Logo BeritaSatu

Cegah Tindak Kekerasan Anggota, Kompolnas Minta Telegram Kapolri Jadi Pedoman

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / WM

Jakarta, Beritasatu - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai, surat telegram yang diterbitkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada jajaran Polda se-Indonesia terkait tindakan kekerasan berlebihan yang dilakukan oknum anggota Polri, merupakan langkah tepat pimpinan dalam merespons permasalahan. Surat telegram itu harus dijadikan pedoman agar personel tidak melakukan tindakan kekerasan berlebihan di lapangan, termasuk tidak antikritik.

"Surat Telegram ini bagus sebagai pedoman cara bertindak bagi pimpinan, agar anak buah di lapangan tidak melakukan kekerasan berlebihan, tidak antikritik, dan tegas menegakkan hukum, jika ada anggota melakukan kesalahan. Oleh karena itu semua harus melaksanakan arahan Kapolri tersebut," ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada Beritasatu.com, Kamis (21/10/2021).

Dikatakan Poengky, ada beberapa catatan penting yang harus dilakukan terkait pencegahan terjadi tindak kerasan berlebihan oleh oknum anggota. Pertama, perlunya contoh baik dari atasan disertai pengawasan.

"Kedua, reward dan punishment. Jika berprestasi perlu diberi reward. Jika bermasalah harus ditegur, dan jika tidak menurut harus diberi hukuman," ungkapnya.

Ketiga, lanjutnya, hukuman harus proporsional. Polisi tunduk pada sanksi pidana, etik dan disiplin. Jika diduga ada pelanggaran pidana semisal melakukan kekerasan berlebihan, maka harus diproses pidana dan etik.

"Jangan hanya diproses etiknya saja dan hukumannya ringan. Hal tersebut pasti akan berulang, tidak ada efek jera," katanya.

Poengky menyampaikan, keempat, pendidikan dan latihan harus berulang-ulang menekankan perlunya polisi patuh pada hak asasi manusia. "Di Polri sudah ada Perkap Nomor 8 Tahun 2009. Perlu reedukasi, resosialisasi dan praktik terus-menerus," ucapnya.

Kelima, penguatan pengawas internal agar lebih mandiri. Kompolnas pernah mengusulkan agar Irwasda dinaikkan pangkat satu tingkat menjadi bintang satu dan bertanggungjawab langsung di bawah Irwasum. Kemudian keenam, reformasi kultural Polri tetap harus digelorakan setiap saat agar anggota Polri benar-benar dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, mandiri, humanis, dan menghormati hak asasi manusia.

"Ketujuh, untuk pengawasan anggota di lapangan, khususnya Reskrim, Sabhara, Lalu Lintas, dan Brimob, perlu dibekali body camera dan dashboard camera, sekaligus sebagai akuntabilitas," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Pencetak Gol Terbanyak Timnas Prancis, Ini Respons Olivier Giroud

Jadi Pencetak Gol Terbanyak Timnas Prancis, Ini Respons Olivier Giroud

SEMESTA BOLA 2022 | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE