Logo BeritaSatu

Aipda Ambarita, dari Bekerja di Perusahaan Cat hingga Jadi Polisi yang Ditakuti Penjahat Jalanan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:40 WIB
Oleh : Chairul Fikri / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Aipda Monang Parlindungan Ambarita tengah menjadi bahan perbincangan di media sosial. Nama Ambarita belakangan viral karena video penolakan pemeriksaan handphone seorang pemuda saat diberhentikan anggota Raimas Backbone Sabhara Polres Metro Jakarta Timur. Video itu kemudian menyebabkan dia dipindah ke Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Kiprah Ambarita bersama tim Raimas Backbone yang dipimpinnya sudah mulai mendapat tempat spesial di hati masyarakat, khususnya yang tinggal di Jakarta Timur, yang menjadi wilayah operasinya.

Ambarita lulus SMA pada 1995. Ia ingin menjadi anggota TNI dengan mendaftar di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri). Namun, hingga sampai tes terakhir, dia dinyatakan tak lolos. Tawaran menjadi bintara Kostrad ditolaknya saat itu, karena akan mencoba pada tahun depan.

"Tahun 1996 saya kebetulan daftar lagi. Tetapi di tahun itu ternyata tes kesehatan saya gagal karena berat badan saya kelebihan. Dan pergilah saya ke Jakarta, tetapi tidak untuk kuliah karena memang saya tidak mau kuliah," tutur Aipda Ambarita dalam akun media sosialnya.

Saat tiba di Jakarta, Ambarita sempat mengubur keinginannya sebagai anggota TNI dan Polri lantaran bekerja di perusahaan cat di Ancol, Jakarta Utara. Dia ditempatkan di laboratorium dan bertugas membuat sampel warna. Saat krisis moneter 1997, Ambarita harus rela kehilangan pekerjaannya karena perusahaannya bangkrut.

"Saat menganggur, saya main ke Blok M dan saya melihat ada banner Dikmaba PK Polri tahun 1998-1999. Dari situ, asa saya menjadi anggota TNI/Polri muncul lagi dan saya mencoba lagi. Dan Puji Tuhan akhirnya dinyatakan lulus. Pertama kali menjalani pendidikan di Mojokerto, Jawa Timur. Dan saat penugasan, saya ditempatkan di Divisi Sabhara Polres Jakarta Timur," lanjutnya.

30 Anggota
Pada 2017, Ambarita ditugaskan memimpin Raimas Backbone yang menjadi tim pengurai massa Polres Jakarta Timur. Dia memimpin 30 anggota saat itu. Kiprahnya sebagai polisi makin moncer ketika kerap masuk dalam sebuah acara di salah stasiun televise swasta. Kiprahnya saat berpatroli di wilayah Jakarta Timur mendapatkan dukungan dari masyarakat. Selain tegas dalam bertugas, Ambarita juga kerap mengungkapkan kalimat-kalimat lucu saat melaksanakan patroli.

Bahkan, tak jarang aksi kejahatan jalanan di Jakarta Timur mulai berkurang dengan seringnya Ambarita dan tim Raimas Backbone melaksanakan patroli. Tak jarang aksi kejahatan terungkap saat Ambarita dan timnya melakukan operasi. Dan itu yang diaplikasikannya dalam akun Raimas Backbone Official.

"Saat ini, akun youtube Raimas Backbone Official punya subscribe mencapai 1,39 juta. Namun bukan itu yang kita kejar karena kita ingin Jakarta Timur bebas dari aksi kejahatan yang biasanya dimulai dari jalanan. Karena Raimas Backbone tugas utamanya mengurai, membubarkan, dan melokalisasi massa yang melakukan tindakan perusakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," terangnya.

Namun, karena viralnya video itu, kini kiprah Ambarita sebagai komandan di Raimas Backbone Polres Jakarta Timur harus terhenti lantaran dimutasi ke Bidang Humas Polda Metro Jaya. Meski kini telah berpindah tugas, Ambarita tetap menyatakan patuh atas perintah atasannya dan siap menjalankan tugas di tempat barunya.

"Saya sebagai anggota polisi tetap satya haprabu (setia kepada pimpinan negara). Saya siap bekerja di tempat baru dan saya akan lakoni karena saya sebagai anggota Polri harus siap di mana pun saya ditempatkan," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE