Logo BeritaSatu

“Hallyu”, Ada 20 Kata Korea Kini Masuk ke Kamus Bahasa Inggris Oxford

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:27 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

London, Beritasatu.com - Gelombang Korea tampaknya menyapu dunia. Kini, sebanyak 20 kata asal Korea telah ditambahkan ke kamus bahasa Inggris atau Oxford English Dictionary (OED) dalam edisi pembaruan September.

Selama dua dekade terakhir, budaya pop Korea Selatan (Korsel) telah menghasilkan hiburan yang didambakan oleh jutaan penggemar, dari K-pop yang ditambahkan ke OED pada tahun 2016 hingga film "Squid Game," drama fiksi Korea Selatan yang disebut oleh Netflix sebagai pertunjukan terbesarnya.

Orang Korea menggunakan istilah "hallyu" untuk menggambarkan fenomena tersebut, yang mengacu pada "gelombang Korea" hiburan yang telah melanda Asia dan sekarang sebagian besar dunia, dan sekarang kata ini telah ditambahkan ke OED.

Makanan juga menonjol dalam pembaruan, termasuk "banchan," lauk kecil sayuran, disajikan bersama nasi sebagai bagian dari makanan khas Korea, "bulgogi," yang merupakan irisan tipis daging sapi atau babi yang diasinkan dan dipanggang atau tumis, dan "dongchimi," sejenis kimchi yang dibuat dengan lobak dan biasanya juga mengandung kubis napa.

"Hanbok," kostum tradisional Korea yang dikenakan oleh pria dan wanita, "aegyo," sejenis kelucuan atau pesona yang dianggap khas Korea, dan "mukbang," sebuah video yang menampilkan seseorang yang makan dalam jumlah besar dan berbicara dengan penonton, juga termasuk dalam penambahan di kamus edisi bulan September.

Kemudian ada kata "K-drama," sebuah serial drama televisi berbahasa Korea atau istilahnya drakor di Indonesia juga ditambahkan.

“Kita semua sedang menaiki gelombang Korean, dan ini bisa dirasakan tidak hanya dalam film, musik, atau fashion, tetapi juga dalam bahasa kita, terbukti dari beberapa kata dan frasa asal Korea yang disertakan dalam update terbaru. dari Oxford English Dictionary," kata OED dalam sebuah pernyataan.

"Penerapan dan pengembangan kata-kata Korea ini dalam bahasa Inggris juga menunjukkan bagaimana inovasi leksikal tidak lagi terbatas pada pusat-pusat tradisional bahasa Inggris di Inggris dan Amerika Serikat, mereka menunjukkan bagaimana orang Asia di berbagai belahan benua menemukan dan bertukar kata dalam bahasa Inggris. konteks lokal mereka sendiri, kemudian memperkenalkan kata-kata ini ke seluruh dunia berbahasa Inggris, sehingga memungkinkan gelombang Korea untuk terus beriak di lautan kata-kata bahasa Inggris, "tambah OED.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022

Tiga Jenazah Awak Helikopter Polri NBO-105 P-1103 Ditemukan

Jenazah ketiga dari awak helikopter Polri NBO-105 P-1103 yang mengalami kecelakaan di perairan Belitung Timur berhasil ditemukan, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

KPK Sebut Banyak Sekolah Rusak Akibat Tindak Pidana Korupsi

KPK menyatakan bahwa salah satu masalah yang timbul karena tindak pidana korupsi yakni banyaknya fasilitas sekolah yang rusak.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE