Logo BeritaSatu

Aplikasi Sitarung Jadikan Pembangunan di Sumsel Berkesinambungan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:13 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Sejak tahun 2017 Pemprov Sumsel merancang aplikasi Sistem Ruang Informasi Penataan Ruang (Sitarung). Melalui Sitarung Pemprov Sumsel ingin pemanfaatan lahan dan pengendalian ruang bersifat komprehensif, baik secara ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan penataan ruang di wilayahnya harus berkesinambungan. Dengan perencanaan tata ruang yang matang sejak awal diharapkan dapat menciptakan pembangunan wilayah yang aman, nyaman, dan produktif. “Penataan ruang memiliki sifat lintas sektor, wilayah, dan lintas pemangku kepentingan,” ujar Mawardi Yahya dalam keterangannya.

Kehadiran Sitarung ini untuk meningkatkan kualitas dan percepatan pembangunan wilayah pedalaman dan perbatasan. Dengan demikian, akan mempermudah dan melancarkan pergerakan masyarakat dan distribusi barang. Pemerataan pembangunan itu akan berdampak pada peningkatan produk dari suatu daerah dan membuat biaya menjadi lebih murah.

Sitarung memuat berbagai informasi, seperti alur pelayaran, rencana jalan tol, peruntukan kawasan, dan status jalan. Ini bagian dari upaya mendukung kebijakan satu peta (one map policy). Kebijakan itu diinisiasi oleh pemerintah pusat dengan pelaksana Kementerian Koordinator Perekonomian dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kepala BIG Muhamad Aris Marfai mengatakan pihaknya aktif menjalin kerja sama dengan kementerian, lembaga, pemda, dan perguruan tinggi. BIG berusaha mengembangkan jaringan ke semua elemen masyarakat dengan tujuan meningkatkan literasi geospasial.

“Dengan pemahaman geospasial yang lebih merata, pembangunan di daerahakanmendapatkan support data yang baik,” ujarnya.

Kebijakan satu peta ini untuk menciptakan satu standar bagi peta peta tematik di seluruh Indonesia. BIG menyatakan kebijakan ini dapat memperkecil potensi konflik agraria yang disebabkan tumpang tindihnya batas wilayah. Peta tematik inilah yang sangat penting dalam proses penyusunan RTRW di kabupaten/kota.RTRW merupakan tulang punggung perencanaan pembangunan.

Kini, semua pemkab dan pemkot di Sumsel sudah memiliki RTRW. Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan RT-RW dan rencana detail tata ruang (RDTR) online single submission (OSS) itu sangat vital bagi pembangunan daerahnya.

Keduanya akan bermanfaat untuk menarik investor agar mau membenamkan dananya di daerah. “Itu sangat penting dan fundamental. Ini ibarat tapak pembangunan bagi daerah, mau dibawa ke mana dan seperti apa pengembangan daerah bergantung pada bagaimana RT-RW-nya,” ujar Herman Deru

Tahun 2021, Pemprov Sumsel akan menggelontorkan dana untuk membantu pembangunan infrastruktur di kabupaten/kota. Selain jalan dan jembatan, pemprov akan fokus membangun irigasi dan pemukiman. Herman Deru ingin adanya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Sumsel. Infrastruktur, menurutnya, dapat mendorong perkembangan sektor lain, seperti perekonomian, pendidikan, dan kesehatan.

Dengan adanya Sitarung, masyarakat umum dan investor yang ingin mengakses informasi peruntukan lahan di wilayah Sumsel tak perlu datang ke kantor pemerintah. Mereka bisa mengecek via Sitarung. Di masa pandemi Covid-19, informasi dan data digital ini sangat membantu masyarakat maupun investor.

Apresiasi Kemendagri

Inovasi yang dilakukan Sumsel masuk dalam dokumentasi Kemendagri lewat sebuah buku yaitu “Pengalaman Praktek Terbaik Otonomi Daerah di Indonesia 2021”.

Akmal Malik, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri mengatakan pihaknya masih harus terus meningkatkan kapasitas para aktor yang terdiri dari kepala daerah, DPRD, dan OPD agar otonomi daerah dapat berjalan dengan baik.

"Pada saat yang bersamaan, kita juga harus meningkatkan kualitas regulasi yang dijadikan dasar pelaksanaan berbagai urusan di daerah. Yang tak kalah penting, daerah juga harus menyiapkan pendanaan untuk menjalankan urusan-urusan yang menjadi tanggung jawabnya,” kata Akmal.

Ia menambahkan, daerah yang berkinerja bagus suatu urusan dijadikan benchmark dan percontohan hingga bisa ditiru oleh daerah lain. Sebaliknya, daerah yang kinerjanya masih kurang harus dibantu untuk mengejar ketertinggalannya. Tentu, Kemendagri tak bisa melakukan perbaikan itu sendirian karena semua urusan itu sebenarnya diampu oleh kementerian dan lembaga negara yang lain.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Jokowi: Kedepankan Politik Adu Gagasan, Bukan Adu Domba

Dalam acara konsolidasi nasional KPU untuk persiapan Pemilu 2024, Presiden Jokowi mengingatkan untuk mengedepankan adu gagasan, bukan adu domba. 

NEWS | 2 Desember 2022

Hari AIDS, UNAIDS Sebut Terapi AIDS di Indonesia Jauh Tertinggal

UNAIDS menyebutkan, Indonesia menduduki posisi tiga terbawah di Asia Pasifik untuk cakupan pengobatan ARV bersama dengan Pakistan dan Afghanistan.

NEWS | 2 Desember 2022

Jokowi: Semua Kepala Negara Pusing, Indonesia Tidak

Presiden Jokowi mengungkapkan, Pemilu 2024 digelar dalam suasana ketidakpastian ekonomi. Semua kepala negara sedang pusing menghadapi ancaman resesi global. 

NEWS | 2 Desember 2022

Harga Beras di Lampung Selatan Merambat Naik Jelang Natal

Harga beras di Kabupaten Lampung Selatan merambat naik. Kenaikan rata-rata Rp 200 hingga Rp 300 per kilogram.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Investor <em>Kripto</em> Masih Ragu-ragu, Bitcoin Gagal Tembus US$ 17.100

Investor Kripto Masih Ragu-ragu, Bitcoin Gagal Tembus US$ 17.100

EKONOMI | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE