Logo BeritaSatu

Dua Tahun Jokowi-Ma'ruf, Pengamat: Kondisi Keamanan Kondusif

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:31 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Situasi keamanan dalam dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara umum dinilai masih kondusif. Hanya saja, Polri sebagai pelindung, pelayan, pengayom masyarakat, dan penegak hukum masih lambat dalam merespons dinamika masyarakat.

"Saya melihat secara umum kondisi keamanan kita masif kondusif," ujar pengamat kepolisian Bambang Rukminto, kepada Beritasatu.com, Rabu (20/10/2021).

Advertisement

Kendati demikian, Bambang menyampaikan, yang perlu dicermati adalah respons Polri masih cukup lamban terhadap dinamika di masyarakat.

"Penanganan pungli (pungutan liar), penindakan pinjol (pinjaman online) karena sebelumnya ada arahan Presiden. Artinya Polri kurang gereget dan tanggap pada dinamika masyarakat," ungkapnya.

Menyoal pelayanan Polri, Bambang menuturkan, masih jauh dari harapan masyarakat. Pola militeristik, keras dan garang masih dipakai dalam berinteraksi dengan masyarakat.

"Ini tidak sehat, dan sering memunculkan arogansi dan kesewenang-wenangan. Makanya muncul (kritik) sebaiknya polisi diganti satpam, dan faktanya dalam hal pelayanan satpam bank lebih baik daripada polisi. Makanya polisi harus belajar pada sekuriti industri. Sekuriti kalau salah itu langsung dipecat, apakah polisi bisa seperti itu? Dengan tingkat kesejahteraan yang lebih baik, kewenangan yang lebih besar, polisi seharusnya juga lebih baik dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat," katanya.

Sementara itu, menyoal kritikan dari masyarakat, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajarannya untuk tidak bersikap antikritik atas masukan dari masyarakat terhadap institusi Polri. Kritik dari masyarakat sepatutnya menjadi bahan evaluasi yang bersifat membangun agar jauh lebih baik lagi.

"Jangan antikritik, apabila ada kritik dari masyarakat lakukan introspeksi untuk menjadi lebih baik," ujar Listyo, Selasa (19/10/2021) kemarin.

Listyo juga menginstruksikan, kepada seluruh jajaran agar memberikan tindakan tegas kepada oknum anggota kepolisian yang melanggar aturan saat menjalankan tugasnya. Kapolda dan Kapolres jangan ragu memberikan sanksi tegas berupa pidana atau Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada personelnya yang tidak menjalankan tugas sesuai aturan.

"Perlu tindakan tegas, jadi tolong tidak pakai lama, segera copot, PTDH, dan proses pidana. Segera lakukan dan ini menjadi contoh bagi yang lainnya. Saya minta tidak ada Kasatwil yang ragu, bila ragu, saya ambil alih," ungkapnya.

Listyo pun menerbitkan surat telegram kepada jajaran Polda di Indonesia, merespons terjadinya tindakan kekerasan berlebihan yang dilakukan oknum anggota Polri, termasuk penanganan kasus yang diduga tidak profesional. Oknum anggota yang melanggar aturan disiplin atau kode etik agar diproses secara transparan dan ditindak tegas.

Surat telegram bernomor ST/2162/X/HUK2.9/2021 itu ditandatangani Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo atas nama Kapolri.

Tercatat ada tiga kasus yang menjadi sorotan yakni, pertama terkait Polsek Percut Sei Tuan Polres Medan yang diduga tidak profesional dan proporsional dalam penanganan kasus penganiayaan, kemudian perkara anggota Polresta Tangerang membanting mahasiswa yang melakukan unjuk rasa, dan kasus anggota Satlantas Polresta Deli Serdang yang melakukan penganiayaan terhadap pengendara sepeda motor.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE