Logo BeritaSatu

Anies Merasa Aneh PDIP dan PSI DKI Interpelasi Formula E

Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:57 WIB
Oleh : Yustinus Paat / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku aneh dengan langkah anggota DPRD DKI yang mengajukan interpelasi penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E. Pasalnya, Formula E merupakan program yang sudah ada di APBD Tahun 2020 di mana telah dibahas bersama antara eksekutif dan legislatif serta sudah menjadi Perda APBD.

Diketahui, fraksi PDIP dan PSI telah mengajukan interpelasi terhadap Gubernur Anies terkait penyelenggaraan Formula E pada Juni 2022 mendatang. Mereka ingin Anies menjelaskan penggunaan dana APBD untuk gelaran balap mobil tersebut.

Advertisement

“Formula E itu sudah ada di dalam APBD tahun 2020, yang disahkan bersama antara eksekutif dan legislatif. Tugasnya eksekuti itu melaksanakan APBD, nah jadi formula E itu ada dalam Perda APBD. Programnya DKI kemudian kami mau melaksanakan itu. Jadi, agak unik ketika kemudian dewan menginterpelasi program yang memang ada di dalam Perda. Kan itu (APBD) tertuang dalam Perda APBD kita,” ujar Anies dalam Youtube Warkotalive sebagaimana dikutip Beritasatu.com, Selasa (19/10/2021).

Anies menerangkan bahwa seharusnya Formula E dilaksanakan pada Juni 2020 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19, akhir diundur dan akan akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 mendatang. Namun, kata Anies, pembayaran penyelenggaraan Formula E sudah dilakukan pada 2019 lalu, sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

“Pembayaran sudah dilakukan semua di tahun 2019, jadi kalau ada yang bilang dananya untuk pandemi, dananya sudah dibayar dulu tahun 2019. Sudah tidak ada lagi pengeluaran sekarang ini. Sudah dikeluarkan waktu itu, jadi bagi yang memahami, saya rasa tahu. Ini duduk perkaranya,” jelas Anies.

Hal ini, tutur Anies berbeda jika Formula E ditetapkan melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta. Menurut dia, jika penyelenggaraan Formula diatur melalui Pergub, maka wajar dan cocok jika DPRD DKI kemudian mengajukan interpelasi.

“Kalau itu adalah program yang diatur lewat Pergub, saya bikin inisiatif, saya kerjakan sendiri dan saya keluarkan peraturan gubernur lalu dewan mempertanyaakan. Itu nyambung. Tapi kalau ini adalah produk perda, lalu yah itulah bagian dari pembelajaran kita sebagai bangsa,” ungkap Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan dirinya perlu menjelaskan duduk perkara Formula E agar bisa menjadi pembelajaran bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita sama-sama belajar, makanya saya terangkan dulu duduk perkaranya biar kita sama-sama tahu nih. Kenapa kok bisa ? Yah itulah bagian dari proses pembelajaran, insyaallah kita nanti bisa bernegara lebih baik, kita menjalankan amanat ini, lebih sehat dan bisa melihat ini dalam konteks kepentingan bersama, kepentingan untuk memajukan Jakarta, memajukan Indonesia,” pungkas Anies.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta dana pengembangan madrasah dikelola profesional dan hati-hati.

NEWS | 27 Januari 2023

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023

9 Jenazah Korban Pembunuhan Berantai Wowon Cs Selesai Diautopsi

Sembilan jenazah korban pembunuhan berantai Wowon cs selesai diautopsi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bos Baru Ferrari Bantah Utamakan Leclerc Dibandingkan Sainz

Bos Baru Ferrari Bantah Utamakan Leclerc Dibandingkan Sainz

SPORT | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE