Logo BeritaSatu

Arzeti Bilbina Resmikan BLK Komunitas di Ponpes Bahrul Hidayah Sidoarjo

Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:37 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Sidoarjo, Beritasatu.com - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKB, Arzeti Bilbina meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Hidayah Sukodono, Sidoarjo, Senin (25/10/2021). Peresmian BLK Komunitas ini dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional.

Hadir dalam acara peresmian ini Kadisnaker Sidoarjo Fenny Apridawati beserta jajaran, Camat Sukodono, Pengasuh Ponpes Bahrul Hidayah, KH Abdul Aziz Munif beserta jajaran, dan Ketua BLKK Bahrul Hidayah.

Arzeti mengemukakan BLK Komunitas ini merupakan salah satu program bantuan yang diusulkannya melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) pada tahun 2020 ini yang berhasil terealisasikan dan siap untuk digunakan, baik oleh santri ataupun masyarakat yang membutuhkan pelatihan kerja.

Menurut Arzeti, hingga tahun 2020, Kemnaker telah mendirikan 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di lembaga pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha dan pasraman di seluruh wilayah Indonesia, yang terus dikembangkan model dan jenis pelatihannya.

“Diharapkan BLK Komunitas dapat menjadi sarana pelatihan terutama santri, sesuai dengan potensi daerah masing-masing sehingga lulusannya dapat terserap di dunia industri dan mendorong minat mereka untuk berwirausaha,” ujar Arzeti.

Arzeti menjelaskan, BLK Komunitas dihadirkan pemerintah sejak tahun 2017 dengan mendirikan 50 lembaga. Kemudian pada tahun 2018 didirikan 75 lembaga, dan pada tahun 2019 akan didirikan 1.000 lembaga dengan prediksi akan melatih 100.000 orang.

“Santri harus semangat, bertumbuh, berdaya dan berkarya. Untuk itu para santri harus memiliki bekal terutama skill yang mumpuni guna menghadapi segala tantangan demi masa depannya. Dengan adanya BLK Komunitas ini, diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan skill mereka dalam meng-upgrade dirinya.” tutur Arzeti

Arzeti mengemukakan pesantren telah terbukti mampu menjadi pusat peradaban sekaligus menjawab berbagai persoalan negeri dalam berbagai momentum krisis bangsa ini.

Arzeti menambahkan santri sejak masa penjajahan juga memiliki peran yang besar dalam bergerak bersama para kiai dan ulama. Santri selalu menjadi garda terdepan dalam menegakkan NKRI. “Santri hari ini adalah pelaku perubahan untuk masa yang akan datang,” ujarnya.

Pada peringatan Hari Santri kali ini, kita mengangkat tema besar “Santri Siaga Jiwa Raga” yang tersirat untuk menyikapi keadaan saat ini dalam menghadapi era pandemi yang mulai berubah menjadi endemi.

Hari santri ini diharapkan tidak hanya menjadi seremoni biasa, namun diharapkan bisa menjadi momentum untuk kita bisa berjuang.. Sejalan dengan yang disampaikan Gus Muhaimin Iskandar, bahwa kita bisa menjadi garda terdepan.

“Kaum santri, nahdliyin dan nahdliyat menjadi kekuatan PKB untuk terus mendorong negara dan pemerintah untuk selalu memperhatikan nasib santri kita yang berkontribusi luar biasa untuk negara ini,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Korban Bom Bunuh Diri Bandung Masih Dirawat di Rumah Sakit

Dua korban bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung atau bom Bandung dirawat di RS Immanuel dan RS Bhayangkara Sartika Asih. 

NEWS | 8 Desember 2022

Orang Tua Korban Gangguan Ginjal Lapor ke Bareskrim Polri

Keluarga korban kasus gangguan ginjal akut melapor ke Bareskrim Polri atas dugaan tindak pidana yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. 

NEWS | 8 Desember 2022

Kuasa Hukum Sebut Ferdy Sambo Tak Ikut Tembak Brigadir J

Kuasa hukum Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang menyebut kliennya tidak ikut menembak Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 8 Desember 2022

Hapus Cara Tradisional, Aturan Baru Ini Bikin Usia Orang Korea Selatan Lebih Muda

Aturan baru menghapus metode penghitungan usia cara tradisional yang akan membuat usia orang Korea Selatan lebih muda.

NEWS | 8 Desember 2022

Pengurus Baru Aspikom Korwil Jabodetabek Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Acara pelantikan berlangsung di Aula Nurcholis Madjid, Universitas Paramadina, Jakarta Selatan pada Rabu, 7 Desember 2022. 

NEWS | 8 Desember 2022

Kemenkes Pantau Subvarian Omicron BN.1 yang Muncul di Indonesia

Selain Amerika Serikat, Omicron BN.1 juga terdeteksi di lebih 30 negara lainnya, termasuk Australia, Inggris, India, hingga Austria

NEWS | 8 Desember 2022

Hari Ini, 2 Gempa Lebih dari 5,0 M Guncang Tanah Air

Hari ini, Kamis (8/12/2022) wilayah Indonesia diguncang dua gempa berkekuatan lebih besar dari magnitudo 5.

NEWS | 8 Desember 2022

Publik Puas dengan Kinerja Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno

Publik mengaku puas dengan kinerja tiga menteri, yakni Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno.

NEWS | 8 Desember 2022

Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa di Cianjur

Jokowi meninjau rumah contoh yang tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Bom Bunuh Diri, Aipda Sofyan Dapat Kenaikan Pangkat

Korban bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dari Aipda menjadi Aiptu Anumerta.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Korban Bom Bunuh Diri Bandung Masih Dirawat di Rumah Sakit

2 Korban Bom Bunuh Diri Bandung Masih Dirawat di Rumah Sakit

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE