa mendengar serta menyerap aspirasi yang ada.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Daftar Obat Aman Dipertanyakan

Seiring munculnya kasus baru gagal ginjal akut, Tim Advokasi untuk Kemanusiaan meminta daftar obat aman yang dirilis BPOM harus diperiksa kembali.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Kasus Diabetes Anak Melonjak, IDI Tekankan Pentingnya Edukasi Masyarakat

Diperlukan edukasi bagi masyarakat terkait bagaimana skrining untuk penyakit diabetes khususnya pada anak agar tidak terjadi peningkatan kasus secara signifikan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Marein Cetak Laba Bersih Rp 64,90 Miliar Sepanjang 2022

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein/MREI) berhasil mencetak laba bersih Rp 64,90 miliar pada tahun 2022

EKONOMI | 7 Februari 2023

Ditangkap Densus 88, Tersangka Pembunuh Sopir Taksi Online Ditahan di Polda Metro

Pelaku anggota Densus 88 ditangkap sekitar pukul 16.30 WIB sore di kawasan Bekasi, Jawa Barat tak lama setelah jasad sopir taksi online ditemukan.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Indef Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2023 Bakal Meredup

Indef memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2023 berada pada kisaran 4,7 persen hingga 4,9 persen.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Golkar-PKS Sepakat Pemilu Tetap Dilaksanakan 14 Februari 2024

Golkar-PKS Sepakat Pemilu Tetap Dilaksanakan 14 Februari 2024

BERSATU KAWAL PEMILU | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE