Logo BeritaSatu

Viani Limardi Minta Kasus Keracunan Nasi Boks Berlogo PSI Diusut Tuntas

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:09 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Viani Limardi meminta pihak berwajib mengusut tuntas kasus keracunan makanan warga Koja, Jakarta Utara seusai menyantap nasi boks berlogo PSI pada Minggu (24/10/2021). Apalagi, kata Viani, korban keracunan juga termasuk anak-anak dan orang tua.

“Harus diusut tuntas itu. Masalahnya di mana? Benar tidak warungnya yang itu? Dan benar tidak kesalahan ada di warung? Yang jadi korban tidak sedikit, ada anak-anak dan orang tua juga,” ujar Viani saat dihubungi wartawan, Selasa (26/10/2021).

Selain itu, kata Viani, kasus keracunan ini bisa berbahaya terutama karena terjadi di tengah situasi pandemi Covid-19.

PSI, kata dia, juga tidak hanya sekali membagikan nasi kotak atu nasi boks dan jumlah penerima sudah banyak.

“Apalagi di zaman Covid-19 begini, yang fit aja risiko kena tinggi, gimana kalau warga tidak fit? Karena PSI bagi-bagi sering sekali dan jumlahnya lumayan, jangan sampai ada korban lagi,” imbuh anggota DPRD DKI Jakarta ini.

Viani mengaku sempat memegang program nasi boks PSI ini. Saat itu, kata dia, semuanya berjalan lancar dan tidak ada masalah.

“Selama ini kalau tim saya yang handle tidak pernah bermasalah yah, tetapi tim saya sudah lepas program ini semingguan ini, jadi sekarang saya kurang tahu siapa dan kenapa bisa begitu,” pungkas Viani.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta, Michael Sianipar menyampaikan permohonan maaf kepada kurang lebih 35 warga RW 06, Koja, Jakarta Utara yang menjadi korban keracunan makanan seusai menyantap nasi boks berlogo PSI.

“Kami mohon maaf atas hal-hal yang kita bersama tidak harapkan. Kami juga telah memberikan bantuan bagi para korban keracunan makanan,” ujar Michael kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

Koordinasi
PSI DKI, kata Michael, juga sudah berkoordinasi dengan puskesmas dan rumah sakit agar warga yang keracunan tertangani dengan baik. Pihaknya, kata Michael, akan mendalami pemilik warung yang menyediakan nasi boks tersebut.

“Kami juga menindaklanjuti dan mendalami pemilik warung tersebut. Pemilik warung sudah menyampaikan minta maafnya juga baik kepada kami dan kepada warga-warga yang keracunan makanan. Kami akan memastikan hal serupa tidak terjadi,” tandas Michael.

Ketua RW 06 Koja, Jakarta Utara, Suratman menyebutkan sebanyak 35 warga RW 06 Koja, Jakarta Utara mengalami keracunan setelah makan nasi boks yang berlogo PSI. Nasi boks tersebut dibagi secara spontan oleh kader PSI bersama timnya pada hari Minggu (24/10/2021).

“Iya betul (keracunan). Tadi kita coba undang dari pihak puskesmas (Koja) untuk mendata itu ada 35 orang,” ujar Suratman kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

Dari 35 warga tersebut, kata Suratman, terdapat 24 orang yang berobat ke Puskesmas Koja dan sisanya enggan ke puskesmas. Dari 24 orang yang berobat, tutur dia, tersisa 5 orang yang masih dirawat di puskesmas dan sisanya sudah pulang ke rumah masing-masing.

“Tidak ada acara apa-apa. Jadi cuma spontan saja memberi gitu karena kedekatan teman aja,” ungkap Suratman.

Nasi boks tersebut, kata Suratman berisikan nasi, telur, buncis, orek, dan salad. Warga, kata dia, merasakan keracunan atau timbul gejala-gejala keracunan sekitar 2 hingga 3 jam seusai menyantap nasi boks tersebut. “Awalnya mual-mual, muntah terus puyeng, itu aja yang dirasakan sama warga. Kurang lebih 2 sampai 3 jam baru merasakan gejala mual,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE