Logo BeritaSatu

Ditangkap KPK, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Miliki Harta Rp 38 Miliar

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:24 WIB
Oleh : Fana F Suparman / EHD

Jakarta, Beritasatu - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan telah menangkap Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin dan lima orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat (15/10/2021).

Dodi Reza dan lima orang lainnya yang merupakan ASN di lingkungan Pemkab Muba dibekuk lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap terkait pengadaan barang dan jasa infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel. Saat ini, Dodi Reza dan lima orang lainnya sedang dibawa ke Jakarta untuk diperiksa intensif di Gedung Merah Putih KPK.

Advertisement

Dodi Reza yang merupakan anak sulung mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin itu menjabat sebagai Bupati Muba sejak 2017.

Dodi Reza memiliki harta sekitar Rp 38,4 miliar atau tepatnya Rp 38.464.418.969. Hal ini diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang terakhir kali diserahkan Dodi Reza kepada KPK pada 31 Maret 2021 untuk laporan periodik tahun 2020.

Dikutip dari situs elhkpn.kpk.go.id pada Sabtu (16/10/2021) pagi, Dodi tercatat memiliki harta berupa enam bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Palembang, Jakarta Selatan, Bandung hingga Australia. Tanah dan bangunan milik mantan anggota DPR itu ditaksir mencapai Rp 31.500.000.000.

Selain itu, Dodi juga mengaku memiliki satu unit mobil Porsche sedan tahun 2012 senilai Rp 300.000.000. Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 600.000.000, serta surat berharga Rp 2.000.000.000, kas dan setara kas Rp 5.964.418.969.

Dalam LHKPN itu, Dodi mengaku mempunyai utang sejumlah Rp 1.900.000.000. Dengan demikian, harta kekayaan Dodi secara total senilai Rp 38.464.418.969.

Sebelumnya, Plt Jubir KPK, Ali Fikri membenarkan Dodi Reza Alex Noerdin turut ditangkap dalam OTT pada Jumat (15/10/2021) malam. Selain Dodi Reza, tim satgas KPK juga menangkap sejumlah pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Muba lainnya.

"Sejauh ini ada sekitar enam orang diantaranya Bupati Kabupaten Muba (Musi Banyuasin) dan beberapa aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba," kata Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (16/10/2021).

Setelah diamankan, Dodi Reza dan lima orang lainnya sempat dimintai keterangan tim satgas KPK di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel). Setelah pemeriksaan di Kejati Sumsel, saat ini, keenam orang itu sedang dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK.

"Informasi yang kami peroleh, tim selesai melakukan pemeriksaan beberapa pihak dimaksud di Kejaksaan Tinggi Sumsel dan akan segera dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan," katanya.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Dodi dan lima orang lainnya. KPK akan menyampaikan secara rinci OTT tersebut, termasuk konstruksi perkara dan barang bukti yang disita dalam konferensi pers yang rencananya digelar malam ini.

"Perkembangannya akan diinfokan," kata Ali.

Dodi dan lima orang lainnya dibekuk tim Satgas KPK lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap terkait pengadaan barang dan jasa infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel. Tim Satgas juga turut menyita sejumlah uang yang diduga barang bukti transaksi haram tersebut.

Dodi Reza Alex Noerdin merupakan anak sulung mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Alex yang juga mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode saat ini ditahan Kejaksaan Agung di Rutan Salemba atas dua kasus korupsi.

Kedua kasus korupsi yang menjerat Alex, yakni dugaan korupsi dana hibah dari dana APBD Provinsi Sumatera Selatan tahun 2015 dan tahun 2017 kepada Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya Palembang terkait pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang serta kasus dugaan korupsi dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan tahun 2010-2019.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

BMKG mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk waspada dan siap-siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

NEWS | 27 Januari 2023

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta dana pengembangan madrasah dikelola profesional dan hati-hati.

NEWS | 27 Januari 2023

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE