Logo BeritaSatu

Jelang Sumpah Pemuda, Ini Pesan Basuki Tjahaja Purnama untuk Generasi Muda

Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:23 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FMB

Surabaya, Beritasatu.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) membeberkan alasannya terjun ke dunia politik dari semula menjadi pengusaha, mulai menjabat Bupati Belitung Timur hingga Gubernur DKI Jakarta. Ia ingin lebih banyak membantu masyarakat dan memberantas ketidakadilan.

BTP tampil sebagai narasumber dalam webinar Sarasehan Kebangsaan dengan tema "Comeback Stronger" dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh Young Buddhist Association, Sabtu (16/10/2021) malam.

"Yang pasti kalau kita jadi pengusaha, ingin bantu orang itu terbatas. Misalnya, orang tidak mampu atau miskin datang minta pertolongan itu bermacam-macam. Jadi kalau jadi pengusaha itu bisanya bantu ya terbatas," kata Ahok panggilan akrabnya.

BTP pun berpesan kepada generasi sekarang agar tidak berhenti menolong orang karena menolong orang adalah sebuah kesempatan yang belum tentu dapat terulang.

“Jadi kalian jangan pernah lelah, apalagi berhenti untuk menolong orang. Karena kesempatan (menolong) itu belum tentu terulang. Menolong orang adalah kesempatan,” ujarnya, mengingatkan genarasi milenial akan perlunya kejujuran dan keadilan dalam menyelesaikan berbagai masalah.

“Prinsip itu yang harus kita punya. Saya selalu yakin banyak orang yang berdiri untuk kebenaran. Keadilan dan kejujuran ini adalah prinsip yang harus kita pegang. Itu prinsip yang jangan sampai diabaikan,” tuturnya.

BTP juga menekankan agar anak-anak muda sekarang selalu melihat sesuatu dengan perspektif atau sudut pandang yang benar dalam menyelesaikan masalah. “Prinsip itulah yang harus dipegang anak-anak muda dalam menghadapi tantangan kehidupan,” tandasnya.

Narasumber lain dalam webinar itu, YM. Bhante Jayamedho, Thera, yang juga Padesanayaka Sangha Theravada Indonesia, Jawa Timur menyampaikan, kejujuran adalah bagian terpenting dari seorang beragama. “Karena integritas atau kejujuran ini bagian dari ajaran agama. Termasuk jangan pernah merugikan orang lain atau manusia, tapi juga tumbuhan, binatang dan alam. Sayangnya banyak negara-negara yang kelihatannya beragama, tapi kemajuan, kesejahteraan, keadilan dan kejujurannya masih dipertanyakan," ujarnya.

Oleh karena itu, di momen peringatan Sumpah Pemuda ini, ia pun berpesan kepada anak-anak muda, agar mereka dapat melakukan segala sesuatu yang bermanfaat atau memunculkan kebahagiaan masyarakat. "Kalau lihat orang yang menderita, maka kita harus mengokohkan apa untuk bisa menolong mereka," imbuh Bhante.

Ketua Dewan Pembina Young Buddhist Association (YBA) Indonesia Billy Lukito Joeswanto menyatakan, webinar digelar untuk menunjukkan bahwa agama buddha inklusif dan selalu terbuka untuk berdialog kebangsaan dengan pemuka agama dan tokoh nasional lainnya. Sehingga diharapkan semuanya bisa menjadi individu yang bisa menerima perbedaan. Dalam webinar itu juga dilakukan penjualan baju Comeback Stronger yang hasilnya 100 persen akan disalurkan ke yayasan atau LSM yang melakukan pelayanan kepada anak yatim, janda, pengangguran atau warga lainnya yang terkena dampak ekonomi di masa pandemi ini.

"Jadi, kita juga membantu sesama, anak muda mudi harus melihat sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sarasehan Kebangsaan, Novella Catherine Angela Thamrin menambahkan, tema comeback stronger dalam webinar yang diikuti 600 orang tersebut sejalan dengan semangat perjuangan Sumpah Pemuda. Melalui sarasehan kebangsaan ini, ia berharap para pemuda agar terus melangkah apapun situasinya untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Harapannya untuk pemuda Indonesia adalah terus melangkah apapun situasinya untuk Indonesia yang lebih baik," pungkas Novella.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Puji Kaesang Pangarep, Erina Gudono: Dia Tampan dan Pemberani

Puji Kaesang Pangarep, Erina Gudono: Dia Tampan dan Pemberani

LIFESTYLE | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE