Logo BeritaSatu

Wakil Ketua MPR Sebut Mahasiswa Harus Dibekali Jiwa Kewirausahaan

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:57 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Academy of Entrepreneurs Australia telah menyelenggarakan Idea to Business International Competition 2021, pelatihan dan kompetisi bisnis internasional.

Kegiatan ini berlangsung secara daring sejak 30 Agustus 2021, yang diikuti oleh mahasiswa dari 12 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Belanda, Prancis, India, Meksiko, Kosta Rika, dan Ekuador. Tercatat, 16 universitas di Indonesia ikut berpartisipasi dalam program kompetisi wirausaha ini.

Advertisement

Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid turut mendukung kegiatan ini dan berharap terus berlanjut pada tahun berikutnya, serta menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk menjalin kerja sama dalam pendidikan dan kewirausahaan di seluruh negara.

"Ide-ide bisnis serta pelatihan kelas dunia selama 5 minggu seperti ini adalah terobosan yang perlu dilestarikan. Menjadi tugas negara dan perguruan tinggi untuk menjadi jembatan, supaya membawa ide-ide bisnis ini ke kelas dunia,” ucap Jazilul Fawaid pada Media Dialogue Idea to Business International Competition 2021 di Universitas Esa Unggul Jakarta, Senin (25/10/2021).

Program Idea to Business (I2B) adalah program pengembangan kapasitas yang dilengkapi dengan arena latihan untuk menyampaikan ide bisnis (pitching) kepada investor sebelum terjun ke dunia nyata.

Dalam kompetisi ini, peserta terlibat dalam rangkaian pembelajaran kewirausahaan dan bergabung dalam kelompok untuk mengembangkan ide bisnis.

Pelatihan dan Kompetisi diadakan secara daring pada tanggal 30 Agustus – 12 Oktober 2021 (lima minggu). Empat minggu untuk kursus bersertifikat dan satu minggu untuk pitching.

Selain mendapatkan sertifikat, peserta akan memiliki peluang mendapatkan beasiswa dari Academy of Entrepreneurs, Australia, memenangkan hadiah kompetisi, hingga Rp25.000.000 atau US$1.675 untuk satu grup yang terbaik.

Mempelajari pengetahuan dan keterampilan praktis terbaik dalam mengembangkan ide menjadi bisnis dari instruktur, mentor, dan pemilik usaha berpengalaman. Memperluas jaringan bisnis di tingkat internasional, termasuk jaringan ke investor.

Membangun jaringan kewirausahaan di antara para peserta. Meningkatkan kepribadian, kualitas emosional, dan keterampilan komunikasi.

Untuk memastikan integritas dan ketidakberpihakan dalam mengevaluasi rancangan usaha, Idea to Business International Competition 2021 mengundang praktisi dan pakar bisnis serta tokoh-tokoh terkemuka dalam pendidikan kewirausahaan sebagai juri seperti Paula Mills (Founder & CEO Academy), Prita Kemal Gani (President ASEAN PR Network), Marcelino Aviles (Former Panama Ambassador to Australia, Author and Entrepreneur), serta George Pramadono (Business Strategist and Starups Advisor)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pipa Gas Negara di Tangerang Meledak, 4 Rumah Warga Rusak

Empat rumah rusak akibat pipa Gas Negara (PGN) di Perumahan Wisma Harapan, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang meledak.

NEWS | 27 Januari 2023

Rumah Kos di Otista Hangus Terbakar

Satu unit rumah berlantai dua yang dijadikan tempat indekos di Jalan Otista Raya 78 terbakar pada Jumat (27/1/2023).

NEWS | 27 Januari 2023

Singgung ASN Tak Mau Berubah, Menteri PAN RB: Ada di Zona Nyaman

Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas menyinggung perilaku ASN yang berada di zona nyaman dan tidak mau berubah.

NEWS | 27 Januari 2023

Kebakaran Toko Agen Gas Elpiji di Duren Sawit, Kerugian Rp 1 Miliar

Gatot menjelaskan, sempat terjadi suara ledakan, saat toko agen gas elpiji dan briket batu bara itu terbakar pada Jumat pagi sekitar pukul 07.24 WIB.

NEWS | 27 Januari 2023

Surya Paloh Mendadak Dipanggil Jokowi pada Kamis Sore, Ada Apa

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dikabarkan dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara pada Kamis (26/1/2023) sore.

NEWS | 27 Januari 2023

Dituntut 1 Tahun Penjara, Arif Rachman Arifin Menyesali Perbuatannya

Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut agar majelis hakim PN Jaksel menjatuhkan hukuman 1 tahun pidana penjara terhadap Arif Rachman Arifin

NEWS | 27 Januari 2023

Prabowo Diyakini Profesional Jadi Orkestrator Info Intelijen

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid meyakini Menhan Prabowo Subianto akan bekerja profesional sebagai orkestrator informasi intelijen.

NEWS | 27 Januari 2023

Sudinkes Jakpus Catat Peningkatan Kasus Campak pada Anak

Sempat menurun pada akhir tahun 2022 lalu, kasus penyakit campak di wilayah Jakarta Pusat kembali mengalami peningkatan pada awal tahun 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Kasus Perintangan Penyidikan, Ini yang Memberatkan Arif Rachman Arifin

Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut agar majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman 1 tahun  penjara pada Arif Rachman Arifin

NEWS | 27 Januari 2023

Pasukan Israel Serang Tepi Barat, 10 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel menyerang wilayah Tepi Barat yang menewaskan 10 warga Palestina pada Kamis (26/1/2023).

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pipa Gas Negara di Tangerang Meledak, 4 Rumah Warga Rusak

Pipa Gas Negara di Tangerang Meledak, 4 Rumah Warga Rusak

NEWS | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE