Logo BeritaSatu

Jokowi Prihatin Pengawasan PPKM Mulai Lemah di Lapangan

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:07 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa prihatin melihat pengawasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan protokol kesehatan (prokes) yang mulai lemah di lapangan.

“Presiden juga mengingatkan bahwa mulai banyak kelemahan pengawasan di lapangan dan harus segera kembali dijaga dan dipertegas pengawasannya karena kunci dari penyesuaian dan pelonggaran dari PPKM adalah manajemen pengawasan lapangan,” kata Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers seusai rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Jokowi yang membahas Evaluasi PPKM, Senin (25/10/2021).

Menurut Luhut, upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam mengendalikan Covid-19 mendapatkan apresiasi dari dunia internasional, saat berkunjung ke Amerika Serikat pekan lalu.

Pemerintah Indonesia dinilai berhasil dalam memberikan arahan ke seluruh jajarannya untuk memperhatikan pengawasan PPKM dan penerapan protokol kesehatan.

“Di banyak negara itu, tidak bisa terjadi. Itu sebabnya, serangan gelombang itu terus terjadi, seperti yang terjadi mulai minggu kemarin di Belanda,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

Kendati demikian, Luhut mengingatkan semua pihak tidak boleh lengah, meski penambahan kasus baru Covid-19 di Tanah Air mulai rendah. Karena banyak di negara lain, terutama di negara-negara di Eropa mengalami kenaikan kasus sangat signifikan, meskipun tingkat vaksinasinya cukup tinggi.

“Di negara tersebut, relaksasi sosial dilakukan dengan cepat dan protokol kesehatan dilupakan. Ini saya mohon dimengerti, jadi kalau ada langkah-langkah kami yang kelihatan ketat, kami memang mempertimbangkan betul. Karena kalau sudah nanti menyebar baru pada ribut,” terang Luhut Binsar Pandjaitan.

“Lebih bagus kami sekarang melakukan ketat tapi longgar. Misalnya saya katakan itu semua industri itu bisa kita kendalikan 100% buka tapi traveling yang susah dikontrol kita lakukan pengendalian di sana-sini,” kata Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan.

Kemudian belajar dari pengalaman kenaikan kasus negara lain, Luhut menegaskan langkah 3T (testing, tracing dan treatment) dan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) tidak boleh kendor dilaksanakan serta tetap disiplin menggunakan aplikasi pedulilindungi.

“Kejenuhan dalam penerapan protokol kesehatan harus dapat dihilangkan dengan adanya pengawasan dan enforcement yang lebih kuat terhadap pedulilindungi di berbagai sektor seiring disiplin masyarakat yang semakin berkurang terhadap pandemi Covid-19,” tutur Luhut Binsar Pandjaitan.

Salah satu pengetatan pengawasan terhadap PPKM, Luhut mengungkapkan pihaknya telah mengirimkan tim ke tempat-tempat hiburan malam, seperti klub atau bar di daerah Semarang dan daerah lainnya. Tempat hiburan malam tersebut masih ditemukan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB.

“Ini berbahaya. Saya ingin mengingatkan kita dapat menahan gelombang baru dengan terus mengendalikan jumlah kasus yang penambahan per hari harus dibawah 2.700 kasus. Ini kita masih bersyukur hari ini rata-rata di bawah 1.000 kasus dalam seminggu terakhir. Tapi ke depan kita terus hati-hati. Ini semua terjadi karena penerapan protokol kesehatan yang ketat serta 3M dan 3T yang tinggi,” kata Luhut Binsar Pandjaitan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022

Paspampres Perkosa Prajurit Wanita, Ini Kata Yudo Margono

Yudo Margono menegaskan, dirinya akan mengecek terlebih dahulu penanganan kasus pemerkosaan yang dilakukan Paspampres terhadap prajurit Kostrad.

NEWS | 2 Desember 2022

Street Race di Kemayoran Akan Kembali Digelar Awal 2023

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan bahwa street race seri kelima tersebut menurut rencana bakal digelar pada awal 2023 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
RUPS LB: Semua Direksi dan Komisaris Bank Banten Diganti

RUPS LB: Semua Direksi dan Komisaris Bank Banten Diganti

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE