Logo BeritaSatu

Puan: Terima Kasih Tim Piala Thomas Sudah "Kibarkan" Merah Putih di Dada Kita Semua

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:13 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan tim bulu tangkis putra Indonesia memboyong Piala Thomas 2020. Menurut Puan, prestasi ini sangat membanggakan dan menjadi momentum kebangkitan bulu tangkis Indonesia.

“Beberapa waktu lalu, tim ganda putri bulu tangkis berhasil memperoleh emas Olimpiade pertama sepanjang sejarah Indonesia. Kini trofi Thomas Cup juga bisa kembali setelah 19 tahun lamanya. Tahun ini betul-betul momen kebangkitan bulu tangkis Indonesia,” kata Puan dalam keterangannya, Senin (18/10/2021).

Puan secara khusus menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih dan official bulu tangkis Indonesia yang sukses meraih Piala Thomas untuk ke-14 kalinya, sejak terakhir menjuarai ajang ini pada 2002. Sukses ini diraih setelah Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie mengalahkan tim Tiongkok dengan skor 3-0 pada laga final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021).

Puan bersyukur walaupun bendera Merah Putih tak bisa dikibarkan dalam upacara pemberian trofi di Piala Thomas akibat sanksi oleh Badan Antidoping Dunia atau World Anti Doping Agency (WADA), hal tersebut tidak mengurangi tim Merah Putih memberikan yang terbaik untuk bangsa.

“Saat para atlet, pelatih, official dan seluruh masyarakat Indonesia ikut benyanyi lagu Indonesia Raya dengan khidmat sambil tangan kanan di dada, sesungguhnya bendera Merah Putih telah "berkibar" di dada kita semua,” ungkap Puan.

Puan juga merasa senang Indonesia bisa merebut kemenangan dari Tiongkok yang hampir dalam dua dekade terakhir, mendominasi Piala Thomas. Kerja keras tim Thomas Indonesia pun berhasil menggagalkan Tiongkok menjadi juara bertahan di turnamen bulu tangkis bergengsi tersebut.

“Kini posisi Indonesia atas Tiongkok di Thomas Cup semakin tinggi, di mana Indonesia sudah memiliki 14 titel juara, sementara Tiongkok 10 gelar juara. Sungguh kebanggaan luar biasa dan saya salut karena bulu tangkis Indonesia bangkit justru saat pandemi Covid-19,” tutur Puan.

Ke depan, cucu Proklamator RI Bung Karno itu berharap agar pemerintah beserta instansi terkait segera menyelesaikan persoalan dengan WADA. Dia mengingatkan, Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat regional hingga dunia selama sanksi masih ada.

“Tentunya ini akan mempengaruhi nama baik Indonesia dalam bidang olahraga. Apalagi tim Indonesia tak boleh membawa nama dan mengibarkan bendera negara dalam kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, kecuali Olimpiade,” sebutnya.

Tak hanya itu, Puan juga meminta agar bulu tangkis mendapat perhatian lebih dari pemerintah, baik dari sisi pembinaan dan anggaran. Sebab bulu tangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat berpotensi menyumbangkan banyak prestasi untuk Indonesia.

“Pemerintah harus terus memberi perhatian terhadap pembinaan bulu tangkis agar tradisi emas bulu tangkis, khususnya Olimpiade dan Thomas Cup oleh Indonesia terus dipertahankan,” kata Puan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pernikahan Kaesang dengan Erina, Menteri Basuki Akan Jadi Saksi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal menjadi saksi pada pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

NEWS | 9 Desember 2022

Membidik Jakarta Sebagai Pusat Ekonomi Nasional Paska Perpindahan Ibukota

Musda IX HIPPI dihadiri oleh Tashya Megananda (Ketua Umum APJI DKI Jakarta), Suryani Motik (Ketua Umum DPP HIPPI), dan Fadel Mohamad yang juga Wakil Ketua MPR.

NEWS | 6 Desember 2022

Dugaan Suap Tambang Ilegal Kaltim, Ismail Bolong Belum Diperiksa

Pengacara Ismail Bolong, Jonannes Tobing mengungkapkan kliennya belum diperiksa terkait kasus dugaan tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 9 Desember 2022

Ledakan Tambang Batu Bara, 4 Orang Tewas dan 6 Lainnya Masih Dalam Lubang

Diduga para korban ledakan tambang batu bara legal milik PT Nusa Alam Lestari (NAL) masih tertimbun reruntuhan.

NEWS | 9 Desember 2022

Ini Urutan Rangkaian Tradisi Kirab Pengantin Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menjalani serangkaian upacara adat termasuk Kirab Pengantin.

NEWS | 9 Desember 2022

Grup Lippo Dukung Konferensi Internasional Pendidikan Wanita Afghanistan

Grup Lippo mendukung penyelenggaraan Konferensi Internasional Pendidikan Wanita Afghanistan (ICAWE).

NEWS | 9 Desember 2022

Bukan Penjara, Firli Bahuri Ungkap Hal yang Ditakuti Koruptor

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan koruptor sebetulnya tidak takut dijebloskan ke penjara.

NEWS | 9 Desember 2022

Mulai Hari Ini ETLE Mobile Tindak Pelanggar Lalu Lintas

Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan 11 ETLE mobile atau tilang elektronik untuk menindak para pelanggar lalu lintas di jalanan.

NEWS | 9 Desember 2022

Status Gunung Semeru Turun ke Level Siaga

Tingkat aktivitas Gunung Semeru itu akan ditinjau kembali jika terdapat kemunculan gempa-gempa vulkanik dan deformasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Ini Wejangan Jokowi ke Kaesang Pangarep Saat Siraman

Jokowi memberikan wejangan kepada Kaesang Pangarep yang akan segera menjadi pemimpin dalam keluarga kecil.

NEWS | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Alasan Kasus 1 Keluarga Tewas di Kalideres Lama Terungkap

Ini Alasan Kasus 1 Keluarga Tewas di Kalideres Lama Terungkap

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE